Lingkungan Proses Pembelajaran Yesus

K Karnawati, H Hosana, I Putu Ayub Darmawan

Abstract


The learning environment has an important role in the learning process. The environment can be a medium, a place, and also a direct part of the learning process. In the context of Christian education, Jesus is the figure of the Great Teacher who is an example and inspiration in carrying out learning, so the author conducted research to understand the learning environment of Jesus. The research approach used is literature research that seeks various information related to the teaching process of Jesus. The results of the study show that Jesus did His teaching in a political environment, related to geographical location, community environment, culture, and education. In carrying out the teaching process, Jesus used various environments effectively, so that the learning environment of Jesus is an environment that allows meaningful learning to occur.

 

Lingkungan pembelajaran memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran. Lingkungan dapat menjadi media, tempat, dan juga bagian langsung dari proses pembelajaran. Dalam konteks pendidikan Kristen, Yesus adalah sosok Guru Agung yang menjadi teladan dan inspirasi dalam melaksanakan pembelajaran, oleh sebab itu penulis melakukan penelitian untuk memahami lingkungan pembelajaran Yesus. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian studi pustaka yang mencari berbagai informasi terkait dengan pembelajaran yang Yesus jalankan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada Yesus melakukan pembelajaran di lingkungan politik, terkait dengan letak geografis, lingkungan masyarakat, kebudayaan, dan pendidikan. Dalam melaksanakan proses pembelajarannya, Yesus memanfaatkan berbagai lingkungan secara efektif, sehingga lingkungan proses pembelajaran Yesus adalah lingkungan yang memungkinkan terjadinya belajar bermakna.


Keywords


environment; learning process; Jesus

Full Text:

PDF

References


Beaumont, M. (2018). Ensiklopedi Alkitab Tematik. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih.

Blomberg, C. L. (1997). Jesus and the Gospel: An Introduction and Survey. Nashville: Broadman & Holman Publishers.

Darmawan, I. P. A. (2019). Pembelajaran Memorisasi dalam Ulangan 6:6-9. EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani, 3(1), 25–31.

Darmawan, I. P. A., & Asriningsari, A. (2018). Buku Ajar Penulisan Karya Ilmiah. Ungaran: Sekolah Tinggi Teologi Simpson.

Darsono, V. (1995). Pengantar Ilmu Lingkungan. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya.

Dewi, S. F. (2017). Sosiologi Politik. Yogyakarta: Gre Publishing.

Djamarah, S. B. (2000). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Gulo, W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Heuken. (1995). Ensiklopedi Gereja V Tr-Z sejarah gereja di Indonesia; sejarah gereja di asia. Jakarta: Cipta Loka Caraka.

Kee, H. C., Burke, D. G., Berkening, S. W., & Rhodes, E. F. (2012). Dunia Zaman Yesus: Manusia, Kuasa dan Politik. Dalam Alkitab Edisi Studi. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia.

Lawrence, P. (2016). Atlas dan Sjarah Alkitab. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Muizaddin, R., & Santoso, B. (2016). Model Pembelajaran Core Sebagai Sarana Dalam Meningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 224–232. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3470

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. (2005).

Purba, J. (2005). Pengelolaan Lingkungan Sosial. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Rusman, R. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slameto, S. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutoyo, D. (2014). Yesus Sebagai Guru Agung. Jurnal Antusias, 3(5), 64–85.

Widodo, P. (2018). Teologi tentang anak berdasarkan Alkitab. Seminar Nasional dan Call for Papers: Celikkan Mataku: Memandang Anak Indonesia dalam Perspektif Alkitab. Dipresentasikan pada Seminar Nasional dan Call for Papers Kerjasama Jaringan Peduli Anak Bangsa (JPAB Nasional) dengan Sekolah Tinggi Theologi Baptis Indonesia Semarang, Semarang.




DOI: https://doi.org/10.59177/veritas.v1i2.48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 K Karnawati, H Hosana, I Putu Ayub Darmawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

     

 

Alamat: Jln. Kyai Sono, No. 2, Kelurahan Genuk-Ungaran - Kabupaten Semarang, Prov. Jawa tengah

Publisher: Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara

Website: https://sttkn.ac.id/