Penerapan Metode Luring Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen

Lasarus Ari Susanto, Yonatan Alex Arifianto, Reni Triposa

Abstract


Education is an activity to civilize young people to live a cultured life in accordance with standards that can be accepted by society. The accuracy of using the learning method depends on the suitability of the learning method with certain factors, for example the suitability of the learning method with the learning objectives, the suitability of the method with the material, the suitability of the learning method with available resources and facilities. one of them is how the phenomenon of the application of offline learning methods. With the application of the offline method, it can be seen the obstacles and how the school's solutions in dealing with the application of the offline method in learning Christian religious education in the current covid-19 pandemic situation faced by the Indonesian people. The method used is a descriptive analysis method using a qualitative approach. The writing uses triangulation techniques to analyze the data, then to further clarify the results of the research. Researchers also use methods or techniques of data collection with the method of observation, interviews, and documentation. The steps taken by the teacher in dealing with the application of the learning method are to give assignments to be done and collected by one of the students and then delivered to the school, then at certain times the teacher visits the students to each house.

Abstrak

Pendidikan merupakan suatu kegiatan untuk membudayakan manusia muda untuk hidup berbudaya sesuai dengan standar yang dapat di terima oleh masyarakat. Ketepatan penggunaan metode pembelajaran tergantung kepada kesesuaian metode pembelajaran dengan faktor tertentu, misalnya kesesuaian metode pembelajaran dengan tujuan pembelajaran, kesesuaian metode dengan materi, kesesuaian metode pembelajaran dengan sumber dan fasilitas yang tersedia. salah satunya ialah bagaimana fenomena penerapan metode pembelajaran luring. Dengan adanya penerapan metode luring tersebut dapat diketahui kendala dan bagaimana solusi sekolah dalam menghadapi penerapan metode luring dalam pembelajaran pendidikan agama Kristen disituasi pandemi covid -19 yang di hadapi oleh bangsa Indonesia saat ini. Metode yang di gunakan merupakan metode deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. penulisan menggunakan teknik trianggulasi untuk menganalisis data, kemudian untuk lebih memperjelas hasil dari penelitian. Peneliti juga menggunakan cara atau teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Langkah-langkah yang diambil oleh guru dalam menangani penerapan metode pembelajaran ialah dengan memberikan tugas untuk di kerjakan dan di kumpulkan disalah satu peserta didik kemudian diantarkan ke sekolah, selanjutnya dalam waktu-waktu tertentu guru mengunjungi peserta didik ke setiap rumah.


Keywords


Penerapan, Metode Luring, Pendidikan agama Kristen

Full Text:

PDF

References


Adelina Yuristia, “Pendidikan Sebagai Transformasi Kebudayaan,” Journal Ilmu sosial dan Budaya 2, no. 1 (2018): 1–13, http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/view/5714.

Rio Erwan Pratama and Sri Mulyati, “Pembelajaran Daring Dan Luring Pada Masa Pandemi Covid-19,” Gagasan Pendidikan Indonesia 1, no. 2 (2020): 49.

Strategi Guru et al., “DISUSUN OLEH : SANTY RIANI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI” (2021)..

Wawancara dengan pak Junaidi, melalui via WA, pada tanggal 26 Mei 2021, pukul 11.21 Wib.

Ruwi Hastuti, “Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Sebagai Pusat Bermisi,” Jurnal Antusias 2, no. 4 (2013): 23–68.

Pembentukan Perilaku Anak, “Strategi Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Perilaku Anak” (n.d.): 153–169.

Muhammad Arif Furqon, “Dinamika Resiliensi Pada Janda (Studi Kasus Pada Janda Yang Ditinggal Mati Pasangan Di Usia Dewasa Tengah Di Dusun Plumpung Rejo, Desa Karang Tengah Kandangan Kediri),” ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta 53, no. 9 (2019): 1689–1699, www.journal.uta45jakarta.ac.id.

Yeni Wulandari, “Implementasi Metode Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung (MAN 1 Tulungagung)” (2018): 1–19.

Vega Falcon Dr. Vladimir, “済無No Title No Title No Title,” Gastronomía ecuatoriana y turismo local. 1, no. 69 (1967): 5–24.

Nor Liza, “Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Sistem Luring Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Masa Covid-19 Kelas V SDN 010 Tembilan Hulu,” Skripsi STAI Auliaurrasyiddin Tambilan Hulu (2021).

Dhika Astari Setyowati et al., “PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING DAN LURING DIMASA PANDEMI COVID-19 PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING DAN LURING DIMASA PANDEMI COVID-19” (2022).

“Problem Soving” 1, no. 1 (2021).

Thityn Ayu Nengrum, Najamuddin Pettasolong, and Muhammad Nuriman, “Kelebihan Dan Kekurangan Pembelajaran Luring Dan Daring Dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo,” Jurnal Pendidikan 30, no. 1 (2021): 1.

Kemendikbud, “Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19),” Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2O2O, no. 021 (2020): 1–20.

R. Baxter et al., “Pengertian Proses Pembelajaran Pembelajaran,” Animal Genetics 39, no. 5 (2008): 561–563, https://eprints.uny.ac.id/8120/3/BAB 2-06208241034.pdf.

Aldo Redho Syam, “Posisi Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran Dalam Pendidikan,” MUADDIB : Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman 07, no. 01 (2017): 1–23.

Prinsip-prinsip Etika Mengajar, Pendidikan Agama, and Kristen Berdasarkan, “Oleh S . TP , M . Th Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar,” no. October (2015): 1–23.

Talizaro Tafonao, “Peran Pengajaran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Sangat Penting Untuk Diajarkan Kepada Anak-Anak, Baik Dalam Keluarga, Sekolah, Di Tempat Ibadah Dan Masyarakat, Agar Kelak Anak-Anak Dapat Menghadapi Setiap Problem Secara Kognitif, Afektif Dan Psik,” Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 3, no. 2 (2018): 125.

Muliatun Nisa, Zikri Riyandi, and M Jaya Adi Putra, “Proses Pembelajaran Melalui Metode Luring Di Sdn 02 Buatan I Pada Masa Pandemi Covid-19,” Riau Education Journal 1, no. 2 (2021): 70–77.

Prilly Manuputty and Novia Lakoruhut, “Probelmatika Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Problematics Of Teachers Of Christian Religion Education In Learning In The Pandemic Time Covid-19,” Jurnal Pendidikan 1, no. 2 (2020): 54–61.

Berdasarkan hasil riset dokumen biodata smp negeri 2 manyuke, pada hari tanggal rabu, 2 februari 2022, pukul 10.02 Wib.

Berdasarkan hasil riset dokumen biodata smp negeri 2 manyuke, pada hari tanggal rabu, 2 februari 2022, pukul 10.29 Wib.




DOI: https://doi.org/10.59177/jls.v1i2.148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

 

Alamat: Jln. Kyai Sono, No. 2, Kelurahan Genuk-Ungaran - Kabupaten Semarang, Prov. Jawa tengah

Publisher: Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara

Website: https://sttkn.ac.id/