Strategi Guru PAK dalam Pengembangan Kognitif Anak Pada Materi Sekolah Minggu

James Yaneman Ngongoloi, Saturnina Elisa

Abstract


Sekolah minggu merupakan suatu tempat atau wadah pendidikan di dalam gereja yang dilaksanakan dan diselengarakan dengan memiliki tujuan yaitu tujuannya dapat membina anggota jemaat terutama anak-anak yang masih mengikuti sekolah minggu. Pembelajaran yang ada disekolah minggu sangat penting untuk pengembangan kognitif anak, dan untuk dapat membantu anak sekolah minggu dapat memahami pesan Alkitab dengan hal itu maka dalam penyajian materi yang akan diberikan harus dapat juga menarik perhatian dan minat anak-anak dalam belajar. Melalui strategi guru Pendidikan Agama Kristen dalam pengengembangan kognitif anak pada materi sekolah minggu, dengan metode kualitatif deskriptif peneliti menganalisis menggunakan studi pustaka untuk dapat memberikan suatu pemahaman mengenai strategi guru PAK dalam pengengembangan kognitif anak pada materi sekolah minggu dan bagi guru-guru Kristen dapat bermanfaat dan menerapkannya dalam pengajarannya.

 


Keywords


Pengembangan kognitif, Sekolah Minggu, Strategi Guru PAK

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Novita Eka. “Strategi Pembelajaran Dengan Model Pendekatan Pada Peserta Didik Agar Tercapainya Tujuan Pendidikan Di Era Globalisasi.” Jurnal Science Edu 11, no. 1 (2019).

Arifianto, Yonatan Alex. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Etis-Teologi Mengatasi Dekadensi Moral Di Tengah Era Disrupsi.” Regulafidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 1 (June 2021): 45–59.

Arin Tentrem Mawati, Rosmita Sari Siregar, Ahmad Fauzi Friska Juliana Purba., Dkk. Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis, 2021.

Baskoro, Paulus Kunto, and Yonatan Alex Arifianto. “Dampak Pengajaran Guru Sekolah Minggu Terhadap Kesetiaan Anak Dalam Ibadah Sekolah Minggu.” DUNAMOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 2, no. 2 (2022): 67–83.

Darmawan, I Putu Ayub, and Diana Kristanti. “Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Dalam Pembelajaran Di Sekolah Minggu.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 1 (2020): 1–12.

Ericka Darmawan, Yusnaneni, Nur Ismirawati, & Rizhal Hendi Ristanto. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Magelang: Pustaka Rumah Cinta, 2021.

Harianto. Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab Dan Pendidikan Masa Kini. Yogyakarta: ANDI, 2012.

Hilda, Karli. Sertifikasi Guru Dilaksanakan? Bandung: Generasi Info media, 2009.

Jamaris, Martini. Perkembangan Dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Gramedia, 2006.

Nome, Nehemia. “Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Peserta Didik.” Phronesis: Jurnal Teologi dan Misi 2, no. 2 (August 5, 2020): 158–176. https://jurnal.sttsetia.ac.id/index.php/phr/article/view/44.

Novitasari, Yesi. “Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 1 (2018).

Prihantini, Hj. Strategi Pembelajaran SD. Jakarta: PT Bumi Askara, 2020.

Ramli. Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Dirjen Dikti PPLPTK Departemen P dan K, 2005.

Sanjaya, W. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2015.

Saputra, Yudha M. Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Dirjen Dikti PPLPTK Departemen P dan K, 2005.

Saputra, Yudha Nata. “Penilaian Berbasis Test Di Sekolah Minggu.” Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 4 No.2 (2020): 157.

Sardiman, AM. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pres, 2009.

Schuctack, Loward S. Friedman & Miriam W. Kepribadian Teori Klasik Dan Riset Modern. Jakarta: Erlangga, 2006.

Stevanus, Kalis, and Dwiati Yulianingsih. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Pada Anak Usia Dini.” PEADA’ : Jurnal Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2021): 15–30.

Sya’Bani, Mohammad Ahyan Yusuf. PROFESI KEGURUAN Menjadi Guru Yang Religius Dan Bermartabat. Kulon Gresik : Caremedia Communication, 2018.

Zega, Berkat Karunia & Wahyu Suprihati. “Pengaruh Perkembangan Kognitif Pada Anak.” Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 3, no. 1 (2021).




DOI: https://doi.org/10.59177/jls.v1i2.150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

 

Alamat: Jln. Kyai Sono, No. 2, Kelurahan Genuk-Ungaran - Kabupaten Semarang, Prov. Jawa tengah

Publisher: Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara

Website: https://sttkn.ac.id/