Implikasi Andragogi Pengawas Sekolah dalam Peningkatan Profesi Guru Pendidikan Agama Kristen

Betty Dewina Merlith

Abstract


Christian Religious Education Teachers are adults who have knowledge, experience, skills and the ability to deal with professional problems independently, based on this statement Christian Religious Education Teachers have no difficulty in improving their profession, because they have authority above themselves in carrying out their functions and roles as teachers . Besides that, adults as people who already have freedom in attitude, action and activity. This condition has implications in the preparation, management and organization of Christian Religious Education learning. Using qualitative methods, it can be concluded that to improve the teaching profession the writer uses the principle of group training. The teacher activity group (KKG) for Christian Religious Education is a place for teachers to give and receive information, especially from school supervisors and to improve their professional competence. The implementation of training for assisted teachers is the task of school supervisors with all training materials and facilities and infrastructure. The implications of andragogy in improving the Christian Religious Education teacher profession can be carried out by using structured training using seven implementation steps.

Abstrak

Guru Pendidikan Agama Kristen merupakan orang dewasa yang telah memiliki pengetahuan, pengalaman, kecakapan dan kemampuan mengatasi permasalahan profesinya secara mandiri, berdasarkan pernyataan tersebut Guru Pendidikan Agama Kristen tidak kesulitan untuk meningkatkan profesinya, karena memiliki otoritas di atas dirinya sendiri dalam menjalankan fungsi dan perannya sebagai pengajar. Disamping itu orang dewasa sebagai orang yang telah memiliki kebebasan dalam bersikap, bertindak dan berakitivitas. Kondisi tersebut membawa implikasi dalam penyiapan, pengelolaan dan pengorganisasian dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Menggunakan metode kualitatif maka dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan profesi keguruan penulis mengunakan prinsip latihan berkelompok. Kelompok kegiatan guru (KKG) mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen merupakan tempat kegiatan guru guru untuk memberi dan menerima informasi terutama dari pengawas sekolah dan untuk meningkatkan kompetensi profesinya. Pelaksanan pelatihan guru binaan merupakan tugas dari pengawas sekolah dengan segala materi pelatihan serta sarana dan prasaranya. Implikasi dari andragogi dalam peningkatan profesi guru Pendidikan Agama Kristen dapat dilakukan dengan mengunakan pelatihan yang terstruktur dengan mengunakan tujuh langkah pelaksanaan.



Keywords


Andragogi, Pengawas Sekolah, Profesi, Pendidikan Agama Kristen

Full Text:

PDF

References


Agung, Iskandar, and Amrazi Zakso. Pemikiran Pengembangan Keprofiesian Berkelanjutan Melalui Pemenuhan Beban Jam Mengajar Guru. Bogor Indonesia: PT IPB Press, 2018.

Damin, Sudarman. Pengembangan Profesi Guru: Dari Pra-Jabatan Induksi, Keprofesionalan Madani,. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2015.

Ester, Berlian Haan, and Alex Arifianto Yonatan. “Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Tinjauan Alkitabiah Upaya Teladan Guru Masa Kini.” Jurnal Teologi Kristen 2, no. 1 (2022): 15–26.

Hamrin. Sukses Menjadi Pengawas Sekolah,. Yogyakarta: Samudra Biru, 2011.

Herwina, Wiwin. Analisis Model-Model Pelatihan. Madiun: CV. Bayfa Cendekia Indonesia, 2021.

Idawari. Kewirausahaan. Bogor Indonesia: IBP Press, 2000.

Lidya, Yulianty. Profesionalisme, Standar Kompetensi, Dan Pengembangan Profesi Guru PAK,. Bandung: Bina Media Informasi, 2009.

Mulyana, A Z. “Rahasia Menjadi Guru Hebat.” Jakarta: Grasindo, 2010, 138–39.

Nugraha, Firman. Pendidikan Dan Pelatihan: Konsep Dan Implementasi Dalam Pengembangan Sumberdaya Manusia. Litbangdiklat Press, 2020.

Pauzi. Model Pengawas Sekolah Yang Berkesan. Riua: PT. Indragiri.Com, 2019. https://books.google.co.id/books?id=aJ-sDwAAQBAJ&printsec=frontcover&authuser=0&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false.

Samuel Sidjabat. Strategi Pendidikan Kristen. Yogyakarta: Andi Offset, 2004.

Sugianto, and Lilik Wahyuni. Pendidikan Orang Dewasa. Malang: Universitas Brawijaya Press, 2006.

Suparno, Paul. Spiritual Guru. Yogyakarta: Kanisius, 2019.

Widaningsih, Lilis. Tukang Bangunan, Pewaris Ketrampilan Vokasional. Bandung: UPI PRESS, 2020.

Yulianti. Profesionalisme Standrat Kopentensi Dan Pengembangan Profesi Guru PAK. Jakarta: BPK Gunumg Mulia, 2011.

Zaluchu, Sonny Eli. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 2020. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.167.




DOI: https://doi.org/10.59177/jls.v2i2.180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

 

Alamat: Jln. Kyai Sono, No. 2, Kelurahan Genuk-Ungaran - Kabupaten Semarang, Prov. Jawa tengah

Publisher: Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara

Website: https://sttkn.ac.id/