Implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Satu Lembar Di Sekolah Yayasan Kanaan Nusantara Ungaran

Berkat Karunia Zega, Markus Oci, Deslana R. Hapsarini

Abstract


In schools under the auspices of the Kanaan Nusantara Ungaran Foundation, where each teacher is expected to prepare a Learning Implementation Plan (RPP) before teaching. The cause of the teaching and learning process not running effectively in this school is the lack of teacher preparation in teaching including the preparation of lesson plans. The result is that the achievement of teaching objectives is not optimal. The purpose of writing this research is to find out the implementation and out the results of implementing a one sheet lesson plan in implementing at Kanaan elementary - vocational school. The type method used in this research is descriptive qualitative research method. Data collection techniques with field observations and interviews. The results of implementing a one sheet lesson plan was very effective for use in the learning process. This is evident from the teachers responses of Kanaan elementary school, junior and vocational school when implementing learning using a one sheet lesson plan. So the Implementation of the One Sheet lesson plan is not problematic and very effective to implement in carrying out the learning process in Kanaan elementary - vocational schools.

Abstrak

Di sekolah di bawah naungan Yayasan Kanaan Nusantara Ungaran, dimana setiap guru diharapkan untuk menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebelum mengajar. Penyebab proses belajar mengajar tidak berjalan efektif  di sekolah ini yaitu kurangnya persiapan guru dalam mengajar termasuk juga dalam pembuatan RPP. Akibatnya adalah pencapaian tujuan pengajaran tidak maksimal. Tujuan dari Penulisan penelitian tersebut yaitu untuk mengetahui Implementasi dan hasil dari Implementasi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) satu lembar dalam pelaksanaan pembelajaran di unit sekolah SD, SMP dan SMK Kanaan Ungaran.Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Metode Penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi lapangan dan wawancara. Hasil dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu implementasi RPP satu lembar sangat efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini terbukti dari respon guru-guru SD - SMK Kanaan ketika melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan RPP satu lembar. 


Keywords


Implementasi, Rencana, Pelaksanaan, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Berkat. “Wawancara.” n.d.

———. “Wawancara Impelementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 13 Komponen.” Ungaran Barat, 2020.

Depdiknas. “Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.” Depdiknas: Jakarta, 2005.

Efendy. Komunikasi Teori Dan Praktek. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2009.

Ibrahim, sri wahyuni dan. Perencanaan Pembelajaran Bahasa Berkarakter. Malang : Refika Aditama, 2012.

Jayadipura, Yadi. “In House Training Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun RPP.” Idaarah II, no. 2 (2018).

Kunandar. Guru Profesional (Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru). Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2011.

Kusmanto, Fransius dan Hendrilia, Yudi. “Teologi Kontemporer : Keuntungan Dan Kerugian.” SIAP: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Vol 10. No (2021): 58.

Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2005.

Mukmin. Desain Pembelajaran. Yogyakarta : Program Pasca Sarjana (UNY), 2004.

Mulyasa, E. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Sebuah Panduan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosda karya, 2007.

Permendikbud. “Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007.” Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2007.

Sidjabat. Mengajar Secara Profesional. Edited by Yosep Kurnia Ridwan Sutedja. bandung, 2009.

Wahidmurni. “Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 Lembar.” Tematik, 2019.




DOI: https://doi.org/10.59177/jls.v2i2.224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

 

Alamat: Jln. Kyai Sono, No. 2, Kelurahan Genuk-Ungaran - Kabupaten Semarang, Prov. Jawa tengah

Publisher: Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara

Website: https://sttkn.ac.id/