Kombinasi Model Pembelajaran Joyce – Weil & Model Pembelajaran Alkitabiah Yesus dalam Kehidupan Rohani Jemaat

Daniel Pesah Purwonugroho, Hardi Budiyana

Abstract


Penelitian ini dibuat untuk mengkombinasikan model pembelajaran Joyce-Weil & model pembelajaran Alkitbiah Yesus dalam kehidupan rohani jemaat. Model pembelajaran adalah seluruh spektrum penyajian materi pendidikan. Model pembelajaran mencakup semua elemen sebelum pembelajaran, selama proses pembelajaran, dan sesudah pembelajaran serta semua fasilitas yang terkait yang digunakan oleh guru secara langsung atau tidak langsung selama proses belajar. Joyce-Weil mendeskripsikan 4 rumpun model pembelajaran. Yesus sebagai guru agung memiliki model pembelajaran yang tercatat di dalam 4 Injil. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, kombinasi antara model pembelajaran Joyce-Weil dan model pembelajaran Alkitabiah Yesus sangat berguna bagi kehidupan rohani jemaat. Kombinasi ini membawa kebaharuan bagi pengkotbah demi tercapainya pertumbuhan rohani jemaat

Keywords


Model Pembelajaran; Alkitabiah; Rohani; Joyce – Weil

Full Text:

PDF

References


Afrianti, Melly Nadya, and Marlina Marlina. “Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Probing-Prompting Bagi Anak Berkesulitan Belajar.” Jurnal Basicedu 5, no. 1 (2020): 272–79. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.653.

Arifianto, Yonatan Alex. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Etis-Teologi Mengatasi Dekadensi Moral Di Tengah Era Disrupsi.” Regulafidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 1 (June 2021): 45–59. https://doi.org/10.46307/RFIDEI.V6I1.84.

Arifianto, Yonatan Alex, Hardi Budiyana, and Paulus Purwoto. “Model Dan Strategi Pembelajaran Yesus Berdasarkan Injil Sinoptik Dan Implementasinya Bagi Guru Pendidikan Agama Kristen.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2021): 1–17.

Budiyana, Hardi. “Model Pembelajaran Yesus Berdasarkan Alkitab.” ELEOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2021): 28–38. https://doi.org/10.53814/eleos.v1i1.3.

Joyce, Bruce, Marsha Weil, and Emily Calhoun. Models of Teaching 9th Edition. United States of America: Pearson Education, Inc., 2015.

Karnawati, Hosana, and I Putu Ayub Darmawan. “Lingkungan Proses Pembelajaran Yesus.” Veritas Lux Mea: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2019): 76–89. http://jurnal.sttkn.ac.id/index.php/Veritas/article/view/46/pdf.

Limbong, Felia, and Yonatan Alex Arifianto. “Strategi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Menerapkan Model Pembelajaran PAKEM.” TELEIOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 2, no. 1 (2022): 41–51.

Mau, Marthen. “Pentingnya Integritas Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membimbing Kepribadian Peserta Didik.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2020): 145–61. https://doi.org/10.52220/sikip.v1i2.60.

Maunah, Binti. “Stratifikasi Sosial Dan Perjuangan Kelas Dalam Perspektif Sosiologi Pendidikan.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (2015): 19–38. https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.1.19-38.

Mawikere, Marde Christian Stenly. “Pendekatan Penginjilan Kontekstual Kepada Masyarakat Baliem Papua.” Jurnal Jaffray, 2018. https://doi.org/10.25278/jj71.v16i1.282.

Melik Budiarti. Bimbingan Konseling Di Sekolah Dasar. Magetan Jawa Timur: CV Ae Media Grafika, 2017.

Moloeng, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.

Octavia, Shilphy A. Model - Model Pembelajaran. Sleman: Penerbit Deepublish, 2020.

Santoso, Samuel Irwan. “Peranan Konseling Pastoral Dalam Gereja Bagi Pemulihan Kesehatan Rohani Jemaat.” LOGON ZOES: Jurnal Teologi, Sosial Dan Budaya 4, no. 2 (2021): 108–23. https://doi.org/10.53827/lz.v4i2.47.

Sidjabat, B.S. Mengajar Secara Profesional. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2014.

Sutoyo, Daniel. “Yesus Sebagai Guru Agung.” Jurnal Antusias 3, no. 5 (2014): 64–85.

Untung, Naftali, Rafael Oktovianus Tanonggi, and John Riwu Pekuwali. “Komsel Pemuridan Kreatif Pemuda Gbi Bukit Sion.” Jurnal PKM Setiadharma 2, no. 2 (2021): 91–99. https://doi.org/10.47457/jps.v2i2.179.

Wijaya, Imron. “Perkembangan Komsel Pelajar Dalam Pertumbuhan Rohani Jemaat Gbi.” The Way : Jurnal Teologi Dan Kependidikan 5, no. 2 (2019): 88–100.

Wikanengsih, W. “Menerapkan Neurolinguistic Programming (NLP) Dalam Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Vol. 1 (2012). https://doi.org/https://doi.org/10.22460/semantik.v1i1.p%25p.

William, Very. “Memaknai Kosmologi Sebagai Sarana Penginjilan Kontekstual.” Jurnal Antusias 7, no. 2 (2022): 203–14.

Wirabumi, Ridwan. “Metode Pembelajaran Ceramah.” Annual Conference on Islamic Education and Thought I, no. I (2020): 105–13.

Yunianto, Petrus. “Kualitas Kepemimpinan Yosua.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2018. https://doi.org/10.34081/fidei.v1i2.7.

Zaluchu, Sonny Eli. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 2020. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.167.




DOI: https://doi.org/10.59177/jls.v3i1.250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

 

Alamat: Jln. Kyai Sono, No. 2, Kelurahan Genuk-Ungaran - Kabupaten Semarang, Prov. Jawa tengah

Publisher: Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara

Website: https://sttkn.ac.id/