Meningkatkan Nilai IQ melalui Penerapan Story-telling dalam Pengajaran Kristen: Kajian Berbasis Daniel 1:8-20

Tabita Leiwakabessy, Daniel Pesah Purwonugroho, Aji Suseno

Abstract


Intellectual intelligence is essential for the development of learners. Success in problem-solving, analysis, reasoning, and application demonstrates the competence of learners in enhancing aspects of IQ intelligence. IQ is highly dependent on the learning materials. The interaction in communicating learning materials varies greatly depending on the teacher's ability to choose appropriate teaching methods to achieve optimal learning outcomes. Storytelling is chosen as a teaching method to stimulate the IQ values of learners. The teaching materials in storytelling are also designed to bring benefits to learners. From a Christian perspective, the story of Daniel can lead learners to experience intellectual intelligence. Daniel's obedience to God gives him high intelligence because of God's grace. Through storytelling based on the story of Daniel, learners can emulate Daniel's obedience to God. With a descriptive qualitative approach, it can be concluded that storytelling of the Daniel 1:8-20 story can enhance the IQ scores of learners.

Abstrak

Kecerdasan intelektual dibutuhkan untuk mengembangkan diri peserta didik. Keberhasilan memecahkan masalah, menganalisa, menalar dan mengaplikasikan membuktikan kompetensi peserta didik mampu meningkatkan aspek kecerdasan IQ. IQ sangat bergantung dengan mater pembelajaran. Interaksi dalam mengkomunikasikan materi pembelajaran sangat bervariasi tergantung kemampuan guru dalam memilih metode mengajar yang sesuai agar dapat meraih hasil belajar yang maksimal. Story-telling dipilih sebagai metode mengajar untuk merangsang nilai IQ peserta didik. Bahan ajar dalam story-telling juga di desain agar dapat membawa manfaat kepada peserta didik. Dalam perspektif Kristen, kisah tentang Daniel dapat membawa peserta didik mengalami kecerdasan intelektual. Ketaatan Daniel kepada Allah membuat Daniel memiliki kemampuan intelegensi yang tinggi karena anugerah Allah. Dengan story-telling berbasis kisah Daniel, maka peserta didik dapat meneladani ketaatan Daniel kepada Allah. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dapat disimpulkan bahwa story-telling kisah Daniel 1:8-20 dapat meningkatkan nilai IQ peserta didik.


Keywords


IQ, Story-telling, Pengajaran Kristen

Full Text:

PDF

References


Adam, Andi Muhammad, Sulistyani Prabu Aji, Santalia Banne Tondok, Dian Meiliani Yulis, Rahmat Pannyiwi, and Hairuddin K. “Metode Story Telling Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang Kebersihan Gigi Dan Mulut.” Barongko: Jurnal Ilmu Kesehatan, 2023. https://doi.org/10.59585/bajik.v1i2.22.

Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, and Sauda Julia Merliyana. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (2022): 974–80. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Arifianto, Yonatan Alex. “Dekadensi Moral Dalam 2 Timotius 3: 1-7: Reflektif Spritualitas Manusia Di Era Disrupsi.” Jurnal Missio Cristo 6, no. 1 (2023): 63–80. https://doi.org/10.58456/missiocristo.v6i1.46.

———. “Pentingnya Pendidikan Kristen Dalam Membangun Kerohanian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020): 94–106.

Astri Meilani. “Media Aplikasi Dongeng Nusantara Pada Pembelajaran Menyimak Dongeng Di Era Digital Di Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas Vol 8, no. No 1 (2022): 316–25.

Badjuri, Badjuri, Aini Indriasih, and Sri Sumiyati. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman PKP Mahasiswa PGPAUD UPBJJ UT Semarang.” INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan 2, no. 1 (2019): 31–42. https://doi.org/10.24176/jino.v2i1.3442.

Baskoro, Paulus Kunto, and Philip Suciadi Chia. “Deskriptif Kesalehan Daniel Dalam Kitab Daniel 6:1-29 Dan Implementasi Dan Refleksi Logis Bagi Orang Percaya Masa Kini.” Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen), 2023. https://doi.org/10.59177/veritas.v5i1.205.

Darmalaksana, Wahyudin. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan.” Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2020, 1–6.

Darmawan, I Putu Ayub, and Kiki Priskila. “Penerapan Storytelling Dalam Menceritakan Kisah Alkitab Pada Anak Sekolah Minggu.” Kurios 6, no. 1 (2020): 35. https://doi.org/10.30995/kur.v6i1.129.

Duguid, Iain M. Daniel. Phillipsburg, New Jersey: P & R Pub., 2008.

Gangel, Kenneth. Holman Old Testament Commentary-Daniel. Nashville, Tennessee: B&H Publishing Group, 2002.

Goldingay, John. Daniel, Volume 30. Grand Rapids, Michigan 49546: Zondervan Academic, 2019.

Harahap, Rani Astria Silvera. “Membangun Kecerdasan Anak Melalui Dongeng Rani Astria Silvera Harahap.” Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2, no. 1 (2019): 59.

Hastuti, Hastuti, Muhammad Yunus, and Asdar Asdar. “Pengaruh Metode Storytelling Berbantuan LCD Proyektor Terhadap Keterampilan Menyimak Dan Berbicara Peserta Didik SDN 64 Malaka Kabupaten Maros.” Bosowa Journal of Education, 2021. https://doi.org/10.35965/bje.v1i2.660.

Hidayat, David Budi, Abdul Muktadir Muktadir, and I Wayan Dharmayana. “Efektivitas Metode Mendongeng (Storytelling) Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dan Keterampilan Membaca Siswa (Sebuah Studi Kasus Di SDN 55 Bengkulu Selatan).” Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar 3, no. 1 (2020): 120–28.

Leiwakabessy, Tabita, and Daniel Pesah Purwonugroho. “Menggabungkan Nilai IQ, SQ, EQ, Dan DQ Dalam Pengajaran Kristen Dengan Metode Story-Telling.” Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen)Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2024): 53–64.

Lele, Aldorio Flavius. “Ketaatan Menurut Kitab Daniel.” Teologi & Kepemimpinan Kristen 2, no. 2 (2021): 79–96.

Longman III, Tremper. Daniel. Grand Rapids, Michigan 49530: Zondervan Academic, 2011.

Melfianora, M, and M Si. “Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dengan Studi Literatur.” Open Science Framework 12, no. 1 (2019): 14–26.

Nurani, Riga Zahara, Fajar Nugraha, and Geri Syahril Sidik. “Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Menyimak Dongeng Di Era Digital.” EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 10, no. 2 (2018): 78. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.10867.

Pakpahan, Dedek Pranto. Kecerdasan Spiritual (SQ) Dan Kecerdasan Intelektual (IQ) Dalam Moralitas Remaja Berpacaran. Malang: CV. Multimedia Edukasi, 2021.

Permata, Indah, Masduki Asbari, Merita Aprilia, and others. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual Dan Kecerdasan Emosional Dalam Perspektif Neurosains Di Dunia Pendidikan.” Journal of Information Systems and Management (JISMA) 3, no. 2 (2024): 60–64.

Prabu Aji, Sulistiyani, Elisabeth Gultom, Dian Meiliani Yulis, and Rahmat Pannyiwi. “Penyuluhan Metode Story Telling Terhadap Kebersihan Gigi Dan Mulut.” Sahabat Sosial: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (2023): 37–39. https://doi.org/10.59585/sosisabdimas.v1i2.27.

Purnaningsih, Pari, Nur Najibah Sukmawati, and Resti Isnaeni. “Implementasi Story Telling Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Dalam Keterampilan Berbicara.” Journal Of Community Research and Service, 2023.

Ratnasari, Sri Langgeng, Supardi Supardi, and Herni Widiyah Nasrul. “Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Kecerdasan Linguistik Terhadap Kinerja Karyawan.” Journal of Applied Business Administration 4, no. 2 (2020): 98–107. https://doi.org/10.30871/jaba.v4i2.1981.

Tanaem, Delila, Adolfina Qualeng, and Christina A Ouw. “Penerapan Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Daya Serap Anak Usia 9-11 Tahun Di Rayon II Gmit Ebenhaezer Hombol Klasis Teluk Kabola.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 14 (2022): 500–516. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7050795.

Wardiah, Dessy. “Peran Storytelling Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis, Minat Membaca Dan Kecerdasan Emosional Siswa.” Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan 15, no. 2 (2017): 42–56.

Yunianto, Yunianto, and Hani Rohayani. “Alkitab Sebagai Buku Pegangan Orang Kristen (Ketidakbersalahan Alkitab).” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika 4, no. 1 (2021): 140–57. https://doi.org/10.34081/fidei.v4i1.243.




DOI: https://doi.org/10.59177/jls.v3i2.277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

 

Alamat: Jln. Kyai Sono, No. 2, Kelurahan Genuk-Ungaran - Kabupaten Semarang, Prov. Jawa tengah

Publisher: Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara

Website: https://sttkn.ac.id/