Peran Kode Etik dan Integritas Guru PAK dalam Membentuk Karakter Peserta Didik
Abstract
Kode etik dan integritas guru pendidikan agama Kristen memegang peran fundamental dalam membentuk karakter peserta didik. Guru bukan hanya sebagai penyampai materi, tetapi juga sebagai teladan dalam menerapkan nilai-nilai moral dan spiritual yang diajarkan. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana kepatuhan terhadap kode etik dan integritas guru pendidikan agama Kristen berkontribusi terhadap pembentukan karakter peserta didik melalui proses pembelajaran yang berlandaskan nilai-nilai kristiani. Dengan metode kualitatif, penelitian ini mengidentifikasi berbagai aspek etika profesi guru pendidikan agama Kristen serta implikasinya terhadap perkembangan karakter siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dengan integritas tinggi mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung internalisasi nilai-nilai moral, seperti kasih, kejujuran, tanggung jawab, dan disiplin. Dengan demikian, pembentukan karakter peserta didik tidak hanya terjadi melalui pengajaran teoritis, tetapi juga melalui keteladanan dan interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kode etik dan integritas guru PAK dalam membentuk karakter peserta didik serta mengidentifikasi strategi efektif dalam penerapannya. Kebaharuan pada penelitian ini terletak pada pendekatan holistik yang menghubungkan kode etik, integritas guru, dan pembentukan karakter peserta didik secara langsung, menawarkan perspektif baru dalam pendidikan agama Kristen.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Basuki, Nur, and others. Integritas Guru: Implementasi Pilar-Pilar Pendidikan. Media Nusa Creative (MNC Publishing), 2021.
Bobo, Yanwarius, Ruhut Parningotan Tambunan, and Yonatan Alex Arifianto. “Kode Etik Guru Pendidikan Kristen: Sebuah Perspektif Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Megethos: Jurnal Teologi, Pendidikan Kristiani dan Pastoral Konseling 1, no. 2 (2025): 94–107.
Butarbutar, Gideon Apriely, and Dorlan Naibaho. “GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN MELALUI PROFESIONALISME MEMBANGUN KARAKTER SISWA.” Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora 4, no. 1 (2025): 1360–1366.
Diana Hartatina Harefa, and Yosia Belo. “Memaknai Kode Etik Dalam Meningkatkan Profesionalisme Seorang Guru PAK Mengajar Bagi Peserta Didik.” Lumen: Jurnal Pendidikan Agama Katekese dan Pastoral 2, no. 1 (2023): 77–86.
Gainau, Markus S, and Yolanti Wise Pentury. “Implementasi Kode Etik Guru PAK Dan Pengaruhnya Terhadap Budaya Kerja Di Lingkungan Kota Sentani Jayapura - Papua.” TELEIOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 2 (2023): 190–201.
Gulo, Atirina, Andianus Lawolo, and Ela Meronisa R Tatubeket. “Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Mengajar Dan Membentuk Karakter Siswa.” REI MAI: Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Kristen 2, no. 2 (2024): 149–160.
Hondo, Wantri, Rismawati P Rajagukguk, Wesli H Situmeang, Lustani Samosir, and Arip Surpi Sitompul. “Analisis Implementasi Kode Etik Guru PAK Di SMK Swasta Kristen BNKP Teluk Dalam Dan Pengaruhnya Terhadap Budaya Kerja.” Jurnal Christian Humaniora 8, no. 2 (2024): 191–207.
Hutagalung, Ayu Wanda, and Dorlan Naibaho. “Peran Kode Etik Guru Dalam Menumbuhkan Karakter Spiritual Pada Siswa Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Trust Pentakosta 1, no. 1 (2024).
Lamapaha, Ermelinda, Hermania Bhoki, and Yosep Belen Keban. “Implementasi Kode Etik Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Vocat: Jurnal Pendidikan Katolik 4, no. 2 (2024): 166–174.
Lumbantobing, Rahel, and Dorlan Naibaho. “PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENERAPKAN KODE ETIK PROFESI DI LINGKUNGAN SEKOLAH.” Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora 4, no. 1 (2025): 1743–1749.
Nababan, Andrianus, and Warseto Freddy Sihombing. “Hubungan Integritas Guru PAK Dalam Melaksanakan Tugas Dan Tanggungjawab Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Christian Humaniora 5, no. 1 (2021): 116–124.
Naibaho, Dorlan. “Integritas Guru Pendidikan Agama Kristen (Pak)Dalam Kehidupan Sehari-Hari.” Integritas Guru Pendidikan Agama Kristen (Pak)Dalam Kehidupan Sehari-Hari 2, no. 4 (2023): 12017–12025.
Naibaho, Dorlan, and Jumpa Rejeki Bancin. “Kode Etik Dan Profesional Guru PAK Dalam Membentuk Karakter Siswa.” Jurnal Trust Pentakosta 1, no. 1 (2024).
Naibaho, Dorlan, and Primayanti Berutu. “Peran Kode Etik Dalam Pembentukan Keprofesionalan Guru PAK.” Jurnal Trust Pentakosta 1, no. 1 (2024).
Naibaho, Dorlan, and Bruno Lafau. “ANALISIS PENERAPAN KODE ETIK GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK.” Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora 4, no. 1 (2025): 963–968.
Naibaho, Dorlan, and Marija Meliana Simangunsong. “Penerapan Kode Etik Dan Profesional Guru Pendidikan Agama Kristen: Upaya Meningkatkan Karakter.” Jurnal Trust Pentakosta 1, no. 1 (2024).
Naibaho, Dorlan, and Tabita Mutia Tambunan. “Peran Kode Etik Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Agama Kristen.” Tri Tunggal: Jurnal Pendidikan Kristen dan Katolik 3, no. 1 (2025): 118–126.
Naibaho, Jhonson, Kristina Simanjuntak, Lolona Tumangger, and Maria Manurung. “Implementasi Kode Etik Terhadap Fungsi Dan Tanggung Jawab Guru PAK.” Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora 2, no. 2 (2023): 11531–11538.
Nainggolan, Aisyah, and Dorlan Naibaho. “Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa Teladan.” Jurnal Trust Pentakosta 1, no. 1 (2024).
Pakpahan, Gilbert, Hier Inthersan Manullang, Goklas Nababan, and Dorlan Naibaho. “Implementasi Kode Etik Guru PAK Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora 2, no. 2 (2023): 11484–11497.
Pasaribu, Reski Ermita, and Dorlan Naibaho. “Pengaruh Kode Etik Guru Agama Kristen Terhadap Pengembangan Spiritualitas Siswa.” Jurnal Trust Pentakosta 1, no. 1 (2024).
Plestari, Delsi, and Untung Mersiana. “Kode Etik Guru Untuk Membangun Komunikasi Dengan Siswa Dalam Kelas Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Excelsior Pendidikan 5, no. 1 (2024): 70–80.
Purba, Zevanya Richard Kulinski, and Dorlan Naibaho. “Kode Etik Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Praktik Profesional.” Jurnal Trust Pentakosta 1, no. 1 (2024).
Rajagukguk, Yeremia Br, and Dorlan Naibaho. “MEMAKNAI KODE ETIK DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN.” Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora 4, no. 1 (2025): 1431–1438.
Ratnasari, Desi, Reni Triposa, and Yonatan Alex Arifianto. “Deskripsi Kode Etik Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Perspektif Alkitabiah: Sebagai Keteladan Akademik Dan Karakter Nara Didik.” REAL DIDACHE: Journal of Christian Education 2, no. 2 (2022): 101–112.
Raya, Kristen di S M A Kristen Palangka. “Integritas Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama” (n.d.).
Sianturi, Dita Desi Elfrida, Asrita Anggina Sinaga, and Dorlan Naibaho. “Peran Kode Etik Guru Untuk Meningkatkan Profesional Guru Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora 2, no. 2 (2023): 11254–11266.
Siby, Leonardus Rudolf. “Pembentukan Integritas Pelayan Tuhan Melalui Pendidikan Karakter Kristen.” HUPERETES: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 3, no. 2 (2022): 101–115.
Sigalingging, Ayu Nopita, and Dorlan Naibaho. “Peran Kode Etik Dalam Pembentukan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Trust Pentakosta 1, no. 1 (2024).
Silaban, Yandri Angelica, and Dorlan Naibaho. “Peran Kode Etik Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Trust Pentakosta 1, no. 1 (2024): 10–16.
Sinaga, Sundari, and Dorlan Naibaho. “IMPLEMENTASI KODE ETIK GURU KRISTEN DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH KRISTEN.” Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora 4, no. 1 (2025): 1727–1732.
Sitanggang, Chyntia C, and Dorlan Naibaho. “Kode Etik Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Karakter Siswa.” Jurnal Trust Pentakosta 1, no. 1 (2024).
Sormin, Lentina. “Analisis Integritas Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen Di SMP Se-Kecamatan Pangaribuan Tahun Ajaran 2020/2021.” Areopagus: Jurnal Pendidikan Dan Teologi Kristen 19, no. 1 (2021): 71–84.
Ulya, Vita Fitriatul, and Zulfatun Anisah. “Pembentukan Nilai Karakter Integritas Melalui Gerakan Literasi Sekolah Pada Anak MI/SD.” PREMIERE: Journal of Islamic Elementary Education 3, no. 1 (2021): 43–56.
Usmany, Janeman Rudolf, and Vicky Samuel Sutiono. “Integritas Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Kurikulum Merdeka Belajar.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 7, no. 1 (2022): 89–105.
Utomo, Bimo Setyo. “Prinsip Integritas Guru Pendidikan Agama Kristen Menurut 1 Timotius 4: 16.” Skenoo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2023): 54–67.
Widodo, Prasetya Budi, Diana Rusmawati, Endah Mujiasih, and Adi Dinardinata. “Validitas Isi Skala Integritas Akademik Dosen.” Jurnal EMPATI 11, no. 3 (2022): 146–153.
DOI: https://doi.org/10.59177/jln.v4i2.390
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat: Jln. Kyai Sono, No. 2, Kelurahan Genuk-Ungaran - Kabupaten Semarang, Prov. Jawa tengah
Publisher: Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara
Website: https://sttkn.ac.id/