Pengaruh Perkembangan Kognitif Pada Anak

Berkat Karunia Zega, Wahyu Suprihati

Abstract


The size of the body (physical development), is influenced by heredity and environmental factors. The most important physical development during early childhood is the continuous development of the brain and nervous system. However, the child's personality in cognitive form greatly affects the growth and development of the child, both in the character and personality of the child. For this reason, the authors examine how the influence of cognitive development on children. With a descriptive qualitative approach, it can be concluded that in this child's cognitive development, there are many factors that affect a child's cognitive development, but in this case, a teacher must have a strategy or effort to overcome each of the factors that influence the child's cognitive development factor. Therefore, the cognitive development process of children involves progressive learning processes such as attention, memory, and logical thinking. The development of these skills is important so that children can process information, learn to evaluate, analyze, remember, compare and understand causal relationships. So children's thinking and learning abilities can be improved with proper practice and practice.

Abstrak

Besar kecilnya ukuran tubuh (perkembangan fisik), dipengaruhi oleh faktor keturunan dan faktor lingkungan. Perkembangan fisik yang sangat penting selama masa anak – anak awal adalah perkembangan otak dan sistem syaraf yang berkelanjutan. Namun kepribadian anak dalam bentuk kognitif sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak, baik dalam karakter maupun kepribadian anak tersebut. Untuk itu penulis meneliti bagaimana pengaruh perkembangan Kognitif pada anak. Dengan pendekatan kualitatif deskritif maka dapat disimpulkan bahwa dalam permbangan kognitif anak ini, banyak yang menjadi faktor yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak, tetapi dalam hal ini, seorang guru harus memiliki strategi atau upaya untuk mengatasi dari setiap faktor yang mempengaruhi faktor perkembangan kognitif anak tersebut. Oleh karena itu proses Perkembangan kognitif anak melibatkan proses belajar yang progresif seperti perhatian, memori/ingatan, dan logika berpikir. Perkembangan keterampilan tersebut penting agar anak bisa memproses informasi, belajar mengevaluasi, menganalisis, mengingat, membandingkan dan memahami hubungan sebab akibat. Jadi kemampuan berpikir dan belajar anak dapat ditingkatkan dengan praktik dan latihan yang tepat.


Keywords


Development, Cognitive, Formation, Children

Full Text:

PDF

References


AbdulMajid, A. (2015). Perkembangan Kognitif pada Masa Kanak-Kanak Awal. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/ajidah/553df5876ea834532ef39b2e/perkembangan-kognitif-pada-masa-kanakkanak-awal?page=all

Ardiyanto, A. (2017). Bermain sebagai sarana pengembangan kreativitas anak usia dini. Jendela Olahraga, 2(2).

Hartanto, F., Selina, H., Zuhriah, H., & Fitra, S. (2016). Pengaruh perkembangan bahasa terhadap perkembangan kognitif anak usia 1-3 tahun. Sari Pediatri, 12(6), 386–390.

Ipiana, I., & Triposa, R. (2021). Kajian Teologis Terhadap Peran Guru Agama Kristen Sebagai Pembimbing Dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Antusias, 6(2), 121–134.

Purwoto, P., Budiyana, H., & Arifianto, Y. A. (2020). Landasan Teologis Pendidikan Kristen dalam Perjanjian Baru dan Relevansinya bagi Pendidikan Kristen Masa Kini. DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 3(1), 34–48. https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos/article/view/38

Santrock, J. W. (2007). Psikologi pendidikan. Tri Wibowo BS Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Sudjana.(2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Setiyowati, E. P., & Arifianto, Y. A. (2020). Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan. SIKIP Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 78–95. http://e-journal.sttikat.ac.id/index.php/sikip/article/view/57

Soemanto, W. (2020). Psikologi pendidikan.

Subagyo, A. B. (2004). Pengantar Riset Kuantitatif dan Kualitatif. Kalam Hidup.

Sumiati, S., & Triposa, R. (2021). Prinsip Guru Pendidikan Agama Kristen Memotivasi Belajar Peserta Didik dalam Perspektif Alkitab. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 1(1), 69–84.

Zaluchu, S. E. (2020). Strategi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 4(1), 28. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.167




DOI: https://doi.org/10.59177/veritas.v3i1.101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Berkat Karunia Zega, Wahyu Suprihati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

     

 

Alamat: Jln. Kyai Sono, No. 2, Kelurahan Genuk-Ungaran - Kabupaten Semarang, Prov. Jawa tengah

Publisher: Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara

Website: https://sttkn.ac.id/