Peran Guru PAK dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa New Normal

Hani Martha Puji Setia Wati, Reni Triposa, Roida Purba

Abstract


Motivation to learn is very important to give a series of efforts to provide space so that someone wants and wants to do something. Motivation to learn can affect student learning outcomes. Because where a low motivation value can lead to lower success in learning so that it will affect learning achievement. Using descriptive qualitative methods with a literature study approach, it can be concluded that: the teacher's job is as a guide and helper to help students to increase learning motivation. The teacher awakens the enthusiasm of students to learn by providing creative ways when teaching, so that it can attract the attention of students. the importance of Christian Religious Education teachers to advise, guide, teach and direct and provide encouragement to continue to move forward in increasing the enthusiasm for learning so as to have good learning motivation. So, the teacher needs to generate motivation in students so that they are more active in learning so that they can achieve learning success. Students who have high learning motivation are very easy to get good learning outcomes, and students will try hard with all their efforts to learn starting from Christian Religious Education subjects so that other subjects can learn with this. Therefore, learning motivation is very important in achieving the learning success of students.

Abstrak

Motivasi belajar sangatlah penting untuk memberikan serangkaian usaha untuk menyediakan ruang sehingga seseorang mau  dan ingin melakukan sesuatu. Motivasi belajar dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Sebab dimana nilai motivasi yang rendah dapat menyebabkan rendahkanya keberhasilan dalam belajar sehingga akan memperngaruhi prestasi belajar. Menggunakan metode kualitatif deskritif dengan pendekatan studi pustaka dapat disimpulkan bahwa: tugas guru adalah sebagai pembimbing dan penolong untuk membantu siswa untuk meningkatkan motivasi belajar. Guru membangkitkan semangat anak didik untuk belajar dengan memberikan cara-cara kreatifitas saat mengajar, sehingga dapat menarik perhatian peserta didik. pentingnya guru Pendidikan Agama Kristen untuk memberi nasehat, membimbing, mengajarkan dan mengarahkan serta memberikan dorongan untuk terus maju dalam meningkatkan semangat belajar agar punya motivasi belajar yang baik. Maka, Guru perlu membangkitkan motivasi dalam diri anak didik agar mereka semakin aktif belajar sehingga dapat mencapai keberhasilan belajar. Peserta didik yang memiliki motivasi belajar yang tinggi sangat mudah memperoleh hasil belajar yang baik, dan anak didik akan berusaha keras dengan segala daya upaya mempelajari mulai dari mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen sehingga mata pelajaran yang lain boleh belajar dengan hal ini. Oleh karena itu, motivasi belajar sangat penting dalam mencapai keberhasilan belajar anak didik.


Keywords


The Role Of Teachers, Learning Motivation, Students, The New-Normal Era, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Agung, I. M. (2020). Memahami Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Psikologi Sosial. Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi, 1(2), 68–84.

Arifianto, Y. A. (2020). Pentingnya Pendidikan Kristen dalam Membangun Kerohanian Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 5(2), 94–106.

Arina, N. D., Saneba, B., & Mahfudz, A. (2014). PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR PADA PEMBELAJARAN PKn DI SMA NEGERI 1 TORUE KABUPATEN PARIGI MOUTONG. EDU CIVIC, 2(2), 1–13.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Denney, A. S., & Tewksbury, R. (2013). How to Write a Literature Review. Journal of Criminal Justice Education, 24(2), 218–234. https://doi.org/10.1080/10511253.2012.730617

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Haryono, & Agung. (2009). Pengaruh Sistem Pembelajaran dan Status Sosial Ekonomi Terhadap Economic Literacy Siswa SMA di Kota Malang. DISERTASI Dan TESIS Program Pascasarjana UM.

Intarti, E. R. (2016). Peran guru pendidikan agama Kristen sebagai motivator. Regula Fidei, 1(2), 28–40. https://doi.org/10.33541/regula fidei.v1i2.626

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Coronavirus Disease (COVID-19). Direkorat Jenderal Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit.

Keriapy, F. (2020). Pendidikan Kristiani Transformatif Berbasis Multikultural dalam Konteks Indonesia. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 5(2), 82–93.

Media Gusman and Khadijah. (2020). Pola Kerja sama Guru dan orang tua mengelola bermain Aud selama masa pandemi Covid-19. Jurnal Kumara Cendekia.

Nahampun, M. (2018). Analisis Peran Guru Pak Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Paranginan Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun Pembelajaran 2017/1018. Areopagus : Jurnal Pendidikan Dan Teologi Kristen, 16(1), 27–33. https://doi.org/10.46965/ja.v16i1.203

Rahman, M. A., Amarullah, R., & Hidayah, K. (2020). Evaluasi Penerapan Model Pembelajaran E-Learning pada Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil. Jurnal Borneo Administrator. https://doi.org/10.24258/jba.v16i1.656

Rusman. (2015). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (Interpratama Mandiri (ed.)). PT Raja Grafindo.

Selvi, K. (2010). Motivating Factors in Online Courses. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 819–824. https://doi.org/doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.110.

Setiyowati, E. P., & Arifianto, Y. A. (2020). Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan. SIKIP Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 78–95.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Sidjabat. (2018). Mengajar Secara Profesional. Kalam Hidup.

SITOMPUL, S. R. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 5(4), 344.

Sukmana, M., Aminuddin, M., & Nopriyanto, D. (2020). Indonesian government response in COVID-19 disaster prevention. East Afrian Scholars Journal of Medical Sciences, 3(3), 81–86. https://doi.org/10.36349/EASMS.2020.v03i03.025

Suparno, S. (1995). Peran Guru Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa. Dinamika Pendidikan.

Suprihatin, S. (2015). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi). https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144

T Umar and S. L. La Sulo. (2005). Pengantar Pendidikan. Rineka Cipta.

Tejo Nurseto. (2018). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8.

Telaumbanua, A. (2018). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika. https://doi.org/10.34081/fidei.v1i2.9

Utami, A. S. F., & Baiti, N. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Cyberbullying Pada Kalangan Remaja. Cakrawala - Jurnal Humaniora.

Widyaningrum, G. L. (2020). WHO Tetapkan COVID-19 Sebagai Pandemi Global, Apa Maksudnya? National Geographic Indonesia.

Zaluchu, S. E. (2020). Strategi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 4(1), 28–38. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.167


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hani Martha Puji Setia Wati, Reni Triposa, Roida Purba

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.