Metode Jigsaw dan Penerapannya di Dalam Kelas

Wahyu Suprihati

Abstract


The jigsaw method is one of the methods in cooperative learning. The jigsaw method was developed by Elliot Aronson and his colleagues from the University of Texas, then adapted by Robert Slavin and colleagues. The application of the jigsaw method in the classroom is to train students to learn to be responsible and work together, meaning that students do not only focus on themselves, but on one another. On the other hand, students learn to understand the material, on the other hand, students learn to socialize by teaching their friends who do not understand. Using descriptive qualitative methods with a literature study approach, it can be concluded that: Teachers have a big role and responsibility in carrying out learning activities with this method. The success and failure of learning activities, depending on the readiness and hard work of teachers in controlling and guiding the implementation of learning. If everything is packaged and presented properly, then the results are good.

Abstrak 

Metode jigsaw merupakan salah satu metode dalam pembelajaran kooperatif. Metode jigsaw dikembangkan oleh Elliot Aronson dan kawan-kawan dari Universitas Texas, kemudian diadaptasi oleh Robert Slavin dan kawan-kawan Penerapan Metode jigsaw di dalam kelas adalah untuk melatih siswa belajar bertanggung jawab dan bekerja sama artinya bahwa siswa tidak hanya fokus pada dirinya sendiri, disatu sisi siswa belajar memahami materi disisi lain siswa belajar bersosialisasi dengan cara mengajarkan temannya yang belum mengerti.mengunkan metode kualitatif deskritif dengan pendekatan studi literature maka dapat disimpulkan bahwa:  Guru mempunyai peran dan tanggung jawab yang besar dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan metode ini. Keberhasilan dan kegagalan kegiatan pembelajaran, tergantung pada kesiapan dan kerja keras pengajar dalam mengendalikan serta membimbing pelaksanaan pembelajaran. Jika semua dikemas dan disajikan dengan baik, maka hasilnya pun baik.


Keywords


Metode Jigsaw, Kelas, Model Pembelajaran, Pendidikan Kristen,

Full Text:

PDF

References


Alsa, A. (2010). Pengaruh metode belajar Jigsaw terhadap keterampilan hubungan interpersonal dan kerjasama kelompok pada mahasiswa fakultas psikologi. Jurnal Psikologi, 37(2), 165–175.

Arifianto, Y. A., Budiyana, H., & Purwoto, P. (2021). Model dan Strategi Pembelajaran Yesus berdasarkan Injil Sinoptik dan Implementasinya bagi Guru Pendidikan Agama Kristen. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 1(1), 1–17.

Chaniago, A. Y. S. (2002). Kamus lengkap bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Edison, T. (2017). 52 Metode Mengajar. Kalam Hidup.

ekopuryantobiologi. (2018). Model Pembelajaran Kooperatif.

Huriah, T. (2018). Metode Student Center Learning. Kencana.

Kristianto, P. L. (2006). Prinsip dan Praktik Pendidikan Agama Kristen. ANDI.

Kusuma, A. W. (2018). Meningkatkan kerjasama siswa dengan metode Jigsaw. Konselor, 7(1), 26–30.

No T. (n.d.). Jounal. Uny.Ac.Id.

Paulus Purwoto, Hardi Budiyana, Y. A. A. (2020). Landasan Teologis Pendidikan Kristen dalam Perjanjian Baru dan Relevansinya bagi Pendidikan Kristen Masa Kini. Didaktikos, Vol 3(1), 34–48. https://doi.org/https://doi.org/10.32490/didaktik.v3i1.38

pembelajaran Kooperatif. (n.d.). Wikipedia.Org.

Pujingsih, R. R. S. H. (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw di SMA Negeri 1 Gerung. Jurnal Paedagogy, 8(1), 50–56.

Purwoto, P., Budiyana, H., & Arifianto, Y. A. (2020). Landasan Teologis Pendidikan Kristen dalam Perjanjian Baru dan Relevansinya bagi Pendidikan Kristen Masa Kini. DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 3(1), 34–48. https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos/article/view/38

Setiyowati, E. P., & Arifianto, Y. A. (2020). Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan. SIKIP Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 78–95. http://e-journal.sttikat.ac.id/index.php/sikip/article/view/57

Sidjabat, B. . (2017). Mengajar secara Profesional. kalam hidup.

Situmorang, J. (2004). Filsafat dalam Terang Iman Kristen. Yogyakarta: Yayasan ANDI.

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning. Nusa Media.

Sulastri, E. (2019). 9 Aplikasi Metode Pembelajaran. Guepedia.

Triposa, R., Arifianto, Y. A., & Hendrilia, Y. (2021). Peran Guru PAK sebagai Teladan dalam Meningkatkan Kerohanian dan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK), 2(1), 109–126.

Umrati, & Wijaya, H. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Walgito, B. (2002). Pengantar Psikologi Umum. Andi Offset.

Wibowo, F. S. S. (2008). Jurnal Pendidikan.

Yamin, M. (2006). Sertifikasi Profesi Keguruan di indonesia. Gaung Persada Press.

Zaluchu, S. E. (2020). Strategi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 4(1), 28–38. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.167




DOI: https://doi.org/10.59177/veritas.v3i2.120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Wahyu Suprihati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

     

 

Alamat: Jln. Kyai Sono, No. 2, Kelurahan Genuk-Ungaran - Kabupaten Semarang, Prov. Jawa tengah

Publisher: Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara

Website: https://sttkn.ac.id/