Identifikasi Kesulitan Belajar Dalam Jaringan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen

Soviana Dominggas Un Seran, Reni Triposa, Yonatan Alex Arifianto

Abstract


The impact of learning difficulties is a condition of students experiencing certain obstacles, in following the learning process so that they do not achieve optimal results. The learning difficulties discussed in this study are limited to students' ability to participate in the online learning process. This study aims to describe the difficulties and factors that cause students to have difficulty learning online during the pandemic. Factors that cause students to have difficulty learning through project based learning. This study uses a descriptive qualitative method with a literature study approach. The results showed that there were obstacles in project-based learning, students were found to have problems when sending assignments due to a network system that experienced interference.

Abstrak

Dampak dari kesulitan belajar merupakan suatu kondisi siswa mengalami hambatan-hambatan tertentu, dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga tidak mencapai hasil yang optimal. Kesulitan belajar yang dibahas dalam penelitian ini dibatasi pada kemampuan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan dan faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar dalam jaringan selama masa pandemi. Faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar dalam melalui pembelajaran project based learning. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskritif dengan pendekatan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan adanya hambatan dalam pembelajaran projectbased learning siswa didapati mengalami masalah ketika mengirim tugas dikarenakan adanya sistem jaringan yang mengalami gangguan.


Keywords


Kesulitan belajar dalam jaringan, Pendidikan Agama Kristen, Online, Jaringan.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. In Teori Belajar dan Pembelajaran (Issue April).

Anjaya, C. E. (2021). Pendidikan Kristen dalam Kearifan Lokal Falsafah Jawa Upaya Membangun Iman Keluarga. Discreet: Journal Didache of Christian Education, 1(2), 99–107.

Anjaya, C. E., & Arifianto, Y. A. (2021). Awarenesss Triangle: Konsep Pengembangan Pendidikan Kristen bagi Generasi Tekno di Era Virtual. Jurnal Teologi Gracia Deo, 4(1).

Arifianto, Y. A. (2020). Pentingnya Pendidikan Kristen dalam Membangun Kerohanian Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. Regula Fidei Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 5(2), 94–106.

B. Samuel Sidjabat. (1996). Strategi Pendidikan Kristen. In Ebook.

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan antara motivasi belajar dengan minat belajar siswa kelas IV SDN Poris Gaga 05 kota Tangerang. Jurnal Jpsd, 4(1), 47–53.

Irawati, E., & Susetyo, W. (2017). Implementasi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Di Blitar. Jurnal Supremasi, 7(1), 3. https://doi.org/10.35457/supremasi.v7i1.374

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199.

Ki Hajar Dewantara. (1977). Bagian Pertama Pendidikan Cet II.

Kunandar. (2009). Guru Profesional (Implementasi Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru),.

Lusi Nurhayati. (2008). Psikologi Anak.

Mulyasa, E. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. PT Remaja Rosdakarya.

Nduru, M. P. (2015). Identifikasi Dan Asesmen Kesulitan Belajar Anak. Proseding Seminar Nasional PGSD UPY, 23–28.

Nisa, A. (2017). Pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 1–9.

Nova, W. (2016). STUDI EKSPLORATIF KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA PETANI IKAN DI DESA NGANJAT KECAMATAN POLANHARJO KABUPATEN KLATEN TAHUN 2016. Universitas Widya Dharma.

Poerwadarminta. (1982). Poerwadarminta. 1982. “Kamus Besar Bahasa Indonesia”. Jakarta: Balai Pustaka. Balai Pustaka, 51.

Prasetyo, T., & Zulela, M. S. (2021). Proses Pembelajaran Daring Guru Menggunakan Aplikasi Whatsapp Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 138–150.

Ratnawati, E., & Putra Utama, A. (2021). Kesulitan Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(1). https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i1.8085

Richad A Baley. (2007). New Testaments Issues.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran:Mengembangkan Profesionalisme Guru.

Sardiman. (2011). Interaksi Dan Motivasi Belajar dan Mengajar.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Soekartawi. (2006). “Blended E-Learning: Alternatif Model Pembelajaran Jarak Jauh Di Indonesia,.”

Telaumbanua, A. (2018). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika. https://doi.org/10.34081/fidei.v1i2.9

Triposa, R., Arifianto, Y. A., & Hendrilia, Y. (2021). Peran Guru PAK sebagai Teladan dalam Meningkatkan Kerohanian dan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK), 1(2), 124–143.

UU RI No. 14. (2005). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Produk Hukum, March, 59–60.

Verawati, H. (2020). Penerapan Learning Management System Dan Blended Learning Sebagai Alternatif Model Merdeka Belajar Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Pembelajaran Agama Kristen. Shift Key : Jurnal Teologi Dan Pelayanan, 10(2), 135–146. https://doi.org/10.37465/shiftkey.v10i2.84

Winataputra. (2007). Strategi Belajar Mengajar.

Yulianingsih, D., & Lumban Gaol, S. M. (2019). Keterampilan Guru PAK Untuk Meningkatkan Minat Belajar Murid Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika. https://doi.org/10.34081/fidei.v2i1.47


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Soviana Dominggas Un Seran, Reni Triposa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.