Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen Kelas Iv Tema “Hidup Bersyukur” Melalui Metode Pemberian Tugas Di Sekolah Dasar Negeri Beriwit 3

Eris Menie

Abstract


Every teacher always strives so that every student can achieve mastery learning according to the predetermined Minimum Completeness Criteria (KKM). However, the reality shows that the learning outcomes of grade IV students in semester 1 4th grade students in the 1st semester of SD Negeri Beriwit 3 on the subject of Christian Religious Education with the theme “Life of Gratitude” through the Giving Method. In this material, out of 17 students who scored 70 and above (KKM 70) only 3 students /43%. The researcher observed that some students often told their own stories with their classmates when the teacher explained or delivered the subject matter. While some of the other students were silent and seemed not to be involved in the learning process. Only a small number of students seem to pay attention to the teacher's explanations. Assignment Assignment Method The assignment method is one of the choices of a teacher's teaching method, where the teacher gives a number of test items to students to work on outside of class hours. This assignment is usually carried out at every teaching and learning activity in class, at the end of each meeting or at the end of class meetings. This method is an alternative to further refine the delivery of specific learning objectives. This is due to the density of subject matter that must be delivered while learning time is very limited in class. The results showed that the assignment method could improve student learning outcomes from low in the initial condition to quite high in cycle 2. It increased the learning outcomes of fourth grade students at SD Negeri Beriwit 3 from the initial condition with an average score of 71 to 90 in cycle 2.

Abstrak

Setiap guru selalu berupaya agar setiap siswa dapat mencapai ketuntasan belajar sesuai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan. Namun demikian kenyataan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV semester 1 SD Negeri Beriwit 3 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen Tema “Hidup Bersyukur” Melalui Metode Pemberian. Pada materi tersebut dari 7 siswa yang mendapat nilai 70 ke atas (KKM 70) hanya 3 siswa /43%. Peneliti mengamati, sebagian siswa sering bercerita sendiri dengan teman sebangku pada saat guru menerangkan atau menyampaikan materi pelajaran. Sementara sebagian siswa yang lain hanya diam dan seolah-olah tidak terlibat dalam proses pembelajaran. Hanya sebagian kecil dari siswa yang tampak memperhatikan penjelasan-penjelasan guru. Metode Pemberian Tugas Metode pemberian tugas merupakan salah satu pilihan metode mengajar seorang guru, dimana guru memberikan sejumlah item tes kepada siswanya untuk dikerjakan di luar jam pelajaran. Pemberian tugas ini biasanya dilakukan pada setiap kegiatan belajar mengajar di kelas, pada akhir setiap pertemuan atau akhir pertemuan di kelas.Metode ini merupakan salah satu alternatif untuk lebih menyempurnakan penyampaian tujuan pembelajaran khusus. Hal ini disebabkan oleh padatnya materi pelajaran yang harus disampaikan sementara waktu belajar sangat terbatas di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, metode pemberian Tugas dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari rendah pada kondisi awal menjadi cukup tinggi pada siklus 2. meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Beriwit 3 dari kondisi awal dengan nilai rata-rata 71 menjadi 90 pada siklus 2.


Keywords


Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Kristen,“Hidup Bersyukur”,Metode Pemberian Tugas.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, & Supriyono. (1991). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta.

Hawi, A. (2013). Kompetensi Guru PAI. PT. Raja Grafindo Persada.

Mufarrokah, A. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Teras.

Nana Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja rosdakarya.

Nuhamara, D. (2009). Pembimbing Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Info Media.

Ramayulis. (2008). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Kalam Mulia.

Roestiyah. (2001). Strategi Belajar Mengajar. PT Asdi Mahastya.

Sagala, S. (2017). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta.

Suryabrata, S. (2008). Psikologi Pendidikan,. PT Raja Grafindo Persada.

Wahyuni, B. dan E. N. (2007). Teori belajar dan pembelajaran.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Eris Menie

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.