Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Kesiapan Siswa dalam Menghadapi Bonus Demografi

Paulina Bura Kaka, Dina Kristiani

Abstract


The Demographic Bonus is a phenomenon that will occur in Indonesia in2030-2045 and will have an impact on all people’s lives. This phenomenon requiresthe role of all levels of society, including teachers. This article aims toprovide an understanding of the teacher’s role in students’ readiness to facedemographic bonuses in Indonesia. The liberation in this paper uses a qualitativeapproach with literary review writing techniques or library studies. The results of thestudy show that teachers must play a role in dealing with demographicbonuses through the pillars or functions of teachers/teaching sir. Teachers can carryout various concrete actions that are holistic which can be useful in all aspects ofstudent and community life. In this case, the teacher must be the guardianof the student who warns the student of all life’s problems, not only spiritualproblems. This research has a contribution for students to play an active role in thewhole life of the participants. Teachers do not only focus on teaching in schools butmust be able to touch all aspects of the lives of students and society.

Abstrak

Bonus demografi adalah fenomena yang akan terjadi di indonesia pada tahun 2030-2045 dan akan berdampak pada seluruh kehidupan masyarakat. Fenomena ini membutuhkan peran seluruh lapiran masyarakat termasuk guru. artikel ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang peran guru terhadap kesiapan siswa  dalam menghadapi bonus demografi di indonesia. Pembahasan dalam tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik penulisan literature review atau studi pustaka. hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pak harus berperan dalam menghadapi bonus demografi melalui pilar atau fungsi guru/pengajar pak. guru dapat melakukan berbagai aksi nyata yang bersifat holistik yang dapat berguna dalam seluruh aspek kehidupan siswa dan masyarakat.dalam hal ini, guru harus menjadi penjaga siswa yang memperingatkan siswa atas seluruh permasalah kehidupan tidak hanya masalah rohani. penelitian ini memiliki kontribusi bagi peserta didik untuk berperan aktif dalam seluruh kehidupan peserta. guru tidak hanya berfokus pada pengajaran di sekolah tetapi harus dapat  menyentuh seluruh aspek kehidupan peserta didik dan masyarakat.



Keywords


Bonus Demografi, Guru PAK, Peran Guru PAK

Full Text:

PDF

References


Adib, Amin Al. 2018. “Menyiapkan Generasi Muda Dalam Menghadapi Bonus Demografi 2020-2030.” Smkandalusiawsb.Sch.Id. Retrieved (https://smkandalusiawsb.sch.id/2018/09/03/menyiapkan-generasi-muda-dalam-menghadapi-bonus-demografi-2020-2030/).

Arifianto, Yonatan Alex. 2021. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Etis-Teologis Mengatasi Dekadensi Moral Di Tengah Era Disrupsi.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6(1):45–59.

Boiliu, Fredik Melkias. 2020. “Pendidikan Agama Kristen Yang Antipatif Dan Hoaks Di Era Digital: Tinjauan Literatur Review.” Gema Wiralodra 11(1):154–69. doi: 10.31943/gemawiralodra.v11i1.114.

Intarti, Esther Rela. 2016. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Motivator.” Regula Fidei. doi: 10.33541/regula fidei.v1i2.626.

Joseph, Priscillia Diane Joy, and Fredik Melkias Boiliu. 2021. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Penggunaan Teknologi Pada Anak.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(4):2037–45. doi: 10.31004/edukatif.v3i4.1115.

Santoso, Sugeng, Yohana Natassha, Yehuda Indra Gunawan, and Esther Natasaputera. 2021. “Peran Gereja Sebagai Penjaga Umat Dalam Menghadapi Bonus Demografi Di Indonesia: Refleksi Teologis Yehezkiel 3: 16.” THRONOS: Jurnal Teologi Kristen 3(1):11–20.

Susilo, Eunike Anggraeni, Yonatan Alex Arifianto, and Wulan Agung. 2022. “Nilai-Nilai Etis Teologi Pendidikan Anak Dan Nilai Pancasila Dalam Kode Etik Guru Sekolah Minggu.” Sabda: Jurnal Teologi Kristen 3(2):1–15.

Triposa, Reni, Yonatan Alex Arifianto, and Yudi Hendrilia. 2021. “‘Peran Guru PAK Sebagai Teladan Dalam Meningkatkan Kerohanian Dan Karakter Peserta Didik,.’” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 2(1):109–126.

Zaluchu, Sonny Eli. 2020. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat 4(1):28–38. doi: 10.46445/ejti.v4i1.167.




DOI: https://doi.org/10.59177/veritas.v5i1.207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Paulina Bura Kaka, Dina Kristiani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

     

 

Alamat: Jln. Kyai Sono, No. 2, Kelurahan Genuk-Ungaran - Kabupaten Semarang, Prov. Jawa tengah

Publisher: Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara

Website: https://sttkn.ac.id/