Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membangun Karakter Siswa Sd Inpres Oelnunu

Daud Saleh Luji, Simon Kasse, Jonatan Leobisa, Yulantika Anone

Abstract


Character education has a higher meaning than moral education because character education is not just about right or wrong but how to do it in daily life. PAK teachers have a big role in this matter. However, at SD Inpres Oelnunu there are still some children who do not have good character as expected, that is why research was conducted using qualitative methods to find out the role of teachers in shaping the character of students at SD Inpres Oelnunu. The results of the research show that the role of PAK teachers in building student character has been carried out from five aspects of assessment, namely religious character, nationalist character, integrity value, independent character, integrity character and mutual cooperation character. Indeed, there are still a small number of children who do not fully possess this character. However, according to the PAK teacher, he continues to play his role so that in the end he gets better results, namely students have good character from every aspect. 

Abstrak

Pendidikan karakter memiliki makna yang lebih tinggi dari pendidikan moral karena pendidikan karakter bukan hanya tentang benar atau salah tetapi bagaimana melakukannya dalam hidup kesehariannya. Guru PAK memiliki peran yang besar dalam hal tersebut. Namun Pada SD Inpres Oelnunu masih ada beberapa anak yang belum berkarakter baik seperti yang diharapakan, itulah sebabnya penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam membentuk karakter siswa pada SD Inpres Oelnunu. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru PAK dalam membangun karakter siswa sudah dilakukan dari lima aspek penilaian yaitu karakter religius, karakter nasionalis nilai integritas karakter mandiri, karakter integritas dan karakter gotong royong. Memang masih ada sebagian kecil anak yang belum sepenuhnya memimiliki karakter tersebut. Namun menurut guru PAK bahwa ia terus memainkan perannya sehingga pada akhirnya mendapatkan hasil yang lebih baik yaitu siswa memiliki karakter yang baik dari setiap aspek.


Keywords


Peran Guru PAK; membangun karakter

Full Text:

PDF

References


Chairunnisa, Connie. 2017. Meneropong Landasan Ilmu Pendidikan Yang Hakiki,. 1st ed. mitra wacana media.

Dr. F. Thomas Edison, Msi. 2018. Pendidikan Nillai-Nilai Kristiani. Bandung: kalam hidup.

Dubu, Alfred, Ezra Tari, and Daud Saleh Luji. 2022. “DAMPAK PENDAMPINGAN PASTORAL TERHADAP REMAJA NAKAL DI PANTI ASUHAN KASIH AGAPE: THE IMPACT OF PASTORAL ADMINISTRATION ON NAUGHTY ADOLESCENTS IN PANTI ASUHAN KASIH AGAPE.” Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 8, no. 1: 26–34.

Dwi Rita Nova, Deana, and Novi Widiastuti. 2019. “Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum.” Comm-Edu (Community Education Journal) 2, no. 2: 113. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i2.2515.

Enklaar, Homrighausen. 2005. Pendidikan Agama Kristen. Edited by BPK Gunung Mulia. 4th ed. Jakarta.

Ermindyawati, Lilis. 2019. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Perilaku Siswa-Siswi.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika 2: 40–61.

Fathurrochman, Irwan, and Abu Muslim. 2021. “Menangkal Radikalisme Dengan Penguatan Pendidikan Karakter Nasionalisme Melalui Amaliyah Aswaja Di SD Islamiyah Magetan.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 13, no. 2: 801–18.

JohnM. Nainggolan. 2010. Guru Agama Sebagai Panggilan Dan Profesi. Bandung: bina media informasi.

Kurniawati Tenia dkk. 2019. “Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran Http://Journal2.Um.Ac.Id/Index.Php/Jinotep/Index STRATEGI PEMBELAJARAN NILAI KARAKTER MANDIRI BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK PAUD.” Jurnal Inovasi Teknologi Pembeljaran 1, no. 1: 30–38.

Luji, Daud Saleh, Indriani Lopo, and Ana V Soinbala. 2021. “Keterlibatan Guru PAK SMU Negeri Se-Kota Kupang Dalam Pelayanan Gereja.” HUPERETES: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 2, no. 2: 109–18.

Maulana, Irwan. 2020. “Manajemen Pendidikan Karakter Gotong Royong ‎.” Jurnal Isema : Islamic Educational Management 5, no. 1: 127–38. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.5393.

Munirah. 2020. Menjadi Guru Beretika Dan Profesional.

Narimo, Sabar. 2020. “Budaya Mengintegrasikan Karakter Religius Dalam Kegiatan Sekolah Dasar.” Jurnal VARIDIKA 32, no. 2: 13–27. https://doi.org/10.23917/varidika.v32i2.12866.

Oktari, Dian Popi, and Aceng Kosasih. 2019. “Pendidikan Karakter Religius Dan Mandiri Di Pesantren.” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 28, no. 1: 42. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.14985.

Oktaviana, D. 2020. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Jawa Pada Kelas V Di Sd Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020.”

Prasetyo Utomo, Eko. 2018. “Internalisasi Nilai Karakter Gotong Royong Dalam Pembelajaran Ips Untuk Membangun Modal Sosial Peserta Didik.” Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS 3, no. 2: 95–102. https://doi.org/10.17977/um022v3i22018p095.

Putnarubun, Adolfina, Wehelmina Carolina Rengrengulu, and Yeheskiel Suruan. 2022. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa.” EIRENE Jurnal Ilmiah Teologi 7, no. 2: 519–42. https://doi.org/10.56942/ejit.v7i2.57.

Sri Redjeki, Dwi Prawani, and Jefri Heridiansyah. 2013. “Memahami Sebuah Konsep Integritas.” Jurnal Stie Semarang 5, no. (ISSN : 2252-7826: 2–4.

Wibowo, R. E., Kota, M. I. N., & Selatan, T. 2022. “Analisis Peran Guru Kelas Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada Pembelajaran Tematik.” Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Wijaya, Hengki. 2018. “Analisis Data Kualitatif Model Spradley (Etnografi).”

Yulianah, S E. 2022. Metodelogi Penelitian Sosial. CV Rey Media Grafika.

Yusup, Chendi Maulana Baharudin, and Dinie Anggraeni Dewi. 2021. “Pengimplementasian Karakter Nasionalis Siswa Di Kelas VI SD.” Journal on Education 3, no. 3: 254–62. https://doi.org/10.31004/joe.v3i3.374.




DOI: https://doi.org/10.59177/veritas.v6i2.227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Daud Saleh Luji, Simon Kasse, Jonatan Leobisa, Yulantika Anone4

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

     

 

Alamat: Jln. Kyai Sono, No. 2, Kelurahan Genuk-Ungaran - Kabupaten Semarang, Prov. Jawa tengah

Publisher: Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara

Website: https://sttkn.ac.id/