Teladan dan Prinsip-Prinsip Kepemimpinan Yosua dan Implikasinya Bagi Pemimpin Kristen

Yakub Hendrawan Perangin Angin, Tri Astuti Yeniretnowati, Paulus Kunto Baskoro

Abstract


Persoalan yang selalu dihadapi kekeristenan pada setiap masa dan setiap generasi adalah kurangnya pekerja yang seharusnya bekerja giat di ladang Tuhan yang begitu luas untuk terus-menerus membangun gerakan penginjilan, pemuridan, pemerlengkapan, dan pengutusan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran akan keteladanan kepemimpinan dari Yosua, karena potret kepemimpinan saat ini sangat miskin keteladanan walaupun kaya akan banyak teori dan konsep serta model kepemimpinan yang sukses yang ditawarkan. Metode penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Kepemimpinan Yosua terbukti berhasil dan finishing well, yang mana sangat berharga untuk dipelajari dan diteladani bagi kepemimpinan dewasa ini, karena ada enambelas prinsip utama  kepemimpinannya, yaitu: Pertama, Pemimpin dengan visi yang jelas. Kedua, Memiliki karakter yang baik. Ketiga, Melangkah yang dimulai dari langkah-langkah kecil. Keempat, Memimpin dengan bergantung penuh kepada Allah. Kelima, Mewariskan amanat berharga bagi pengikutnya dan keluarganya. Keenam, Pemimpin yang bersedia belajar dan diperlengkapi. Ketujuh, Pribadi yang setia meneladani pemimpinnya. Kedelapan, Orang percaya yang memenuhi syarat untuk memimpin. Kesembilan, Pemimpin yang sadar diri. Kesepuluh, Pemimpin yang bertindak dengan bijaksana. Kesebelas, Memiliki kebiasaan yang baik dan berguna. Keduabelas, Memberikan pujian dan apresiasi. Ketigabelas, Tegas dan memberi arah penting bagi pengikutnya.Keempatbelas, Motivasi kepemimpinannya memuliakan Tuhan. Kelimabelas, Pribadi yang berani dan saleh. Keenambelas, Pemimpin yang bertindak dalam iman. 


Keywords


Kepemimpinan Kristen, Kepemimpinan Yosua, Teladan Kepemimpinan, Finishing Well

Full Text:

PDF

References


Angin, Y. H. P. (2023). Pemahaman Dasar Tentang Gereja: Isu, Tantangan, dan Tuntutan di Era Kini. In A. Nugroho (Ed.), Pemahaman Dasar Tentang Teologi Sistematika (1st ed., pp. 141–160). Bandung: STT INTI PRESS.

Angin, Y. H. P., & Yeniretnowati, T. A. (2022). Teladan Tokoh Alkitab Bagi Model Pendidikan Kepemimpinan Kristen. CARAKA: Jurnal Teologi Biblika Dan Praktika, 3(2), 261–282.

Baxter, J. S. (2009). Menggali Isi Alkitab 1 – Kejadian sampai dengan Ester (9th ed.). Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF.

Gangel, K. O. (2001). Membina Pemimpin Pendidikan Kristen (2nd ed.). Malang: Gandum Mas.

Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan (1st ed.). Malang: Literasi Nusantara.

Hartanti, M. (2007). Biodata Tokoh-Tokoh Alkitab Perjanjian Lama (1st ed.). Jakarta: Markus Agung.

Illu, W. (2017). Esensi Kepemimpinan Dalam Perspektif Perjanjian Lama. Missio Ecclesiae, 6(2), 198–220.

Joyner, R. (2004). Kepemimpinan: Kekuatan Dari Hidup Yang Kreatif (1st ed.). Jakarta: Nafiri Gabriel.

Lasor, W. S., Hubbard, D. ., & Bush, F. W. (2009). Pengantar Perjanjian Lama 1 Taurat dan Sejarah (13th ed.). Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Limpele, S. M., & Hura, R. (2022). Analisis Teks Yosua Pasal 12 dan 13 Tentang Penaklukan Bangsa-Bangsa di Tanah Kanaan. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 4(2), 294–307.

Markes, K. D. (2021). Suksesi Kepemimpinan Musa Kepada Yosua Sebagai Model Regenerasi Kepemimpinan Kristen Masa Kini. Bonafide: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(2), 214–236.

Nikijuluw, V. P. H., & Sukarto, A. (2014). Kepemimpinan Di Bumi Baru (1st ed.). Jakarta: Literatur Perkantas.

Parapak, J. (2022). Kepelayanan dan Kepemimpinan Alkitabiah (1st ed.). Jakarta: Literatur Perkantas.

Parapak, J. L., & LIFE, T. (2017). Growing Together : Membangun dan Memperkaya Keluarga Dalam Tuhan (1st ed.). Jakarta: Literatur Perkantas.

Parapak, J. L., & LIFE, T. (2018). Growing Together 3: Memperkuat dan Memperkaya Hidup Perkawinan (1st ed.). Jakarta: Literatur Perkantas.

Pardede, Z. (2019). Rancang Bangun Teologi “Kekudusan” Tentang Hamba Tuhan Sebagai Pemimpin Kristen Menurut Kitab Yosua. KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 1(2), 100–117.

Pawson, J. D. (2017). Membuka Isi Alkitab Perjanjian Lama (1st ed.). Jakarta: Immanuel.

Prasetya, T., & Simarmata, H. (2021). Suksesi Kepemimpinan Musa kepada Yosua sebagai Pola Ideal Suksesi Kepemimpinan Gereja. THRONOS: Jurnal Teologi Kristen, 3(1), 48–58.

Purwanti, E., Missa, A., & Tandi, Y. (2021). Kepemimpinan Kristen Dalam Konteks Penggembalaan Gereja Di Indonesia. Journal of Religious and Socio-Cultural, 2(2), 89–107.

Ronda, D. (2011). Leadership Wisdom Antologi Hikmat Kepemimpinan (1st ed.). Bandung: Yayasan Kalam Hidup.

Rumahlatu, J. (2011). Psikologi Kepemimpinan (1st ed.). CV. Cipta Varia Sarana.

Salabai, B. (2017). POLA KADERISASI DALAM KEPEMIMPINAN MUSA TERHADAP KEPEMIMPINAN KRISTEN MASA KINI. LOGON ZOES: Jurnal Teologi, Sosial Dan Budaya, 1(1), 32–46.

Scazzero, P. (2019). Meneladani Tokoh-Tokoh Perjanjian Lama (3rd ed.). Jakarta: Literatur Perkantas.

Suhadi, S., & Arifianto, Y. A. (2020). Pemimpin Kristen Sebagai Agen Perubahan Di Era Milenial. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 1(2), 129-147.

Waruwu, A. (2021). Gambaran Kepemimpinan Yosua dan Implikasinya Bagi Gereja ONKP Jemaat Imanuel Bekasi. ILLUMINATE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 4(2), 138–149.

Widiyanto, M. A., & Parapat, Y. (2021). Suksesi kepemimpinan pentakostal di era disruptif. KURIOS (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen), 7(1), 29–41.

Wiersbe, W. W. (2012). Hidup Bersama Firman - Pasal Demi Pasal Seluruh Alkitab Yosua-Ester (3rd ed.). Yogyakarta: Yayasan Gloria.

Wofford, J. C. (2008). Kepemimpinan Kristen Yang Mengubahkan (5th ed.). Yogyakarta: Andi Offset.

Wong, D. W. F. (2012). Beyond Finishing Well (1st ed.). Jakarta: Yayasan Haggai Indonesia.

Zaluchu, S. E. (2020). Struktur Artikel untuk Jurnal Ilmiah dan Teknik Penulisannya. In S. E. Zaluchu (Ed.), Strategi Menulis Jurnal Untuk Ilmu Teologi (1st ed., pp. 1–21). Semarang: Golden Gate Publishing Semarang.

Zebua, Y. (2021). Pemimpinan Yang Memberdayakan: Perspektif Kepemimpinan Kristen. Didache: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(1), 47–71.




DOI: https://doi.org/10.59177/veritas.v5i2.231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yakub Hendrawan Perangin Angin, Tri Astuti Yeniretnowati, Paulus Kunto Baskoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

     

 

Alamat: Jln. Kyai Sono, No. 2, Kelurahan Genuk-Ungaran - Kabupaten Semarang, Prov. Jawa tengah

Publisher: Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara

Website: https://sttkn.ac.id/