Personal Branding dan Pemimpin Kristen: Kepemimpinan dalam era Internet Of Things

Matius I Totok Dwikoryanto, Yonatan Alex Arifianto

Abstract


The main focus of this research is to explain how personal branding and Christian leaders: leadership in the internet of things era. The thing to remember is that the ambition to be famous is very easy to get in this era through social media, but the achievement to brand oneself must be in accordance with the norms and ethics that must be upheld. The research method used is in the form of descriptive qualitative research with a literature study approach. The purpose of this research is to provide input or ideas for Christian leaders so that they can promote themselves wisely and carefully in developing their leadership in the internet of things era. The conclusion of this research is that personal branding and Christian leaders as a leadership strategy in the era of the internet of things must be utilized as best as possible to reach out, serve, in pastoral care both online and face-to-face. So the first thing Christian leaders must understand is that the paradigm and nature of personal branding and its influence must be understood and actualized with the correct rules and norms. Christian leaders also know the boundaries and scope of Christian leadership. And of course Christian leaders can see opportunities for promotion of their leadership in accordance with humility as the basis for receiving God's grace and plans, of course, according to God's will and plan. So that Christian leaders can actualize Christian leadership in the internet of things era as a form of reaching out and serving those who are in an internet of things connection.

Abstrak

Fokus utama penelitian ini adalah menjelaskan bagaimana personal branding dan pemimpin Kristen: kepemimpinan dalam era internet of things. Hal yang perlu diingat dalam kepemimpinan saat ini bahwa ambisi untuk terkenal tersebut didapat dengan sangat mudah di era digital saat ini melalui media sosial, namun pencapaian untuk membranding dirinya haruslah sesuai dengan norma dan etika yang harus dijunjung. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu berupa penelitian kualitatif deskritif dengan pendekatan studi literature. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memberikan masukan ide atau gagasan bagi para pemimpin Kristen supaya mereka  bijaksana dan penuh kehati-hatian dalam mempromosikan dirinya dengan benar di dalam pengembangan kepemimpinannya di era internet of things. Kesimpulan dari penelitian ini adalah personal branding dan pemimpin Kristen sebagai strategi kepemimpinan dalam era internet of things harus dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menjangkau, melayani, dalam pelayanan pastoral baik secara online maupun dalam keseharian tatap muka kepada khalayak ramai. Maka yang pertama para pemimpin Kristen haruslah mengerti bahwa paradigma dan hakikat personal branding dan pengaruhnya harus dimengerti dan diaktualisasikan dengan kaidah dan norma yang benar. Pemimpin Kristen juga mengetahi batasan dan ruang lingkup kepemimpinan Kristen. Dan tentunya pemimpin Kristen dapat melihat peluang promosi kepemimpinannya sesuai dengan kerendahan hati sebagai dasar untuk mendapat kasih karunia Allah dan tentunya sesuai dengan kehendak dan rencana Tuhan. Sehingga pemimpin Kristen dapat mengaktulisasi kepemimpinan Kristen di era internet of things sebagai bentuk untuk menjangkau dan melayani mereka yang berada dalam koneksi internet of things.



Keywords


Personal Branding, Pemimpin Kristen, Internet Of Things, Platform Digital, Pemimpin.

Full Text:

PDF

References


Arifianto, Yonatan Alex. “Membumikan Kepemimpinan Kristen Anti Kritik Dalam Nilai Etis Kristiani.” Apostolos: Journal of Theology and Christian Education 3, no. 1 (2023): 28–38.

Arisma, Yefta, and Et Al. Nilai-Nilai Integritas Seorang Pemimpin Kristen, 2019.

Borrong, Robert P. “Kepemimpinan Dalam Gereja Sebagai Pelayanan.” Voice of Wesley: Jurnal Ilmiah Musik Dan Agama 2, no. 2 (2019): 12–23. https://doi.org/10.36972/jvow.v2i2.29.

Butar, Christhoper Rafael Butar, and Dini Salmiyah Fithrah Ali. “Strategi Personal Branding Selebgram Non Selebriti.” PRofesi Humas 2, no. 2 (2018): 86–101.

Gultom, Joni Manumpak Parulian, Hendrik Bernardus Tetelepta, Jan Lukas, Vicky B G D Paat, Fransiskus Irwan Widjaja, Otieli Harefa, Sang Putra Immanuel Duha, et al. “Membangkitkan Semangat Kepemimpinan Kristen Dalam Lingkungan Aras Nasional PGPI Dan PGLII Di Tanjung Balai Karimun.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara 4, no. 2 (2023): 1009–18.

Hakiki, Siti Nur. “Kepemimpinan Kiai Sebagai Personal Branding Pesantren Dalam Perspektif Public Relation (Humas).” FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam 8, no. 2 (2018): 891–903.

Hia, Lurusman Jaya, Claudia Angelina, and Monica Santosa. “Kepemimpinan Kristen Di Era Digital Terhadap Generasi Strawberry.” TEOLOGIS-RELEVAN-APLIKATIF-CENDIKIA-KONTEKSTUAL 2, no. 1 (2023): 118–33.

Hidayati, Festy Rahma. “Komunikasi Politik Dan Branding Pemimpin Politik Melalui Media Sosial: A Conceptual Paper.” Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi 5, no. 2 (2021): 145–61.

Kabanga, Andreas. “Menabur Dan Melayani.” In Bunga Rampai Buku Kenangan Hut Ke 65 Tahun Dan 40 Tahun Pelayanan Dt. A.J. Anggui, M.Th, edited by Aleksander Mangoting. Rantepao: PT. Sulo, 2002.

kardia Gulo, Syutriska, and Nikolaus Samongantinungglu. “Sikap Kepemimpinan Di Jemaat Yang Membawa Perubahan.” Shalom: Jurnal Teologi Kristen 3, no. 1 (2023): 29–44.

Marantika, Chris. Kepemimpinan Kristen Yang Dinamis. Surabaya: Yakin, 2007.

Parhusip, Akdel. “Model Kepemimpinan Kristen Inovatif-Efektif: Sebuah Tawaran Dalam Merespons Tantangan Di Era Disruptif.” JURNAL TERUNA BHAKTI 5, no. 2 (2023): 302–11.

Sanderan, Rannu. “Dilema Kepemimpinan Kristen, Tuhan Atau Atasan?: Unsur-Unsur Fundamental Bagi Pemimpin Kristen Demi Mengejawantahkan Imannya Dalam Profesi Dan Pengabdian.” SOPHIA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 2, no. 2 (2021): 1–15.

Saragih, Diany Rita P. “Implementasi Gaya Pemimpin Rohani Pada Generasi Digital.” Voice of Wesley: Jurnal Ilmiah Musik Dan Agama 2, no. 2 (2019): 85–100. https://doi.org/10.36972/jvow.v2i2.27.

Siahaya, Johannis. “Kepemimpinan Kristen Dalam Pluralitas Indonesia.” Teruna Bhakti 1, no. 1 (2018): 1–16.

Soraya, Iin. “Personal Branding Laudya Cynthia Bella Melalui Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @Bandungmakuta).” Jurnal Komunikasi 8, no. 2 (2017): 30–38. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/2654.

Stott, John. Kepemimpinan Kristen: 9 Bahan Pemahaman Alkitab Untuk Pribadi Dan Kelompok. Jawa Timur: Literatur Perkantas Jatim, 2020.

Sumanti, Fiorentina Adelaida Mayadeira. “Personal Branding Pendeta Di Media Sosial (Studi Kasus Pada Media Sosial Facebook Pdt. Maria Aprina, S. Si).” Universitas Pendidikan Indonesia, 2020.

Sutono, Y, Y A Arifianto, and N Y Loveano. “Deskriptif Kepemimpinan Kristen Dalam Perspektif Filipi 2: 3-8.” Jurnal Ap-Kain 1, no. 1 (2023): 15–24. http://e-journal.stakdiaspora.ac.id/index.php/JAK/article/view/58.

Tambunan, Fernando. “Karakter Kepemimpinan Kristen Sebagai Jawaban Terhadap Krisis Kepemimpinan Masa Kini.” ILLUMINATE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 1, no. 1 (2018): 81–104. https://doi.org/10.54024/illuminate.v1i1.6.

Tomatala, Yakob. Kepemimpinan Kristen. 3rd ed. Jakarta: YT Leadership Foundation, 2002.

Wicaksono, Ibrahim Dwiputra. “Analisa Penerapan Kepemimpinan Kristen Di Perusahaan Sirup Hero.” Agora, Jurnal Manajemen BisnisManajemen Bisnis 3, no. 2 (2015): 498–512. https://www.neliti.com/id/publications/36441/analisa-penerapan-kepemimpinan-kristen-di-perusahaan-sirup-hero.

Zaluchu, Sonny Eli. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat 4, no. 1 (2020): 28–38. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.167.

Zega, Yunardi Kristian, Hermina Sulistiawati, Otieli Harefa, and Hendrik Bernadus Tetelepta. “Mentransformasi Generasi Kepemimpinan Kristen Berlandaskan Teori Perkembangan Iman Karya James W. Fowler.” Jurnal Shanan 7, no. 1 (2023): 1–18.




DOI: https://doi.org/10.59177/veritas.v5i2.232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Matius I Totok Dwikoryanto, Yonatan Alex Arifianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

     

 

Alamat: Jln. Kyai Sono, No. 2, Kelurahan Genuk-Ungaran - Kabupaten Semarang, Prov. Jawa tengah

Publisher: Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara

Website: https://sttkn.ac.id/