Hubungan Antara Anugerah dan Iman Serta Perbuatan dalam Keselamatan Berdasarkan Kajian Hermeneutik Efesus 2:8-10

Kordin Sagala, Ayub Rusmanto

Abstract


This research elaborates on the relationship between grace and faith and works in salvation based on a hermeneutic study of Ephesians 2:8-10. This research will focus more on how the concept of salvation remains relevant throughout the ages despite the many teachings of salvation that contradict the Word of God. The research method is based on a qualitative method built on a literature study approach and a biblical hermeneutic approach. This research uses inductive-descriptive biblical hermeneutic studies related to the subject matter as the basis of hermeneutic studies concerning the relationship between grace and faith and works in salvation. Based on the hermeneutic study of Ephesians 2:8-10, the author finds that every Christian needs to be reminded and taught about the grace of salvation so that they continue to grow in their spirituality by producing good fruit for the glory of God. Salvation by God's grace is the most fundamental teaching of the Christian faith and never changes throughout the ages. Grace and faith and works in salvation are inseparable parts of God's complete and holy design for sinful man who has saved him.

Abstrak

Penelitian ini mengurai seputar hubungan antara anugerah dan iman serta perbuatan dalam keselamatan berdasarkan kajian hermeneutik Efesus 2:8-10. Penelitian ini akan lebih memfokuskan pada bagaimana konsep keselamatan tetap relevan di sepanjang zaman di samping banyaknya ajaran keselamatan yang bertolak belakang dengan Firman Allah. Metode penelitian ini didasarkan pada metode kualitatif yang dibangun dengan ancangan studi literatur (literature study) dan ancangan hermeneutik Alkitab. Penelitian ini menggunakan kajian hermeneutik biblikal secara induktif-deskriptif yang berkaitan dengan pokok bahasan sebagai dasar kajian hermeneutik yang menyangkut hubungan antara anugerah dan iman serta perbuatan dalam keselamatan. Berdasarkan kajian hermeneutik dari Efesus 2:8-10, penulis menemukan bahwa setiap orang Kristen perlu diingatkan dan diajarkan tentang anugerah keselamatan sehingga terus bertumbuh dalam kerohaniannya dengan menghasilkan buah-buah yang baik untuk kemuliaan Tuhan. Keselamatan yang bersumber dari anugerah Allah adalah pengajaran yang paling mendasar bagi iman Kristen dan tidak pernah berubah sepanjang masa. Anugerah dan iman serta perbuatan dalam keselamatan adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan sebagai rancangan yang utuh dan kudus dari Tuhan bagi manusia berdosa yang telah menyelamatkannya.


Keywords


Anugerah, Iman, Perbutan dan Keselamtan.

Full Text:

PDF

References


Abineno, J. L. CH. “Tafsiran ALkitab Surat Efesus, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2003), 4.”

Anthony A. Hoekema.. “Diselamatakan Oleh Anuegarah, Save by Grace, (Surabaya: Momentum, 2006), 173.”

Ayub Rusmanto, Aji Suseno. “Konkritisasi Kepercayaan Keselamatan Kaum Baptis Dalam Kisah 4:12 Sebagai Landasan Misiologi Masa Kini.”

Bock, Roy B. Zuck dan Darrell L. “A Biblical Theology of the New Testament, Pen.Paulus Adiwijaya, (Malang: Gandum Mas, 2011 ), 308.”

Boland, G. C. van Niftrik dan B. J.. Dogmatika Masa Kini, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2008 )476.

Boland, G. C. Van Niftrik dan Dr. B. J.. “Dogmatika Masa Kini, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2001), 476.”

Browning, W. R. F. n.d. Kamus Alkitab, A Dictionary of the Bible, Panduan Dasar Ke Dalam Kitab-Kitab, Tema, Tempat, Tokoh, Dan Istilah Alkitabiah, Pen. Liem Khiem Yang Dan Bambang Subandrijo, (Malang: Gandu Mas, 2010 )150.

Daun, Paulus. n.d. Bidat Kristen Dari Masa Ke Masa, Seri Buku Apologetika, (Manado: Yayasan Daun Family, 2002), 105.

End, Th. van den. n.d. Harta Dalam Bejana, Sejarah Gereja Ringkas, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2009 ), 7.

End, Th. Van den. n.d. “Harta Dalam Bejana, Sejarah Gereja Ringkas, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2003), 154-155.”

Gingrich, William Farndt and F. Wilbur. Greek English Lexicon of the New Testament and Other Early Christian Literature, (Chicago: The University of Chicago Fress, 1960), 885.

Gingrich, William Farndt and F. Wilbur. Greek English Lexicon of the New Testament and Other Early Christian Literature, (Chicago: The University of Chicago Fress, 1960),307-308.

Hasan Susanto. “Perjanjian Baru Interlinear Yunani-Indonesia Dan Konkordansi Perjanjian Baru (PBIK), (Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 2003), 1030.”

J. Wesley Brill. Dasar Yang Teguh, (Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2003), 207.

Kamisa. “Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Dilengkapi: Ejaan Yang Disempurnakan Dan Kosa Kata Baru, (Surabaya: Kartika, 1997 ),239.”

Kuiper, B. K. The Church in History, Pen. Desy Sianipar, (Malang: Gandum Mas, 2010 ),168.

Lasut, Wahyu, Slamet Jariyanto, Sekolah Tinggi, and Teologi Iman. 2022. “Intensitas Pemberitaan Injil Berdasarkan Kajian Teologis 1 Korintus 9 : 19-23 Di Tengah-Tengah Zaman Digital.” 14(November):178–90.

McDowell, Josh McDowell dan Sean. The Unshakable Truth, Apologetika 5, Pen. Sunaryo, (Malang: Gandum Mas, 2016), 114.

Michael L. Brown. Pastikah Keselamatan Anda?, Kebangunan Rohani Yang Dasyat, (Jakarta: Yayasan Pekabaran Injil Immanuel, 2001), 20.

Naftalino, A. Predestinasi, Seri Bacaan Teologi Kontemporer, (Jakarta: Logos, 2007), 34.

Perbuatan. “Https://Jagokata.Com/Arti-Kata/Perbuatan.Html.”

Prince, Derek. Bertobat Dan Percaya, Seri 2, (Jakarta: Yayasan Pekabaran Injil Immanuel, 1995), 128.

Rusmanto, Ayub, and Yohanes Joko Saptono. 2022. “Teologi Paulus Tentang Pengharapan Hidup Kekal Dalam Surat Titus.” Jurnal EFATA: Jurnal Teologi Dan Pelayanan 9(1):33–43. doi: 10.47543/efata.v9i1.79.

Sodermo, R. Ikhtisar Dogmatika, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1989), 120.

Soedarmo, R. Kamus Istilah Teologi, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1996)11.

Stoot, John. Isu-Isu Global, Menantang Kepemimpinan Kristiani, Penilaian Atas Masalah Sosial Dan Moral Kontemporer,Pen. G.M.A Nainggolan, Peny. H.A Oppusunggu (Jakarta: Yayasan Bina Kasih Komunikasi/OMF), 35.

Stot, John R. W. Efesus, Seri Pemahaman Dan Penerapan Amanat Alkitab Masa Kini, (Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF, 2003), 17.

Stott, John. Why I Am A Christian, Mengapa Saya Seorang Kristen, Pen: Kelompok Peduli Literatur, (Bandung: CV Pionir Jaya, 2012 ),61.

Verkuyl. Aku Percaya, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1985), 101.”

Walvoord, John F. “Yesus Kristus Tuhan Kita, Pen. Cahya R, (Surabaya: YAKIN, t.t )142-143.”

William Farndt and F Wilbur Gingrich. Greek English Lexicon of the New Testament and Other Early Christian Literature, (Chicago: The University of Chicago Fress, 1960), 669.




DOI: https://doi.org/10.59177/veritas.v5i2.236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Kordin Sagala, Ayub Rusmanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

     

 

Alamat: Jln. Kyai Sono, No. 2, Kelurahan Genuk-Ungaran - Kabupaten Semarang, Prov. Jawa tengah

Publisher: Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara

Website: https://sttkn.ac.id/