Pengaruh Media Kolase terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini di Tk Karmel Kecamatan Tobelo
Abstract
This study aims to determine how much influence collage media has on early childhood fine motor development in Tk Carmel, Tobelo District. The population in the study was all class A students of Tk Karemel Tobelo sub-district as many as 35 students. Toobtain samples, in this study researchers used purposive sampling research techniques, the sampling technique in this studyconsisted of class A students in Tk Carmel, Tobelo District, North Halmahera Regency, totaling 35 people as samples of researchobjects in accordance with the determination of sampling methods using the Isac and Michael formulas with an error rate of 5%, thenumber of samples was 32 students. Furthermore, to collect data, a questionnaire instrument with Likert scale was used. The resultsobtained through outpus spss are R values of 0.714a. It can be stated that there is a strong correlation between variable X collage media and variable Y fine motor, for the value of R Square is 0.510, which means the influence of collage media on early childhoodfine motor development by 51%.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media kolase terhadap perkembangan motorik halus anak usia dini di Tk Karmel Kecamatan Tobelo. Populasi dalam penelitian adalah seluruh anak didik kelas A Tk Karemel kecamatan tobelo sebanyak 35 anak didik. Untuk memperoleh sampel, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik penelitian purposive sampling, teknik penentuan sampel dalam penelitian ini terdiri dari anak-anak didik kelas A di Tk Karmel Kecamatan Tobelo Kabupaten Halmahera Utara yang berjumlah 35 orang sebagai sampel objek penelitian sesuai dengan penentuan cara pengambilan sampel dengan menggunakan rumus Isac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5% maka jumlah sampelnya sebanyak 32 anak didik. Selanjutnya untuk mengumpulkan data digunakan instrument angket dengan skala likert. Adapun hasil yang diperoleh melaluli outpus spss yaitu nilai R sebesar 0,714a. dapat dinyatakan terdapat korelasi yang kuat antara variabel X media kolase dan variabel Y motorik halus, untuk nilai R Square adalah 0,510, yang berarti pengaruh dari media kolase terhadap perkembangan motorik halus anak usia dini sebesar 51%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, S. N., Mulyana, E. H., & Giyartini, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Kolase Untuk Memfasilitasi Pembelajaran Seni Rupa Anak Usia Dini. PAUD Agapedia, 5(1), 10–21.
Anita, Y. (2015). penilaian perkembangan belajar anak taman kanak-kanak. kencana.
Devi, F. P. (2014). Peningkatan Kreativitas Melalui Kegiatan Kolase Pada Anak Kelompok B2 Di Tk Aba Keringan Kecamatan Turi Kabupaten Sleman. Education Journal, 2(July), 1–100. http://elibrary.almaata.ac.id/1714/%0Ahttps://osf.io/yejcm/%0Ahttp://elibrary.almaata.ac.id%0Ahttps://bmjopen.bmj.com/lookup/doi/10.1136/bmjopen-2019-030624%0Ahttps://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/JPKMI/article/view/2758%0Ahttp://stikara.ac.id/jupermik
Dewi, L. A. P., Jampel, I. N., & Antara, P. A. (2020). Pengaruh teknik kolase terhadap kemampuan motorik halus. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(1), 45–52.
Diana, M. (2015). psikologi bermain anak usia dini. prenadamedia group.
Efendi, D. I. (2020). Penerapan Kegiatan Kolase Dengan Media Bahan Alam Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Keompok B Ra Islamiyah. GCEJ (Golden Childhood Education Journal), 1(1), 23–29.
Farida, M. (2022). seni rupa untuk anak usia dini. CV. Budi Utama.
fazira sintia, faulay indra musnar, & marleni lusi. (2018). Pegaruh Kolase Terhadap Motorik Anak Usia Dini. On Early Chilhood, 1(1), 60–71.
Insana, S. N., Ismail, W., Marjuni, M., & Agusriani, A. (2022). Pengaruh Kegiatan Kolase Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Jambura Early Childhood Education Journal, 4(2), 122–132.
Junihot, S. (2021). setiap anak bisa pintar. PBMR Andi.
Khadijah, & Amelia, N. (2020). perkembangan fisik motorik anak usia dini (pertama). kencana.
Maisyaroh, N. (2016). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok A Melalui Kegiatan Kolase di Raudhotul Athfal Miftahul Ulum Sukorejo Pasrujambe Kabupaten Lumajan Tahun Pelajaran 2015/2016. In Repository.Unej.Ac.Id.
Nabila, F., Rizky, D., & Ulwan, S. (2021). Pengaruh Kolase terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Nabila. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 1–7. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5315
Nicholson, S., & Zarkasi, M. S. (2007). Membuat kolase. Tiga Serangkai.
Primayana, K. H. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Berbantuan Media Kolase Pada Anak Usia Dini. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 4(1), 91–100.
Pujiono, A. (2021). Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen di Era Society 5.0. Skenoo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 78–89.
Pura, D. N., Asnawati, A., & others. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131–140.
rapisa ratih, D. (2019). program latihan koordinasi sensomotorik bagi anak usia dini dan anak berkebutuhan khusus. CV. Budi Utama.
Sapto, A., Supriyadi, & Ndaru, masgumelar kukuh. (2020). model-model exercise dan aktivitas fisik. wineka media.
Sofyan, S., Sukarman, Hasnawati., & muhaimin, muh. (2020). pengetahuan dasar seni rupa. badan penerbit UNM.
Sumardiah, F., & Fitri, R. (2016). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Pada Anak Usia 3Â4 Tahun Di Ppt Siaga Surabaya. PAUD Teratai, 06(01), 1–8.
Wahyuni, S., & Khotimah, N. (2014). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase dengan Media Bahan Alam Kelompok Bermain. PAUD Teratai.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Sugeng Santoso, Gita Sofiana Mucji, Elieser R Marampa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Kyai Sono, No. 2, Kelurahan Genuk-Ungaran - Kabupaten Semarang, Prov. Jawa tengah
Publisher: Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara
Website: https://sttkn.ac.id/