Urgensi Pendidikan Teologi Bagi Gembala Jemaat Dalam Menghadapi Era Postmodern

Fredrik Dandel, Yonathan Salmon Efrayim Ngesthi

Abstract


Di era postmodern saat ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi sangat pesat. Tidak sedikit orang yang meskipun tidak menempuh pendidikan secara formal dalam bidang ilmu tertentu, menjadi cakap dalam menyampaikan, mendiskusikan bahkan mengajarkan hal tersebut kepada orang lain. Dalam bidang ilmu teologi, masyarakat awam menjadi paham tentang seluk beluk dunia teologi. Disatu sisi ancaman serius terhadap eksistensi iman Kristen melalui berbagai pengajaran yang menyesatkan menjadi sesuatu yang penting untuk disikapi. Hal tersebut menuntut keberadaan seorang gembala jemaat yang mampu memberi makanan rohani yang sehat dan berkualitas bagi semua anggota jemaat. Pendidikan teologi tidak dapat ditampik merupakan sesuatu yang sangat urgen dibutuhkan. Artikel ini membahas tentang urgensi pendidikan teologi yang berkontribusi dalam peningkatan kualitas pelayanan yang dilakukan oleh gembala jemaat selaku pemimpin rohani dalam menjawab tantangan era postmodern. Melalui kajian deskriptif dengan metode kepustakaan, disimpulkan : Era postmodern menuntut kualifikasi pendidikan teologi yang mumpuni dari seorang gembala jemaat, sehingga ia dapat menyesuaikan dengan keberadaan atau kebutuhan jemaat yang digembalakan; Manfaat penting pendidikan teologi dari seorang gembala jemaat memungkinkan ia dapat mengimbangi atau melebihi pengetahuan dari anggota jemaat yang digembalakan sehingga mengurangi kesenjangan yang terjadi dalam pelayanan, serta mampu memberi penguatan iman bagi jemaat yang dia gembalakan terutama dalam menghadapi ancaman pengajaran sesat; Pendidikan teologi yang diperoleh melalui pembelajaran secara formal akan menjadi lebih efektif ketika kita dengan penuh kerendahan hati berserah diri dalam tuntunan dan pengurapan kuasa Roh Kudus.


Keywords


: era postmodern, pendidikan teologi, gembala jemaat.

Full Text:

PDF

References


Abraham, Rubin Adi, and Togi Simanjuntak. Komunitas Sel Berbasis Amanat Agung. Jakarta: PT. Promulti Niaga, 2022.

Arifianto, Yonatan Alex, and Asih Rachmani Endang Sumiwi. “Peran Roh Kudus Dalam Menuntun Orang Percaya Kepada Seluruh Kebenaran Berdasarkan Yohanes 16:13.” DIEGESIS: Jurnal Teologi Kharismatika 3, no. 1 (2020): 1–12. https://doi.org/10.53547/diegesis.v3i1.56.

Aritonang, Jan S. Teologi Teologi Kontemporer. Edited by Rika Uli Napitupulu Simorangkir. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia, 2022.

Dawa, Markus Dominggus Lere. “Gembala Cendikiawan : Sebuah Gambaran Tentang Gembala Jemaat.” Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan 10, no. Desember (2020): 83–105.

Efferin, Henry. “Perubahan Dari Gereja Masa Lampau Menjadi Gereja Masa Depan Tanpa Menimbulkan Perpecahan.” Jurnal Amanat Agung 7, no. 1 (2011).

El, Luhut, Roy Manalu, Mitra Binariang Lase, Agiana Her, and Visnhu Ditakristi. “Peranan Pendidikan Teologia Bagi Seorang Gembala Jemaat.” Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen Real Didache 4, no. 1 (2019): 78–87.

Endang, Rachmani Asih Sumiwi. “Peran Roh Kudus Dalam Kehidupan Orang Percaya Masa Kini.” Jurnal Teologi Gracia Deo 1, no. 1 (2018): 23–31.

HarianSIB.Com, Redaksi. “Ps Ferry Sumuruk Dari GBI Miracle Service CK5 Medan Pukau Publik Youthyakarta Independence Festival.” HarianSIB.Com, 2023.

Harita, Novi Saria. “Pentingnya Pemuridan Bagi Pertumbuhan Gereja Pada Masa Kini.” OSF Preprints 2 (2020): 18–20. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=c-tAVGsAAAAJ&citation_for_view=c-tAVGsAAAAJ:u-x6o8ySG0sC.

Howard F. Sugden, Warren W. Wiersbe. Jawaban Atas Masalah Penggembalaan. Edited by Sumarah Tumakaka. Pertama. Malang: Gandum Mas, 2009.

I Putu Ayub Darmawan. “Pendidikan Kisten Di Era Postmodern.” STT Simpson Ungaran, no. Setiawan (2023): 37–45.

Indonesia, Badan Pengurus Pusat Gereja Bethel. Tata Gereja; Gereja Bethel Indonesia. 2021st ed. Jakarta: BPP GBI, 2022.

J.F. Sagala, Lenda Dabora, Kiki Priskila, Aprianty Susanty, and Julia Kristina. “Profesionalitas Guru Agama Kristen Berdasarkan Surat 1 Timotius.” Didache: Journal of Christian Education 1, no. 1 (2020): 25. https://doi.org/10.46445/djce.v1i1.292.

Jani. “Tantangan Dan Usulan Bagaimana Khotbah Di Era Postmodern.” Pistis STII Yogyakarta, 2018. https://www.academia.edu/39145986/Tantangan Dan Usulan Bagaimana Khotbah Di Era Postmodern.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (Permendikbud Nomor 49 Tahun 2014),” 2018, 10–27.

Margaretha Sonya; Suhadi; Yonathan Alex Arifianto. “Manajemen Gereja Dan Kepemimpinan Gembala Pasca Pandemi.” Ritornera Jurnal Pentakosta Indonesia 2, no. 3 (2022): 11–26.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. “Salinan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi,” 2020.

Mubarok, Adam. “Menyikapi Kegaduhan Agama Di Media Sosial.” Detik News, December 8, 2017. https://news.detik.com/opini/d-3760793/menyikapi-kegaduhan-agama-di-media-sosial.

Prasetyo, Widi, and Daniel Ari Wibowo. “Profil Hamba Tuhan Sejati & Hubungannya Dengan Efektivitas Para Pelayan Tuhan Di GSJPDI ‘Adityawarman’ Surabaya.” Journal KERUSSO 5, no. 1 (2020): 47–56. https://doi.org/10.33856/kerusso.v5i1.124.

Purnomo, Albertus. “Pendidikan Sebagai Cara Hidup : Bercermin Dari Rabi Yesus Dari Nazareth,” n.d., 36–38.

Rimun, Robinson. “Latar Belakang Hidup Dan Pendidikan Rabinik Paulus Dalam Kaitannya Dengan Perjumpaannya Dengan Kristus.” PASCA : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 15, no. 2 (2019): 1–8. https://doi.org/10.46494/psc.v15i2.60.

Siburian, Hendro Hariyanto. “Pentingnya Belajar Dalam Perjanjian Lama,” 2020. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/3jhbm.

Simanjunak, Ferry, Yosep Belay, and Joko Prihanto. “Tantangan Postmodernisme Bagi Wacana Teologi Kristen Kontemporer.” KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi 8, no. 1 (2022): 76–98. https://doi.org/10.37196/kenosis.v8i1.348.

Sinambela, Juita Lusiana, and Janes Sinaga Beni Purba. “Mengenal 12 Murid Yesus Dalam Kepribadian Dan Pelayanannya.” Logos, 2023, 49–67.

Sitompul, Baginda, Afriani Manalu, Grace Metaria Sihombing, and Dasriana Ziraluo. “Implementasi Pendidikan Agama Kristen (PAK) Masa Yesus Di Sekolah.” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 4, no. 1 (2023): 747–54.

Situmorang, Jonar. Strategi Misi Paulus. Yogyakarta: ANDI OFFSET, 2020.

Spektrum, Redaksi. “Dinilai Sebarkan Ajaran Sesat, Puluhan STT Desak Pdt, Erastus Sabdono Mundur Sebagai Ketum BMPTKKI.” Majalah Spektrum, 2023. https://majalahspektrum.com/2023/07/24/dinilai-menyebarkan-ajaran-sesat-puluhan-stt-desak-pdt-erastus-sabdono-mundur-sebagai-ketum-bmptkki/.

Sulu, Phill M. Gembal Di Mata Jemaat. Malang: Gandum Mas, 2014.

Vanesa. “Hasil Rapat Umum Anggota Tahunan BMPTKKI Tetapkan Pdt.Dr. Erastus Sabdono Diberhentikan Sebagai Ketua Umum.” Nawacita Post, 2023. https://www.nawacitapost.com/nasional/2799090/hasil-rapat-umum-anggota-tahunan-bmptkki-tetapkan-pdtdr-erastus-sabdono-diberhentikan-sebagai-ketua-umum.

Yusmaliani. “Postmodernisasi Dan Pengaruhnya Bagi Iman Kristen.” Arrabona 4, no. 1 (2021): 90–123.




DOI: https://doi.org/10.59177/veritas.v6i1.259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fredrik Dandel, Yonatan Alex Arifianto, Yonathan Salmon Efrayim Ngesthi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

     

 

Alamat: Jln. Kyai Sono, No. 2, Kelurahan Genuk-Ungaran - Kabupaten Semarang, Prov. Jawa tengah

Publisher: Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara

Website: https://sttkn.ac.id/