Pengembangan Kompetensi Sosial Guru Dalam Pelaksanaan Pembalajaran

Jutela Jutela, Reni Triposa, Yonatan alex Arifianto

Abstract


Developing teacher competency is the ability that teachers have in carrying out learning and delivering material to students so that students can understand all existing learning, become professional teachers who have the ability to teach, have lots of ideas and are creative when in class, using a way of delivering material. It is good for a teacher to develop competence to become a professional teacher in his field. The author used a descriptive qualitative method with a literature study approach in this study. The description in this study concludes the development of teachers' social competence in the process of implementing learning. This is done to develop teachers' social competence in the learning process so that they can be more effective in delivering material to students.

Abstrak

Pengembangan kompetensi guru merupakan kemampuan yang dimiliki guru dalam melaksanakan pembelajaran dan penyampaian materi kepada siswa sehingga siswa dapat memahami setiap pembelajaran yang ada, menjadi guru yang profesional mempunyai kemampuan dalam mengajar, memiliki banyak ide-ide dan kreatif ketika didalam kelas, dengan cara penyampaian yang materi yang baik perlunya seorang guru dalam mengembangkan kompetensi untuk menjadi guru yang profesional dalam bidangnya. Penulis menggunakan metode kualitatif deskritif dengan pendekatan studi pustaka dalam kajian ini. uraian dalam kajian ini menyimpulkan pengembangan kompetensi sosial guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan kompetensi sosial guru terhadapat proses pelaksanaan pembelajaran agar dapat lebih efektif dalam menyampaikan materi kepada siswa.


Keywords


Development of teacher social competence, implementation of learning

Full Text:

PDF

References


Abdul Rojak, Irwan Fathurrochman, Dina Hajja Ristianti. 1018. “Anallisis Pelaksanaan Bimbingan Belajar Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar.” JOEDAI (Jurnal Of Education And Instrucation) 1(1):15.

Affandi, Azhar. 2018. Manajemen SDM Strategik. Banten: Bintang Visitama Publisher.

Agata, Bulanda, Yonatan Alex Arifianto, and Dina Kristiani. 2022. “Kode Etik Dan Kompetensi Sosial Guru Terhadap Sikap Dan Nilai Kerukunan Membangun Bangsa.” EPIGNOSIS: Jurnal Pendidikan Kristiani Dan Teologi 1(2):64–75. doi: 10.58232/epignosis.v1i2.17.

Amalia’, Maria Ulva’ dan Rizky. 2020. “Proses Pembellajaran Matematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) Di Sekolah Inklusif.” Journal on Teacher Education 1(2).

Amita Prissila, M, Th, Dkk. 2023. ANTOLOGI: Didaktik Teologi Pratika Di Era Disrupsi. sumatera utara: anggota IKAPI.

Arifianto, Yonatan Alex. 2021. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Etis-Teologi Mengatasi Dekadensi Moral Di Tengah Era Disrupsi.” Regulafidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6(1):45–59. doi: 10.46307/RFIDEI.V6I1.84.

Buchari, Agustini. 2018. “Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran.” Jurnal Ilmah Iqara’ 2(2):108.

Dr (c). Irjus Indrawan, S.Pd.I., M. Pd. dkk. 2019. Guru Sebagai Agen Perubahan. klaten jateng: Anggota IKAPI.

Gule, Y. 2022. Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus Tinjauan Melalui Kompetensi Sosial Dan Keteladanan Guru). jawa barat: Anggota IKAPI.

Juang Sunanto, Hidayat. 2016. “Desain Pembeljaran Anak Bekebutuhan Khusus Dalam Kelas Inklusi.” Jassi_Anakku 17(1):47.

Khairun Nisa, Sambira Mambela, dan Lutfi Badiah. 2018. “Karakteristik Kebutuhan Anak Nrekebutuhan Khusus.” Abadimas Adi Buana 02(1):39.

Ningsih, Rinja Efendi &. Asih Ria. 2020. Pendidikan Karakter Di Sekolah. Pasuruan, Jawa Timur: CV Qiara Media.

Pianta, Didi. 218AD. Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja, Kepemimpinan Kepala Madrasah. Sukabumi: Jejak.

Setiyowati, Ester Putri, and Yonatan Alex Arifianto. 2020. “Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1(2):78–95.

Sukadji, Soetarlinah. 1989. Kesulitan Belajar. Kumpulan Naskah Kuliah. Depok: Psikologi Pendidikan Unversitas Indonesia.

Sya’Bani, Mohammad Ahyan Yusuf. 2018. PROFESI KEGURUAN Menjadi Guru Yang Religius Dan Bermartabat. Kulon Gresik : Caremedia Communication.

Tirtayani, Luh Ayu. 2017. “Upaya Pendampingan Anaka Kebutuhan Khusus Pada Lembaga-Lembaga Paud D Singaraja Bali.” Universitas Pendidikan Genesha 12(2).

Umrati, and Hengki Wijaya. 2020. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sulawesi Selatan: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Usman, M. 1999. Menjadi Guru Profesional. bandung: Remja Rosda.

Zein, Muh. 2016. “Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran.” Dosen Institut Agama Islam Negeri Ternate 5(2):277.




DOI: https://doi.org/10.59177/veritas.v6i1.267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jutela Jutela, Reni Triposa, Yonatan alex Arifianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

     

 

Alamat: Jln. Kyai Sono, No. 2, Kelurahan Genuk-Ungaran - Kabupaten Semarang, Prov. Jawa tengah

Publisher: Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara

Website: https://sttkn.ac.id/