Dampak Game Online terhadap Kecerdasan Spiritual Anak Pelajar Kristen: Perspektif Pendidikan Kristen Kontemporer

Siswanto Siswanto, Yonatan Alex Arifianto, Nining Indriana

Abstract


Dalam era digital, secara khusus game online telah menjadi bagian integral dari kehidupan generasi dewasa ini, termasuk anak pelajar Kristen. Penggunaan game online ini memunculkan perhatian mengenai dampaknya terhadap kecerdasan spiritual anak. Penelitian ini didasarkan pada kebutuhan untuk mengkaji bagaimana game online memengaruhi pembentukan karakter, nilai moral, dan perkembangan kecerdasan spiritual peserta didik Kristen. Pendidikan Kristen, yang menekankan pembentukan iman dan moralitas, menghadapi tantangan dalam mengintegrasikan teknologi digital secara positif. Oleh karena itu, penting untuk memahami sejauh mana game online dapat berperan dalam mendukung atau menghambat perkembangan kecerdasan spiritual dalam pendidikan agama. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dampak positif dan negatif dari game online terhadap kecerdasan spiritual anak pelajar Kristen, serta untuk memberikan wawasan tentang bagaimana game online dapat diintegrasikan dalam konteks pendidikan Kristen kontemporer. Menggunakan metode  kualitatif deskritif dengan pendekatan sstudi literature dengan menganalisis literatur dan sumber-sumber ilmiah yang relevan mengenai pengaruh game online terhadap perkembangan moral dan spiritual anak dalam konteks pendidikan Kristen. Maka didapat kesimpulannya, kekristenan harus dapat memahami bahwa peran Kecerdasan Spritual dalam diri Anak didik Kristen perlu diperhatikan dan ternyata ada pengaruh game online terhadap kecerdasan spiritual anak pelajar kristen. selanjutnya kekristenan berani memberikan implikasi kedalam pendidikan Kristen kontemporer dalam menghadapi penggunaan game online. Oleh karena itu, pendidikan Kristen perlu lebih adaptif dalam memanfaatkan teknologi digital, dengan tetap menjaga nilai-nilai iman yang fundamental dalam pembentukan karakter dan kecerdasan spiritual anak.

Keywords


Game Online, Kecerdasan Spiritual, Pelajar Kristen, Pendidikan Kristen, Kontemporer

Full Text:

PDF

References


Aminullah, Muhammad, and Marzuki Ali. “Konsep Pengembangan Diri Dalam Menghadapi Perkembangan Teknologi Komunikasi Era 4.0.” Komunike 12, no. 1 (2020): 1–23. https://doi.org/10.20414/jurkom.v12i1.2243.

Anjaya, Carolina Etnasari, Yonatan Alex Arifianto, and Andreas Fernando. “Kecerdasan Spiritual Sebagai Dasar Terbentuknya Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen.” REDOMINATE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 3, no. 1 (2021): 58. https://doi.org/10.59947/redominate.v3i1.20.

Arifianto, Yonatan Alex. “Pentingnya Pendidikan Kristen Dalam Membangun Kerohanian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020): 94–106. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/52.

Aritonang, Titin, Novalina Manik, and Yenti Tamba. “Bimbingan Konseling Dalam Gereja Untuk Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak Remaja.” Educatum: Jurnal Dunia Pendidikan 1, no. 1 (2023): 27–38.

Badiah, Zahrotul. “Peranan Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Dan Spiritual (ESQ) Anak Dalam Perspektif Islam.” MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 2016. https://doi.org/10.18326/mdr.v8i2.229-254.

Basuki, Kasih Haryo. “Pengaruh Kecerdasan Spiritual Dan Motivasi.” Jurnal Formatif, 2015.

Endrik Endrik, and Muhammad Hanif. “Dampak Game Online Terhadap Perilaku Sosial Pemuda Desa Air Dingin Kabupaten Rejang Lebong.” CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 2022. https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i4.515.

Erida Fadila, Syarief Noer Robbiyanto, and Yani Tri Handayani. “Pengaruh Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Remaja.” Jurnal Ilmiah Kedokteran Dan Kesehatan 1, no. 2 (2022): 17–31. https://doi.org/10.55606/klinik.v1i2.531.

Habi, Sahrul, Candra Darmawan, and Emi Puspita Dewi. “Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Pengguna Game Online Kota Palembang.” Social Science and Contemporary Issues Journal 1, no. 2 (2023): 289–302.

Hapiyansyah, Mohammad. “Dampak Negatif Permainan Game Online Terhadap Remaja.” Prosiding SAINTEK: Sains Dan Teknologi, 2023.

Hasan, Andriyanto, Abdul Rahmat, and Yakob Napu. “Dampak Game Online Mobile Legends Terhadap Perilaku Sosial Remaja.” Student Journal of Community Education, 2021. https://doi.org/10.37411/sjce.v1i1.830.

Hutabarat, Jansen. “Increasing Spiritual Intelligence as an Effort to Fortify the Younger Generation from the Depravity of the Times.” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 4, no. 2 (2023): 1139–44. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.405.

Ismi, Nurul, and Akmal Akmal. “Dampak Game Online Terhadap Perilaku Siswa Di Lingkungan SMA Negeri 1 Bayang.” Journal of Civic Education, 2020. https://doi.org/10.24036/jce.v3i1.304.

karo, Selamat Karo –. “Christian Education as an Effort to Build a Generation with Integrity.” Asian Journal of Engineering, Social and Health 3, no. 7 (2024): 1638–47. https://doi.org/10.46799/ajesh.v3i7.401.

Leiwakabessy, Tabita, and Daniel Pesah Purwonugroho. “Kecerdasan Spiritual Dalam Konteks Pengajaran Kristen: Memahami Efek Pencerahan Rohani Melalui Narasi Efesus 1: 17-18.” MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen 3, no. 1 (2024): 1–12.

Mau, Marthen, Saenom Saenom, and Ferdiana Fransiska. “Peranan Membaca Alkitab Terhadap Kecerdasan Spiritual Anak Kristen.” CARAKA: Jurnal Teologi Biblika Dan Praktika 2, no. 1 (2021): 91–107.

Mertika, Mertika, and Dewi Mariana. “Fenomena Game Online Di Kalangan Anak Sekolah Dasar.” Journal of Educational Review and Research, 2020. https://doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2154.

Mutak, Alfius Areng. “Disiplin Rohani Sebagai Praktek Ibadah Pribadi.” SOLA GRATIA: Jurnal Teologi Biblika Dan Praktika 4, no. 1 (2020). https://doi.org/10.47596/solagratia.v4i1.45.

Nuriyah, Zidah Chotamy, Atika Anggraini, Yulianti Yusal, Ibrahim Bin Sa’id, Aziza Anggi Maiyanti, and Ratna Wahyu Wulandari. “Digital Technology Development in the Form of YouTube Videos as Science Learning Media in Ecosystem Material on Learning Motivation.” Indonesian Journal of Multidisciplinary Educational Research 1, no. 1 (2023): 14–28. https://doi.org/10.30762/ijomer.v1i1.900.

Nursyifa, Firda Intan, Efri Widianti, and Yusshy Kurnia Herliani. “Gangguan Tidur Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Padjajaran Yang Mengalami Kecanduan Game Online.” Jurnal Keperawatan, 2020.

Pariama, Leonardo Stevy, Junus Paulus Patty, Selly Sipakoly, and Jacomia Vonny Litamahaputty. “Christian Ethics Education as a Solution for the Problem of Online Gambling and Online Loans in Christian Societies,” 2024. https://doi.org/10.56442/ieti.v2i2.914.

Prasetyo, Aji, Wawan Shokib Rondli, and Diana Ermawati. “Dampak Permainan Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA, 2023. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4733.

Rahyuni, Rahyuni, Muhammad Yunus, and Sundari Hamid. “Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa SD Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo.” Bosowa Journal of Education, 2021. https://doi.org/10.35965/bje.v1i2.657.

Sanjaya, Karun and Chandra, and Jimmy Rushil and Jose. “The Digital Gaming Revolution: An Analysis of Current Trends, Issues, and Future Prospects.” Russian Law Journal 11, no. 1 (2023): 18–29. https://doi.org/10.52783/rlj.v11i1.288.

Setiawan, Daryanto. “Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Budaya.” JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study 4, no. 1 (2018): 62–72.

Sitorus, Yohannes Ali Sandro. “Gereja Taman Dan Game Online: Tanggung Jawab Gereja Dalam Pembinaan Spiritualitas Jemaat Di Tengah Perkembangan Permainan Mobile Legends Bang-Bang.” Diegesis : Jurnal Teologi 8, no. 1 (2023): 16–36. https://doi.org/10.46933/dgs.vol8i116-36.

Umrati and Hengky Wijaya. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sulawesi Selatan: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2020.

Utami, Ni Putu Risma Pramesti, Aretha Odelia, Evangelisca Trisna Herlin Adinda, Audrey Sharleen Valeska, Yohanes Priadi Wibisono, and Clara Hetty Primasari. “Sosialisasi Dampak Game Online Terhadap Anak-Anak.” Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 2020. https://doi.org/10.33292/mayadani.v1i2.12.

Utami, Tantri Widyarti, and Hodikoh Atik. “Kecanduan Game Online Berhubungan Dengan Penyesuaian Sosial Pada Remaja.” Jurnal Keperawatan, 2020.

Wiseman, Harris, and Fraser Watts. “Spiritual Intelligence: Participating with Heart, Mind, and Body.” Zygon 57, no. 3 (2022): 710–18. https://doi.org/10.1111/zygo.12804.

Yuni Wulandari, Ike, Narwikant Indroasyoko, Rahmi Mudia Alti, Yoana Nurul Asri, and Rahmad Hidayat. “Pengenalan Sistem Deteksi Objek Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Pemrograman Python.” Remik, 2022. https://doi.org/10.33395/remik.v6i4.11772.

Zendrato, Yusufroni, and Hendrikus Otniel Nasozaro Harefa. “Dampak Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa.” Educativo: Jurnal Pendidikan, 2020. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.21.




DOI: https://doi.org/10.59177/veritas.v7i1.346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Siswanto Siswanto, Yonatan Alex Arifianto, Nining Indriana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

     

 

Alamat: Jln. Kyai Sono, No. 2, Kelurahan Genuk-Ungaran - Kabupaten Semarang, Prov. Jawa tengah

Publisher: Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara

Website: https://sttkn.ac.id/