Peran Konseling Grup Berdasarkan 2 Timotius 3:16 dalam Mengembangkan Potensi Kepemimpinan Generasi Z

Emilia Kartika, Rikardo P Sianipar, Selviawati Selviawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran konseling grup berbasis prinsip-prinsip Alkitab, khususnya 2 Timotius 3:16, dalam mengembangkan potensi kepemimpinan Generasi Z di gereja lokal. Generasi Z, yang memiliki karakteristik adaptif terhadap teknologi dan nilai inklusivitas, sering menghadapi tantangan dalam menemukan peran kepemimpinan yang relevan dalam pelayanan gereja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan, yang melibatkan kajian teologis terhadap teks 2 Timotius 3:16, analisis karakteristik Generasi Z, dan sintesis antara prinsip konseling grup dengan nilai-nilai Alkitabiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip pengajaran, teguran, perbaikan, dan pendidikan dalam kebenaran yang terkandung dalam 2 Timotius 3:16 dapat diterapkan secara efektif dalam konseling grup untuk membentuk karakter kepemimpinan Generasi Z. Konseling grup ini menciptakan ruang kolaboratif yang mendukung transformasi spiritual, keterampilan interpersonal, dan dinamika kelompok. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan ini relevan untuk gereja lokal dalam mempersiapkan generasi pemimpin Kristen yang berintegritas. Disarankan untuk mengembangkan modul konseling grup berbasis Alkitab dan mengeksplorasi penerapannya di berbagai konteks gereja, termasuk integrasi teknologi digital untuk memperluas jangkauan dan efektivitas pendekatan ini.


Keywords


Konseling Grup; 2 Timotius 3:16; Generasi Z; Kepemimpinan; Ibadah Remaja

Full Text:

PDF

References


Anouw, Y. (2022). Kebenaran Alkitab Mendewasakan Umat Allah Menurut II Timotius 3:14-16. Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, dan Pendidikan, 6(1), 99–116. https://doi.org/10.51730/ed.v6i1.96

Armstrong, D. E. (2022). Stewarding Online Space in Making Disciples of Gen-Z. Vanguard Journal of Theology and Ministry, 1(1), 6–15.

Barna. (2022). The Open Generation (Vol. 01). Barna Group.

Baskoro, P. K. (2024). Nilai-nilai Internalisasi Pendidikan Kristen Menurut 2 Timotius 3:16: Implikasi Logis bagi Gereja Masa Kini di Era Disrupsi. Jurnal Teologi Berita Hidup, 7(1), 112–129.

Corey, G. (2012). Theory and Practice of Group Counseling (8th ed.). Brooks/Cole. https://doi.org/10.4324/9781315866994-16

Crozier, N. L. (2023). A Correlational Study of Transformational Learning Tactics and Transformational Leadership Practices in Evangelical Pastors. Liberty University.

Daniel-Rops. (2021). Saint Paul Apostle of Nations. Fides Publishers Association.

DeVito, J. A. (2016). The Interpersonal Communication Book (14th ed.). Pearson.

Gladding, S. T. (2014). Groups A Counselling Speciality. In Sustainability (Switzerland) (6th ed., Vol. 11, Nomor 1). Pearson.

Greenleaf, R. K. (1998). The Power of Servant Leadership. Berrett-Koehler Publishers Inc.

Group, B., & Institute, I. 360. (2018). Gen Z: The Culture, Beliefs and Motivations Shaping the Next Generation. Barna Group.

Gultom, J. M. P. (2022). Strategi Pengembangan Karunia Melayani dan Memimpin dalam Gereja Lokal Pada Generasi Z di Era Digital. Vox Dei: Jurnal Teologi dan Pastoral, 3(2), 224–243.

Gultom, J. M. P., Novalina, M., & Prasetya, D. S. B. (2022). Kepemimpinan Pelayan dalam Membangun Lifestyle Spiritual Generasi Digital. EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani, 6(1), 33–50.

Halim, T. N., Widiutomo, N., Martha, J., Manik, T., Nagoya, R., & Simanjuntak, M. R. A. (2024). Strategi Multiplikasi Kepemimpinan Transformasional untuk Menjangkau Generasi Z pada Era Disrupsi Digital Pasca Covid-19 di Indonesia. COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 173–185. https://doi.org/10.59141/comserva.v4i1.1338

Jatmiko, B., Mtukwa, G., & Kawengian, S. E. E. (2024). Embracing Psychology for Theology: The Role of Developmental Theories in Christian Spiritual Formation. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat, 8(1), 49–63. https://doi.org/10.46445/ejti.v8i1.713

Kinnaman, D., & Lyons, G. (2016). Good Faith: Being a Christian When Society Thinks You’re Irrelevant and Extreme. Baker Books.

Kristyowati, Y. (2021). Generasi ‘Z’ dan Strategi Melayaninya. Ambassador: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 2(1), 23–34.

Manurung, K. (2022). Mencermati Penggunaan Metode Kualitatif di Lingkungan Sekolah Tinggi Teologi. FILADELFIA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 3(1), 285–300.

Marxsen, W. (2023). Pengantar Perjanjian Baru: pendekatan kritis terhadap masalah-masalahnya. Gunung Mulia.

Nanulaitta, T. (2021). Tubuh Kristus sebagai Gereja dalam Perspektif Paulus. Prosiding Seminar Nasional STT Sumatera Utara, 1(1), 218–230.

Ningsih, W., Sutiawan, I., Mukhlishin, H., Kurdi, M. S., Sari, W. A. S., Wulandari, S., Wiliyanti, V., Rahayu, Jazuli, S., Murdani, E., Al Ghozali, M. I., Qurdi, M. S., Nurhayati, S., & Tambunan, E. (2023). Pendidikan Karakter (A. W. Hidayat (ed.)). Wiyata Bestari Samasta.

Nome, N., Zamasi, S., Sarumpaet, S., & Simanjuntak, L. Z. (2023). Edukasi dan Upaya Konseling Kristen bagi Remaja. Journal on Education, 5(3), 9529–9544.

Osborne, G. R. (2006). The Hermeneutical Spiral: A Comprehensive Introduction to Biblical Interpretation. InterVarsity Press.

Panjaitan, E. O., Simbolon, B., & Kogilambal. (2021). Pengaruh Konseling terhadap Pembentukan Karakter Remaja Kristen di Kos Jaya Hang Tuah, Medan. HAGGADAH: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 2(2), 111–119.

Pranasoma, R. R., Natalin, C., Salendur, J. H. H., & Setiawan, D. E. (2021). Signifikansi Konseling Pastoral Sebagai Upaya Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Generasi Z Kristen: Pembinaan Warga Gereja. ILLUMINATE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 4(1), 61–69.

Seemiller, C., & Grace, M. (2016). Generation Z Goes to College. Jossey-Bass.

Stott, J. (2021). The Message of 2 Timothy. InterVarsity Press.

Twenge, J. M. (2017). iGen: Why Today’s Super-Connected Kids Are Growing Up Less Rebellious, More Tolerant, Less Happy--and Completely Unprepared for Adulthood--and What That Means for the Rest of Us. Atria Books.

Zalukhu, R. (2023). Studi 2 Timotius 3:16-17: Memahami Manfaat Kitab Suci dengan Benar. YADA - Jurnal Teologi Biblika & Reformasi, 1(1), 1–15.




DOI: https://doi.org/10.59177/veritas.v7i1.357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Emilia Kartika, Rikardo P Sianipar, Selviawati Selviawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

     

 

Alamat: Jln. Kyai Sono, No. 2, Kelurahan Genuk-Ungaran - Kabupaten Semarang, Prov. Jawa tengah

Publisher: Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara

Website: https://sttkn.ac.id/