Meneropong Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Model Perilaku Peserta Didik

Rinto Hasiholan Hutapea

Abstract


This paper aims to examine one of the competencies that must be prossessed by a teacher. These competencies are personality competencies. The author will review the personality competencies of a Christian Education teacher as a model of behavior emulated  by students. The discussion in this paper covers the theoretical description of teacher personality competencies and their relationship as models of student behavior. The findings and analysis of the authors state that personality competencies possessed by a Christian Education teacher can determine the model of behavior emulated by a student at school.

 

Tulisan ini bertujuan untuk menelaah salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Kompetensi tersebut adalah kompetensi kepribadian. Penulis akan mengulas kompetensi kepribadian seorang guru Pendidikan Agama Kristen sebagai model perilaku yang diteladani peserta didik. Pembahasan dalam tulisan ini mencakup uraian teoritis tentang kompetensi kepribadian guru dan kaitannya sebagai model perilaku peserta didik. Hasil temuan dan analisa penulis menyatakan bahwa kompetensi kepribadian yang dimiliki orang seorang guru Pendidikan Agama Kristen dapat menentukan model perilaku yang diteladani oleh seorang peserta didik di sekolah.


Keywords


kompetensi kepribadian; guru; perilaku peserta didik; personality competencies; teacher; behavior of students

Full Text:

PDF

References


Dwintri, Julita Widya. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7 (2), 51-57.

https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/pkn/article/download/4271/3826

Huda, Mualimul. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Korelasi pada Mata Pelajaran PAI). Jurnal Penelitian, 11 (2), 237-266.

http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/jurnalPenelitian/article/download/3170/pdf.

Mantra. (2008). Filsafat Penelitian dan Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nuhamara, Daniel. (2009). Pembimbing Pendidikan Agama Kristen. Bandung: Jurnal Info Media.

Nuhamara, Daniel. (2018). Pengutamaan Dimensi Karakter Dalam Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Jaffray, 16 (1), 93-115.

https://ojs.sttjaffray.ac.id/index.php/JJV71/article/view/278

Purwanti. (2013). Guru dan Kompetensi Kepribadian. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10 (1), 1074-1088. http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v10i1.2066

Sidjabat, Binsen S. (2019). Penguatan Guru PAK untuk Pendidikan Karakter: Melihat Kontribusi SERI SELAMAT. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat, 3 (1), 30-48.

https://journal.sttsimpson.ac.id/index.php/EJTI/article/view/121/pdf

Suyanto dan Asep Jihad. (2013). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Erlangga.

Undang-Undang Guru dan Dosen. (2006). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Usman, Moh. Uzer. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wandi, Agus. (2017). Urgensi Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Upaya Pengembangan Moral Peserta Didik di SDN 6 Kalosi Kecamatan Duapitue Kabupaten Sidrap. Diambil dari

http://repositori.uin-alauddin.ac.id/2190/1/AGUS%20WANDI.pdf




DOI: https://doi.org/10.59177/veritas.v1i2.44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rinto Hasiholan Hutapea

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

     

 

Alamat: Jln. Kyai Sono, No. 2, Kelurahan Genuk-Ungaran - Kabupaten Semarang, Prov. Jawa tengah

Publisher: Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara

Website: https://sttkn.ac.id/