Meneropong Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Model Perilaku Peserta Didik
Abstract
This paper aims to examine one of the competencies that must be prossessed by a teacher. These competencies are personality competencies. The author will review the personality competencies of a Christian Education teacher as a model of behavior emulated by students. The discussion in this paper covers the theoretical description of teacher personality competencies and their relationship as models of student behavior. The findings and analysis of the authors state that personality competencies possessed by a Christian Education teacher can determine the model of behavior emulated by a student at school.
Tulisan ini bertujuan untuk menelaah salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Kompetensi tersebut adalah kompetensi kepribadian. Penulis akan mengulas kompetensi kepribadian seorang guru Pendidikan Agama Kristen sebagai model perilaku yang diteladani peserta didik. Pembahasan dalam tulisan ini mencakup uraian teoritis tentang kompetensi kepribadian guru dan kaitannya sebagai model perilaku peserta didik. Hasil temuan dan analisa penulis menyatakan bahwa kompetensi kepribadian yang dimiliki orang seorang guru Pendidikan Agama Kristen dapat menentukan model perilaku yang diteladani oleh seorang peserta didik di sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dwintri, Julita Widya. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7 (2), 51-57.
https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/pkn/article/download/4271/3826
Huda, Mualimul. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Korelasi pada Mata Pelajaran PAI). Jurnal Penelitian, 11 (2), 237-266.
http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/jurnalPenelitian/article/download/3170/pdf.
Mantra. (2008). Filsafat Penelitian dan Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nuhamara, Daniel. (2009). Pembimbing Pendidikan Agama Kristen. Bandung: Jurnal Info Media.
Nuhamara, Daniel. (2018). Pengutamaan Dimensi Karakter Dalam Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Jaffray, 16 (1), 93-115.
https://ojs.sttjaffray.ac.id/index.php/JJV71/article/view/278
Purwanti. (2013). Guru dan Kompetensi Kepribadian. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10 (1), 1074-1088. http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v10i1.2066
Sidjabat, Binsen S. (2019). Penguatan Guru PAK untuk Pendidikan Karakter: Melihat Kontribusi SERI SELAMAT. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat, 3 (1), 30-48.
https://journal.sttsimpson.ac.id/index.php/EJTI/article/view/121/pdf
Suyanto dan Asep Jihad. (2013). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Erlangga.
Undang-Undang Guru dan Dosen. (2006). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Usman, Moh. Uzer. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wandi, Agus. (2017). Urgensi Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Upaya Pengembangan Moral Peserta Didik di SDN 6 Kalosi Kecamatan Duapitue Kabupaten Sidrap. Diambil dari
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/2190/1/AGUS%20WANDI.pdf
DOI: https://doi.org/10.59177/veritas.v1i2.44
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Rinto Hasiholan Hutapea
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Kyai Sono, No. 2, Kelurahan Genuk-Ungaran - Kabupaten Semarang, Prov. Jawa tengah
Publisher: Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara
Website: https://sttkn.ac.id/