Konsep Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dalam Masyarakat Majemuk

Lisa Karyawati

Abstract


This article discusses the concept of learning Christian religious education in a plural society. The author uses a literature study approach to discuss the topic. From the results of the analysis of several sources of literature, there are three main principles in Christian religious education, namely increasing knowledge of the word of God, enabling students to express their existence in daily life and enable them to be able to live together with others in the surrounding environment. The principle is then realized through the concept of PAK learning that the Bible becomes the main source of learning, then the teacher encourages students to declare themselves Christians in the midst of a pluralistic society, and train students to become doers of God's Word in loving others and being able to coexist without lost its identity as a Christian.

 

Artikel ini membahas tentang konsep pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dalam masyarakat majemuk. Penulis menggunakan pendekatan studi pustaka untuk membahas topik tersebut. Dari hasil analisis terhadap beberapa sumber pustaka, ada tiga prinsip utama dalam Pendidikan Agama Kristen yaitu meningkatkan pengetahuan akan Firman Allah, memampukan murid menyatakan keberadaan dirinya dalam hidup sehari-hari serta memampukan mereka untuk dapat hidup bersama dengan orang lain di lingkungan sekitar. Prinsip tersebut kemudian diwujudkan melalui konsep pembelajaran PAK bahwa Alkitab menjadi sumber belajar utama, lalu guru mendorong murid untuk menyatakan dirinya sebagai orang Kristen di tengah-tengah masyarakat majemuk, dan melatih murid untuk menjadi pelaku-pelaku Firman Allah dalam mengasihi sesama dan dapat hidup berdampingan tanpa kehilangan identitasnya sebagai orang Kristen. 


Keywords


pembelajaran, pendidikan kristen, masyarakat majemuk

Full Text:

PDF

References


Ariefin, D. (2018). Metode Pembelajaran. Semarang: Lentera Hikmat.

Berkhof, L., & Til, C. V. (2016). Foundations of Christian Education. Surabaya: Momentum.

Budiyana, H. (2011). Dasar-dasar Pendidikan Agama Kristen. Solo: Berita Hidup Seminary.

Darmawan, I. P. A. (2014). Menjadi Guru Yang Terampil. Bandung: Kalam Hidup.

Darmawan, I. P. A., & Mary, E. (2018). Guru Agama Kristen Yang Profesional. Salatiga: Satya Wacana University Press.

Darmawan, I. P. A., & Sujoko, E. (2013). Revisi Taksonomi Pembelajaran Benyamin S. Bloom. Satya Widya, 29(1), 30–39. https://doi.org/10.24246/j.sw.2013.v29.i1.p30-39

Degeng, I. N. S., & Darmawan, I. P. A. (2017). Peningkatan Profesionalisme Pendidik Melalui Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Agama Kristen dan call for papers. Presented at the Seminar Nasional Pendidikan Agama Kristen dan call for papers., Ungaran. Retrieved from http://semnas.sttsimpson.ac.id/index.php/SNPK/article/view/16

Karnawati, K., & Widodo, P. (2019). Landasan Filsafat Antropologi-Teologis Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Kristen. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat, 3(1), 82–89.

Nainggolan, J. M. (2009). PAK Dalam Masyarakat Majemuk Pedoman Bagi Guru Agama Kristen Dalam Mengajar. Bandung: Bina Media Informasi.

Noti, F. B., & Darmawan, I. P. A. (2016). Identitas Kristen Dan Peran Pendidikan Agama Kristen Di Tengah Kemajemukan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Agama Kristen dan call for papers. Presented at the Seminar Nasional Pendidikan Agama Kristen dan call for papers, Ungaran. Retrieved from http://semnas.sttsimpson.ac.id/index.php/SNPK/article/view/9

Objantoro, E. (2014). Pluralisme Agama-Agama: Tentangan Bagi Teologi Kristen. Jurnal Simpson: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 61–80.

Objantoro, E. (2018). Religious Pluralism And Christian Responses. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 2(1), 123–133.

Purwanto, H. (2016). Manfaat Penelitian Untuk Perkembangan Gereja. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Agama Kristen STT Simpson Tahun 2016 Tema: Strategi Pembinaan Jemaat Untuk Meningkatkan Kehidupan Jemaat. Presented at the Seminar Nasional Pendidikan Agama Kristen & call for papers, Ungaran.

Riniwati, R. (2016). Iman Kristen Dalam Pergaulan Lintas Agama. Jurnal Simpson: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 21–36.

Rouw, J. F. (2016). Meningkatkan Belajar Pendidikan Kristen Di Gereja Sebagai Upaya Menumbuhkan Iman Jemaat. Seminar Nasional Pendidikan Agama Kristen dan call for papers. Presented at the Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Agama Kristen dan call for papers, Ungaran. Retrieved from http://semnas.sttsimpson.ac.id/index.php/SNPK/article/view/12

Sagala, L. D. J. F. (2016). Peran Pendidikan Kristen Dalam Menghadapi Perubahan Sosial. Jurnal Simpson: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 47–54.

Sidjabat, B. S. (2019). Penguatan Guru PAK Untuk Pendidikan Karakter: Melihat Kontribusi Seri Selamat. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat, 3(1), 30–48.




DOI: https://doi.org/10.59177/veritas.v1i1.56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Lisa Karyawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

     

 

Alamat: Jln. Kyai Sono, No. 2, Kelurahan Genuk-Ungaran - Kabupaten Semarang, Prov. Jawa tengah

Publisher: Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara

Website: https://sttkn.ac.id/