Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Agama Kristen Pada Siswa

Fera Siska Sriyanti, Maria Lidya Wenas

Abstract


Motivation is very important in learning activities to encourage students to learn well. Motivation is seen as a mental drive that directs human behavior, including learning behavior. In motivation there is a desire to activate, move, chanel and direct attitudes and behavior in learnes. Desiredbehavior in learning activities is a reaction to stimuli that lead to an action. The research aims to find out the factors that motivate Christian learning in SD Negeri 02 Ungaran. sThe main factors that influence learning motivation are intrinsic factors and extrinsic factors. Intrinsic factors, self-will, interest in subjects, and orientation to education. While the extrinsic factor is the way of teaching the teacher, the teacher’s character, the atmosphere of the classroom is calm and comfortable, and the learning facilitas used.

 

Motivasi sangat penting dalam kegiatan belajar untuk mendorong peserta didik untuk belajar dengan baik. Motivasi dipandang sebagai dorongan mental yang mengarahkan perilaku manusia, termasuk dalam perilaku belajar. Dalam motivasi terkandung adanya keinginan yang mengaktifkan, menggerakkan, menyalurkan dan mengarahkan sikap serta perilaku pada peserta didik yang belajar. Perilaku yang diinginkan dalam kegiatan belajar yaitu adanya reaksi terhadap rangsangan yang membawa pada suatu tindakan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang motivasi belajar Agama Kristen di SD Negeri 02 Ungaran. Faktor utama yang mempengaruhi motivasi belajar adalah faktor Intrinsik dan faktor Ekstrinsik. Faktor Intrinsik, kemauan diri, minat terhadap mata pelajaran, dan orientasi pada pendidikan. Sedangkan faktor Ekstrinsiknya ialah cara mengajar guru, karakter guru, suasana kelas tenang dan nyaman, dan fasilitas belajar yang digunakan.


Keywords


Learning motivation, Intrinsic, Extrinsic

Full Text:

PDF

References


Aritonang, Keke T. 2008. “Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”, Jurnal Pendidikan Penabur, 7 (10).

Darmawan, I Putu Ayub. 2014. Guru Yang Terampil. Ungaran: Sekolah Tinggi Teologi Simpson.

Darmawan,I Putu Ayub.2015. Pengantar Psikologi. Ungaran: Sekolah Tinggi Teologi Simpson.

Laksono, Yustinus Setio. 2016. “Hubungan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Koperatif Tipe STAD Menggunakan”, Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 1 (2).

Nainggolan, Jhon M. 2007. Guru Agama Kristen Sebabagai Panggilan dan Profesi. Bandung: Bina Media Informasi.

Sadirman, A.M. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sidjabat, B.S. 2011. Mengajar Secara Perfesional. Bandung: Kalam Hidup, 2011.

Sudarna, Ketut dan Sukadiyah, Eva M. 2007. “Pengaruh Motivasi, Disiplin, dan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akutansi”, Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2 (2).

Syah Muhibinsyah. 2014. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosda.

Soemanto.1983. Wasty. Psikologi Pendidikan. Malang: Bina Askara.

Lexy J, Moleong, J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.59177/veritas.v1i1.57

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Fera Siska Sriyanti, Maria Lidya Wenas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

 

Alamat: Jln. Kyai Sono, No. 2, Kelurahan Genuk-Ungaran - Kabupaten Semarang, Prov. Jawa tengah

Publisher: Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara

Website: https://sttkn.ac.id/