Pengaruh Keuangan keluarga terhadap minat belajar Peserta didik

Lilis Ermindyawati, Jois Umbu Tonga

Abstract


Family finances have an important role in education, family background must be considered so that the success of education is achieved optimally. If finances are sufficient, the material environment that students in their families face will be broader. In fact, the family has a very big responsibility and role in giving birth and forming a good and quality generation. Both parents have a duty to face their children where they must meet the needs of their children. Through a qualitative descriptive method with a literature study approach it can be concluded that. parents should pay more attention to the financial situation in the family and parents should improve education in the family environment to educate children about financial management such as managing pocket money, getting used to saving and instilling good attitudes and role models in money management and supporting children's education. And especially with good finances, it will also lead to something good, such as the fulfillment of educational facilities and meeting personal needs.

Abstrak

Keuangan keluarga mempunyai peranan penting dalam pendidikan, latar belakang keluarga harus di perhatikan agar keberhasilan pendidikan di capai secara maksimal.  Jika keuangan cukup, lingkungan material yang di hadapi mahasiswa-mahasiswi dalam keluarganya itu akan lebih luas. sesungguhnya keluarga mempunyai tanggung jawab dan peranan yang sangat besar dalam melahirkan dan membentuk generasi yang baik dan berkualitas kedua orang tua memiliki tugas yang di hadapkan anaknya dimana mereka harus memenuhi kebutuhan – kebutuhan anaknya.  Melalui metode deskritif kualitatif dengan pendekatan studi literatur dapat disimpulkan bahwa. orangtua supaya hendaknya lebih memperhatikan keadaan keuangan di keluarga dan hendaknya orang tua meningkatkan pendidikan di lingkungan keluarga untuk mendidik anak tentang pengelolaan keuangan seperti mengelola uang saku, membiasakan untuk menabung dan menanamkan sikap serta teladan yang baik pada anak dalam hal pengelolaan uang dan mendukung pendidikan anak. Dan terlebih dengan keuangan yang baik akan menimbulkan sesuatu yang baik pula, seperti terpenuhinya fasilitas pendidikan dan terpenuhinya kebutuhan pribadi.


Keywords


Keuangan, Minat Belajar, Peserta Didik, Keluarga

Full Text:

PDF

References


Abdulsyani. (1994). Sosiologi Skematika, Teori dan Terapan. Bumi Aksara.

Ahmadi, A. (1991). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Arifianto, Y. A., Budiyana, H., & Purwoto, P. (2021). Model dan Strategi Pembelajaran Yesus berdasarkan Injil Sinoptik dan Implementasinya bagi Guru Pendidikan Agama Kristen. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 1(1), 1–17.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo persada.

B.J. boland. (2000). Tafsiran Alkitab Injil lukas. BPK Gunung Mulia.

B.S. Sidjabat, P. . (2018). Mengajar secara profesional. Kalam Hidup.

Baharuddin, B., & Wahyuni, E. N. (2015). Teori belajar dan pembelajaran. Ar-ruzz Media.

Bailon, S. G., & Maglaya, A. (1978). Perawatan Kesehatan Keluarga: Suatu. Pendekatan Proses (Terjemahan). Pusdiknakes.

Blomberg, C. L., Miskin, T., & Kaya, T. J. T. (2011). Teologi Alkitab Tentang Kepemilikan. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Denney, A. S., & Tewksbury, R. (2013). How to Write a Literature Review. Journal of Criminal Justice Education, 24(2), 218–234. https://doi.org/10.1080/10511253.2012.730617

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. PT Gra-media Pustaka Utama.

Depdikbud. (2003). Tentang Sistem Pendiikan Nasional. Aneka Ilmu.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 46.

Duvall, E. R. M., Miller, B. C., & others. (1985). Marriage and family development. Harper & Row.

Enklaar, E. G. H. dan I. H. (2004). Pendidikan Agama Kristen. BPK Gunung Mulia.

Eryanto, H., & Swaramarinda, D. R. (2013). Pengaruh Modal Budaya, Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Tingkat Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 1(1), 39–61.

Gie, L. (2004). Cara Belajar yang Baik Bagi Mahasiswa: Yokyakarta. Gajah Mada Press.

Hasbullah. (2009). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. PT Rajawali.

Hendricks, H. G. (2011). Mengajar Untuk merubah Hidup. Yayasan Gloria.

Jones, G. H. (1984). The New Century Bible Commentary. Wm. B. Eerdmans Publishing Company.

Notoatmojo, S. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. PT. Rineka Cipta.

Nurkancana, W., & Sumartaman. (1983). Evaluasi Pendidikan. Usaha Nasional.

Pasaribu, I. L., & Simanjuntak, B. (1983). Proses belajar mengajar. Bandung: Tarsito.

Purwanto, M. N. (2002). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Pusat, B. P. S. J. (2009). Pedoman Pendataan Survei Angkatan Kerja Nasional Tahun 2009. Jakarta Pusat: Badan Pusat Statistik, 171.

Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo Persada.

Setiyowati, E. P., & Arifianto, Y. A. (2020). Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan. SIKIP Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 78–95. http://e-journal.sttikat.ac.id/index.php/sikip/article/view/57

Sidjabat. (2018). Mengajar Secara Profesional. Kalam Hidup.

Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta.

Soediyono. (1990). Ekonomi Makro: Pengantar Analisis Pendapatan Nasional. Liberty.

Suharso, & Retnoningsih, A. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi lux. CV. Widya karya.

Sumitro, D. (1960). Ekonomi Dalam Bidang Pendapatan. Centre,.

Suyatno, & Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional. Erlangga.

T Umar and S. L. La Sulo. (2005). Pengantar Pendidikan. Rineka Cipta.

Umrati, & Wijaya, H. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Wahyono, T. (2009). Membuat Sendiri Program Akuntansi. Jakarta: Elex Media.

Widyawati, I. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi literasi finansial mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Brawijaya. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 1(1), 89–99.

Worth, R. S. (1998). Psikologi Pengantar Dalam Ilmu Jiwa. Bandung: Sinar Baru.

Zaluchu, S. E. (2020). Strategi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 4(1), 28–38. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.167




DOI: https://doi.org/10.59177/veritas.v2i2.93

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lilis Ermindyawati, Jois Umbu Tonga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

     

 

Alamat: Jln. Kyai Sono, No. 2, Kelurahan Genuk-Ungaran - Kabupaten Semarang, Prov. Jawa tengah

Publisher: Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara

Website: https://sttkn.ac.id/