Metode Pembelajaran Pemberian Tugas (Resitasi)

Antonia Eva Ambarwati Santoso

Abstract


Science and technology are getting faster, the more complex the lessons that must be delivered to students. In this case, the teacher must be able and required to be able to use learning methods properly, in accordance with the objectives, learning materials, tools and evaluation that have been set. Using descriptive qualitative methods with a literature study approach, it can be concluded that the advantages of the task-giving method (recitation) are to encourage students to carry out individual or group martial arts activities, train students to be responsible and always take advantage of their spare time. The weakness of the assignment method (recitation) is that the assignment submitted by students is difficult to know whether it is self-made or someone else's work, in group work there tends to be students who are only passive, if it is done too often it will cause boredom, and if the method giving this task is not well prepared it will cause gaps because of individual differences in students.

Abstrak

Ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat, maka semakin kompleks pula pelajaran yang harus disampaikan kepada siswa. dalam hal inipun guru harus mampu dan dituntut untuk dapat menggunakan metode pembelajaran secara baik, sesuai dengan tujuan, bahan pelajaran, alat bantu dan evaluasi yang telah ditetapkan. Menggunkan metode kualitatif deskritif dengan pendekatan studi literature, maka dapat disimpulkan bahwa Kelebihan dari metode pemberian tugas (resitasi) yaitu memberi semangat kepada para peserta didik dalam melakukan aktivitas belajar individual atau kelompok, melatih peserta didik untuk bertanggungjawab dan selalu memanfaatkan waktu luang mereka. Adapun kelemahan dari metode pemberian tugas (resitasi) yaitu tugas yang diserahkan oleh peserta didik sulit diketahui apakah itu buatannya sendiri atau buatan orang lain, dalam kerja kelompok cenderung ada siswa yang hanya pasif, jika terlalu sering dilakukan maka akan menimbulkan rasa jenuh, dan bila metode pemberian tugas ini tidak dipersiapkan dengan baik maka akan menimbulkan kesenjangan karena adanya perbedaan individu peserta didik.


Keywords


Metode Pembelajaran, Pemberian Tugas, Resitasi, Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Aidid, E. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Mtode Resitasi. CV. Bayfa Cendekia Indonesia.

Arifianto, Y. A., Budiyana, H., & Purwoto, P. (2021). Model dan Strategi Pembelajaran Yesus berdasarkan Injil Sinoptik dan Implementasinya bagi Guru Pendidikan Agama Kristen. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 1(1), 1–17.

Edison, F. T. (2017). 52 Metode Mengajar : Mengangkat Harkat dan Martabat Pendidik Mnejadi Berwibawa dan Terhormat. Anggota IKAPI.

Hamalik. (2001). Berbagai Strategi dan Pendekatan dalam Proses Pembelajaran. Bumi Aksara.

Kasmadi, H. (1991). Teknik Mengajar. IKIP Semarang Press.

Majid, A. (2017). Strategi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Prawiro, M. (2019). Metode Pembelajaran: Pengertian, Macam-Macam, Fungsi, dan Tujuannya. Maxmanroe.Com. https://www.maxmanroe.com/vid/umum/metode-pembelajaran.html

Roestiyah. (2001). Strategi Belajar Mengajar. PT Asdi Mahastya.

Rusyan T. (1994). Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.

Sagala, S. (2017). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta.

Setiyowati, E. P., & Arifianto, Y. A. (2020). Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan. SIKIP Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 78–95. http://e-journal.sttikat.ac.id/index.php/sikip/article/view/57

Situmorang, J. (2004). Filsafat dalam Terang Iman Kristen. Yogyakarta: Yayasan ANDI.

Sukmadinata, N. S., & Syaodih, E. (2004). Kurikulum dan pembelajaran kompetensi. Bandung: Kesuma Karya.

Zaluchu, S. E. (2020). Strategi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 4(1), 28. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.167




DOI: https://doi.org/10.59177/veritas.v2i2.97

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Antonia Eva Ambarwati Santoso

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

     

 

Alamat: Jln. Kyai Sono, No. 2, Kelurahan Genuk-Ungaran - Kabupaten Semarang, Prov. Jawa tengah

Publisher: Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara

Website: https://sttkn.ac.id/