Dampak Sekolah Oline Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak Selama Masa Pandemic Covid-19

Sinta Mangihut Oktavia Siregar, J Priyanto Widodo

Abstract


This article contains an explanation of the Covid-19 phenomenon that is able to change various habits in various aspects of life, including the world of education. Schools that usually use the offline system in their teaching experience changes related to teaching methods, teaching time and le nn  arning evaluation. Changes in the school system also bring changes to the growth and development of children's personalities. This article collects data using a descriptive qualitative method approach, a descriptive qualitative method, namely explaining data based on a currently developing phenomenon, namely the Covid-19 phenomenon. The result of this article is that online schools have a positive and negative impact on the growth and development of children's personalities, from the positive side children become more independent, responsible and conscientious with their school life, while the negative side is that children become more indifferent, selfish, temperamental and self-centered. rough.

Abstrak

Artikel ini berisikan penjelasan akan fenomena covid-19 yang mampu merubah berbagai kebiasan di berbagai sisi kehidupan tidak terkecuali pada dunia pendidikan. Sekolah yang biasa menggunakan sistem offline dalam pengajarannya mengalami perubahan terkait metode pengajaran, waktu pengajaran dan evaluasi belajar. Perubahan sistem sekolah ini juga membawa perubahan bagi pertumbuhan dan perkembangan kepribadian anak-anak. Artikel ini dalam mengumpulkan data-data dilakukan dengan pendekatan metode kualitatif deskriptif, metode kualitatif deskriptif yaitu menjelaskan data-data berdasarkan fenomena yang sekarang berkembang yaitu fenomena covid-19. Hasil dari artikel ini adalah sekolah online membawa pengaruh postif dan negatif bagi pertumbuhan dan perkembangan kepribadian anak – anak, dari sisi positif anak menjadi lebih mandiri, bertanggung jawab dan teliti dengan kehidupan sekolahnya sedangkan sisi negatifnya anak menjadi pribadi yang lebih cuek, egois, tempramen dan kasar.


Keywords


Pandemic, Covid-19, online school, Grow, Personality

Full Text:

PDF

References


Agung, Ivan Muhammad. “Memahami Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Psikologi Sosial.” Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi 1, no. 2 (2020): 68–84.

ALDIYAH, E V Y. “Perubahan Gaya Belajar Di Masa Pandemi Covid-19.” CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan 1, no. 1 (2021): 8–16.

Dini, JPAU. “Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di PAUD.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2021): 633–640.

Huatama, Victor Angsono, and Talizaro Tafonao. “Strategi Pemulihan Psikologi Jemaat Pasca COVID-19 Berdasarkan Kitab Mazmur 55.” CHARISTHEO: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2021): 1–17.

Kasnelly, Fahri Abd Jalil Sri. “Meningkatnya Angka Pengangguran Ditengah Pandemi (Covid-19).” Al-Mizan: Jurnal Ekonomi Syariah 3, no. 1 (2020): 45–60.

Mardiyah$^1$, Rahma Ainul, and R Nunung Nurwati. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Peningkatan Angka Pengangguran Di Indonesia” (2020).

Pertiwi, Reni Kurniawati, and Sutama Sutama. “Membudayakan Kelas Digital Untuk Membimbing Siswa Dalam Pembelajaran Di Tengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 3, no. 4 (2020): 350–365.

Radhitya, Theresia Vania, Nunung Nurwati, and Maulana Irfan. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kekerasan Dalam Rumah Tangga.” Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik 2, no. 2 (2020): 111–119.

Ratnawulan, Teti. “Perkembangan Dan Tahapan Penting Dalam Perkembangan.” Inclusive: Journal of Special Education 4, no. 1 (2021).

Sahensolar, Sandra Christina, and Simon Simon. “Respon Teologis Terhadap Dampak Pandemik Coronaviruses Disease 2019.” Manna Rafflesia 8, no. 1 (2021): 176–195.

Salsabila, Unik Hanifah, Lailli Irna Sari, Khusna Haibati Lathif, Ayu Puji Lestari, and Asyharinur Ayuning. “Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19.” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 17, no. 2 (2020): 188–198.

Simon. “Respon Orang Kristen Terhadap Pemberitaan Televisi Mengenai Covid-19.” Jurnal Gamaliel : Teologi Praktika 2, no. 2 (2020): 114–131.

Siregar, Eko Febri Syahputra, And Eva Damilia. “Pembelajaran Online Sebagai Bentuk Penguatan Pendidikan Selama Pandemi Covid-19 Di Sd Muhammadiyah 03 Kota Medan Oleh” (2020).

Sonny Eli Zaluchu. “Metode Penelitian Di Dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan.” Teologi Berita Hidup 3, no. 2 (2021).

Suhariono, Agus, Steven Tommy Dalekes Umboh, and Simon Simon. “Ekses Politik, Ekonomi, Dan Kehidupan Beragama Di Tengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Teologi Gracia Deo 4, no. 1 (2021): 117–129.

Widyawan, Ezra Pradeksa, J Priyanto Widodo, and Tan Lie Lie. “Persepsi Orang Tua Mengenai Belajar Dari Rumah Dan Pendampingan Keluarga Kristen Selama Masa Pandemi Covid-19.” JURNAL TERUNA BHAKTI 4, no. 1 (2021).

“Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan - Ubharajaya Repository.”

“Dasbor WHO Coronavirus (COVID-19) | Dasbor WHO Coronavirus (COVID-19) Dengan Data Vaksinasi.”

“Peta Sebaran | Covid19.Go.Id.”

“Situasi Kasus Positif COVID-19 Pada Anak Di Indonesia • Hello Sehat.”




DOI: https://doi.org/10.59177/jls.v1i2.145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

 

Alamat: Jln. Kyai Sono, No. 2, Kelurahan Genuk-Ungaran - Kabupaten Semarang, Prov. Jawa tengah

Publisher: Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara

Website: https://sttkn.ac.id/