Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Perdebatan Rhema dan Logos

Suhadi Suhadi, Hilderia Damanik

Abstract


The terms Rhema and Logos are still a hot topic of discussion today. The existence of a gap in terms of understanding is one of the main attractions for trying to explore more deeply about these two terms. Misunderstanding the meaning of the word became the starting point for the emergence of the above differences of opinion. Rhema is a word or speech that often also has a synonym with the word logos which also means word, speech. The methodology used in this paper is a descriptive qualitative method, namely providing descriptions, descriptions, descriptions in detail so as to be able to explain the phenomena that are currently happening in society. The presence of Christian Religious Education is expected to be able to answer existing debates through its role in content, process, methodology and norms.

Abstrak

Istilah Rhema dan Logos masih menjadi perbincangan yang marak sampai saat ini. Adanya kesenjangan dalam hal pengertian menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk mencoba mengupas lebih dalam tentang kedua istilah ini. Salah paham terhadap makna kata menjadi titik awal munculnya perbedaan pendapat diatas. Rhema adalah kata atau ucapan yang sering juga memiliki sinonim dengan kata logos yang juga berarti kata, perkataan. Adapun metodologi yang yang dipakai dalam penulisan ini adalah metode kualitatif deskriptif yaitu memberikan deskripsi, uraian, gambaran secara detail sehingga mampu menjelaskan fenomena-fenomena yang saat ini terjadi dalam masyarakat. Hadirnya Pendidikan Agama Kristen diharapkan mampu menjawab perdebatan-perdebatan yang ada melalui perannya baik dalam content, proses, metodologi maupun norma.


Keywords


Rhema, Logos, Pendidikan Agama Kristen,Kebenaran

Full Text:

PDF

References


Arifianto, Y. A., & sumiwi Rachmani, A. (2020). Peran Roh Kudus dalam Menuntun Orang Percaya kepada Seluruh Kebenaran Berdasarkan Yohanes 16 : 13. Jurnal Diegesis, 3(1), 1–12.

Arifianto, Y. A., Triposa, R., & Supriyadi, D. (2020). Menerapkan Matius 5 : 13 Tentang Garam Dunia di Tengah Era Disrupsi. Shamayim : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 1(1), 92–106.

Asali, B. (2009). KHARISMATIK 14 RHEMA / LOGOS dan PENUMPANGAN TANGAN. Http://Www.Golgothaministry.Org/.

Bauer, W. (2010). A Greek-English lexicon of the New Testament and other early Christian literature. University of Chicago Press.

Christanto, D. (2001). “Kharismatik Bercampur dengan Perdukunan.” Penerbit Andi.

Douglas, J. D. (2013). Ensiklopedi Alkitab Masa Kini Jilid I. YAyasan Bina KAsih/OMF.

Groome, T. H. (2010). Pendidikan Agama Kristen Berbagi Cerita dan Visi Kita. BPK Gunung Mulia.

Guthrie, D. (2015). Teologi Perjanjian Baru 1, Allah , Manusia, Kristus (Cetakan Ke). PT BPK Gunung Mulia.

Hagin, K. W. (2017). What Is Rhema? Kenneth Hagin Ministries.

Homrighausen, E. ., & Enklaar, I. . (2018). Pendidikan Agama Kristen. BPK Gunung Mulia.

J.Moleong, L. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda karya.

Ka’pan, P. (2007). Kebangkitan Yesus Kristus Dasar Iman Kristen. Jurnal Jaffray. https://doi.org/10.25278/jj71.v5i1.121

Keriapy, F. (2020). Pendidikan Kristiani Transformatif Berbasis Multikultural dalam Konteks Indonesia. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 5(2), 82–93.

MacArthur, J. (1993). Charismatic chaos. Harper Collins.

Nuhamara, D. (2009). Pembimbing PAK, Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Info Media.

Pazmino, R. W. (2016). Fondasi Pendidikan Kristen - Sebuah Pengantar dalam Perspektif Injili (Redaksi BPK Gunung Mulia (ed.); Ke-3). STT Bandung.

R.Boehlke, R. (1991). “Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen: Dari Plato sampai IG.Loyola.” BPK Gunung Mulia.

Rifai, E. (2016). Analisi Kritis Ajaran “Rhema” Dan “Logos” Dalam Perspektif Kaum Pentakosta. DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 1(1), 88–101.

Suhadi, S., & Arifianto, Y. A. (2020). Pemimpin Kristen Sebagai Agen Perubahan di Era Milenial. Edulead Journal of Christian Education And Leadership, 1(2), 129–147.

Sutandio, D. T. (2013). LOGOS DAN RHEMA: SAMA ATAU BEDA?: Perspektif Biblika. Facebook.Com.

Triposa, R., Arifianto, Y. A., & Hendrilia, Y. (2021). Peran Guru PAK sebagai Teladan dalam Meningkatkan Kerohanian dan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK), 2(1), 109–126.

Zaluchu, S. E. (2020). Strategi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.167




DOI: https://doi.org/10.59177/veritas.v3i2.114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Suhadi Suhadi, Hilderia Damanik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

     

 

Alamat: Jln. Kyai Sono, No. 2, Kelurahan Genuk-Ungaran - Kabupaten Semarang, Prov. Jawa tengah

Publisher: Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara

Website: https://sttkn.ac.id/