Paradigma Pendidikan Agama Kristen Terhadap Etis Dan Norma Guru Sebagai Teladan Pendidik

Mega Mega, Andreas Fernando, Teguh Parluhutan Saragih

Abstract


Christian Religious Education is education that contains teaching Christian values to students. This teaching is certainly centered on Christ as an example and is based on the Bible as a guide. The purpose of this study is to find out how the paradigm of Christian Religious Education regarding teacher ethics and norms. It is important for a teacher to know the ethics and norms of the teacher as a reference in teaching. Because a teacher is a figure who is used as an example by students, both inside and outside the school environment. Unconsciously, the attitude, behavior, and speech of a teacher in the learning process have an influence on students. By knowing the ethics and norms of teachers, a teacher, especially Christian Religious Education teachers can understand and implement them in everyday life. The method in this research is qualitative with literature study. Research data obtained by analyzing data from journals and books. With the result that in Christian Religious Education, teachers must be able to understand and implement the ethics and norms of a teacher in order to be an example.

Abstrak

Pendidikan Agama Kristen adalah pendidikan yang berisi pengajaran nilai-nilai Kristiani kepada siswa. Pengajaran ini tentunya berpusat kepada Kristus sebagai teladan dan didasarkan pada Alkitab sebagai pedomannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana paradigma Pendidikan Agama Kristen mengenai etis dan norma guru. Penting bagi seorang guru untuk mengetahui etis dan norma guru sebagai acuan dalam mengajar. Karena seorang guru adalah sosok yang dijadikan teladan oleh siswa, baik didalam maupun luar lingkungan sekolah. Secara tidak sadar, sikap, perilaku, dan tutur kata seorang guru dalam proses pembelajaran memberikan pengaruh dalam diri siswa.  Dengan mengetahui etis dan norma guru, seorang guru, terutama guru Pendidikan Agama Kristen dapat memahami dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Metode dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan studi literatur. Data penelitian didapatkan dengan cara analisa data dari jurnal-jurnal dan buku-buku. Dengan hasil bahwa dalam Pendidikan Agama Kristen, guru harus mampu memahami dan mengimplementasikan etis dan norma seorang guru untuk bisa menjadi teladan.


Keywords


Pendidikan Agama Kristen, siswa, guru, etika

Full Text:

PDF

References


Alawiyah, Faridah. “Peran Guru Dalam Kurikulum 2013.” Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial 4, no. 1 (2013): 65–74.

Anjaya, Carolina Etnasari, Andreas Fernando, and Yonatan Alex Arifianto. “Penderitaan Kristus Dalam Formasi Spiritual Yang Mengedukasi Orang Percaya.” Jurnal EFATA: Jurnal Teologi Dan Pelayanan 8, no. 1 (2021): 1–12.

Arifianto, Yonatan Alex. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Etis-Teologis Mengatasi Dekadensi Moral Di Tengah Era Disrupsi.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 1 (2021): 45–59.

Brownlee, 2 M. Pengambilan Keputusan Etis Dan Faktor-Faktor Di Dalamnya. Jakarta: Gunung Mulia, 2006.

Buan, Yohana Afliani Ludo. Guru Dan Pendidikan Karakter: Sinergitas Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Di Era Milenial. Penerbit Adab, 2021.

Chen, Febe. Menjadi Pribadi Yang Unggul. Jakarta: PT. Gramedia pustaka utama, 2009.

Danim, S. Profesionalisasi Dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta, 2013.

Daradja, Zakiyah. Remaja Harapan Dan Tantangan. Jakarta: Ruhama, 2006.

Debora, Kiki, and Chandra Han. “Pentingnya Peranan Guru Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa Dalam Pendidikan Kristen: Sebuah Kajian Etika Kristen [The Significance of the Role of Christian Teachers in Building Students’ Character in Christian Education: A Study of Christian Ethics].” Diligentia: Journal of Theology and Christian Education 2, no. 1 (2020): 1. https://doi.org/10.19166/dil.v2i1.2212.

E, Clara. Filsafat Dan Pendidikan. Jakarta: Universitas Harapan Press, 2009.

Grafika, Redaksi Sinar. “Undang-Undang SISDIKNAS.” Jakarta: Sinar Grafika, 2009.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2012.

Hamid, Abdul. “Guru Profesional.” Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan 17, no. 2 (2017): 276.

Hermawansyah, Hermawansyah. “Etika Guru Sebagai Pendidikan Yang Mendasar Bagi Siswa.” Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan 10, no. 2 (2019): 19–37.

K. Bertens. Etika. Jakarta: Gramesia Pustaka, 2007.

Maryatun, Ika Budi. “Peran Pendidik PAUD Dalam Membangun Karakter Anak.” Jurnal Pendidikan Anak 5, no. 1 (2016).

Mirzaqon, Abdi, and Budi Purwoko. “Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing.” Jurnal BK Unesa 8, no. 1 (2018): 1–8.

Moh, Nazir. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2003.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010.

Nihayatul, S Syamsiyatun and W. Filsafat, Etika, Dan Kearifan Lokal Untuk Konstruksi Moral Kebangsaan. Jakarta: Geneva :globethics.net international secretariat, 2013.

Nuhamara, Daniel. Pembimbing Pendidikan Agama Kristen. Bandung: Jurnal Info Media, 2009.

———. “Pengutamaan Dimensi Karakter Dalam Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Jaffray 16, no. 1 (2018): 93. https://doi.org/10.25278/jj71.v16i1.278.

Padmawati, Sri, and Dwi Novita Sari. Modul Pendidikan Agama Kristen-1. Semarang: STT Sangkakala, 2019.

R, Pazmino. Fondasi Pendidikan Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2016.

Saihu, Saihu, and Taufik Taufik. “Perlindungan Hukum Bagi Guru.” Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam 2, no. 2 (2019): 105–16.

Sotjipto. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.

Subagyo, Andreas B. PengantarRiset Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2004.

Suprihatiningrum, Jamil. Guru Profesional, Pedoman Kinerja,Kualifikasi Dan Kopetensi Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Tanyid, Maidiantius. “Etika Dalam Pendidikan: Kajian Etis Tentang Krisis Moral Berdampak Pada Pendidikan.” Jurnal Jaffray 12, no. 2 (2014): 235–50.

Thianto, Yudha. Teologi Sistematika 4. Jakarta: Lembaga Reformed Injili Indonesia, 1999.

Triposa, Reni, Yonatan Alex Arifianto, and Yudi Hendrilia. “Peran Guru PAK Sebagai Teladan Dalam Meningkatkan Kerohanian Dan Karakter Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 2, no. 1 (2021): 109–26.

Tung, K.Y. Filsafat Pendidikan Kristen. Yogyakarta: IKAPI, 2013.

Wardhani, Novia Wahyu, and Margi Wahono. “Keteladanan Guru Sebagai Penguat Proses Pendidikan Karakter.” Untirta Civic Education Journal 2, no. 1 (2017).




DOI: https://doi.org/10.59177/veritas.v4i1.142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mega Mega, Andreas Fernando, Teguh Parluhutan Saragih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

     

 

Alamat: Jln. Kyai Sono, No. 2, Kelurahan Genuk-Ungaran - Kabupaten Semarang, Prov. Jawa tengah

Publisher: Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara

Website: https://sttkn.ac.id/