Komitmen Mengajar Guru sebagai Aktualisasi Profesionalisme

Supriani Supriani, Reni Triposa, Wardi Wardi

Abstract


Professionalism is a word that we often say when we see people working with extraordinary abilities or are experts in that field and have skills that can be trusted and are responsible for the work that someone has. when someone is an expert in a field that he already has and has become someone who is professional, then that person can be found in various places or any profession, there must be many people who will be forced to be trusted when he becomes a teacher. By working professionally, a teacher can be trusted in terms of teaching and so on, so that he can become quality teacher so that the teacher can be seen as someone who has a noble profession, then, there is also something to do with Christian Religious Education teachers, to become a teacher. Christian Religious Education teachers are not easy, because many things must be considered in carrying out their duties and responsibilities, especially having to do what is their calling as teachers, which must see that they must do what God has wanted for their lives, that when teaching must teach according to God's word, with truth that isw the main thing for a Christian Religious Education teacher, that they must be able and try so that they can become teachers who are truly committed to good teaching and full of great responsibility, so that when they teach, they can imitate d art characteristic of the Lord Jesus himself so that they can teach according to the truth.

Abstrak

Profesionalisme adalah sebuah kata yang sering kita ucapkan ketika melihat orang bekerja dengan segala kemampuan yang luar biasa atau sudah ahli dalam hal bidang itu serta mempunyai keterampilan yang dapat dipercaya dan bertanggungjawab terhadap pekerjaan yang telah dimiliki oleh seseorang tersebut. Ketika seseorang sudah ahli dalam bidang yang telah ia miliki dan telah menjadi seseorang yang profesionalisme, maka seseorang tersebut dapat kita temui diberbagai tempat atau profesi mana saja, disitu pasti banyak orang-orang yang akan dipakai untuk dapat dipercayai ketika menjadi seseorang guru. Dengan bekerja secara profesional, maka seorang guru akan dapat dipercayai dalam hal mengajar dan lain sebagainya, sehingga bisa menjadi guru yang berkualitas dengan demikian guru tersebut dapat dipandang sebagai seseorang yang berprofesi mulia. kemudian, ada juga kaitannya dengan guru Pendidikan Agama Kristen, untuk menjadi seorang guru Pendidikan Agama Kristen tidaklah mudah, karena banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam menjalankan tugas dan tanggung mereka, terutama harus melakukan apa yang menjadi panggilan mereka sebagai guru, yang dimana harus melihat bahwa mereka harus melakukan apa yang telah Tuhan kehendaki atas kehidupan mereka, bahwa ketika mengajar harus mengajar sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan, itu yang menjadi utama seorang guru Pendidikan Agama Kristen, bahwa mereka harus mampu dan berusaha supaya mereka dapat menjadi guru yang berkomitmen dalam hal mengajar yang baik dan penuh rasa tanggung jawab yang besar, sehingga ketika mereka mengajar, mereka dapat meneladani dari karakteristik Tuhan Yesus itu sendiri, dengan demikian guru atau dosen dapat mengajar sesuai dengan kebenaran.


Keywords


Profesionalisme, Guru Kristen, Komitmen, Naradidik

Full Text:

PDF

References


AM, Nurzaman, H. Alinurdin, and Palogo Balianto. 2019. Profesi Keguruan. Pamulang: Unpam Press.

Anjaya, Carolina Etnasari, and Yonatan Alex Arifianto. 2022. “Awarenesss Triangle: Konsep Pengembangan Pendidikan Kristen Bagi Generasi Tekno Di Era Virtual.” Jurnal Teologi Gracia Deo 4(1):140–53. doi: 10.46929/graciadeo.v4i1.109.

Anjaya, Carolina Etnasari, Yonatan Alex Arifianto, and Andreas Fernando. 2021. “Kecerdasan Spiritual Sebagai Dasar Terbentuknya Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen.” REDOMINATE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 3(1):59–70.

B. S. Sidjabat, Ed. D. 2009. Mengajar Secara Profesional, Mewujudkan Visi Guru Profesional. Bandung: Yayasan Kalam Hidup.

Bochlke, Robert R. 2009. Sejarah Perkembangan Dan Praktek Pendidikan Agama Kristen: Dari Plato Sampai IG. Loyola. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Dr. Rina Febriana, M, Pd. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Echols, John M., and Hassan Shadili. 1996. Kamus Inggris Indonesia,. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Fakry Gaffar, Mohammad. 2017. “Guru Sebagai Profesi.” Jurnal Administrasi Pendidikan UPI 5(1):02.

Fernando, A., and C. E. Anjaya. 2022. “Evaluasi Program Belajar Literasi-Menulis Di Prodi Magister PAK STT Ekumene Jakarta Melalui Model CIPP.” Jurnal Salvation 2(2):125–34.

Fernando, Andreas, and Carolina Etnasari Anjaya. 2022. “Pelayanan Dan Kehidupan Tuhan Yesus Sebagai Pola Dasar Bagi Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Kristen.” MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen 1(1):50–60. doi: 10.55967/manthano.v1i1.9.

Hertanto, Ari Suksmono, Carolina Etnasari Anjaya, and Yonatan Alex Arifianto. 2021. “Kehambaan Kristus Sebagai Model Spirtulitas Kepemimpinan Gereja: Kajian Teologis Filipi 2: 5-8.” Jurnal Teologi Gracia Deo 3(2):89–21.

Hopkins, David. 2011. Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas, A Tea Chers Guide To Classroom Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kunandar. 2009. Guru Profesional (Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru),. Raja Grafindo Persada, Jakarta,.

Martinis, Yamin, and Maisah. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada.

Miftahul Huda, M. Pd. 2015. Penelitian Tindakan Kelas, Teori Dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nainggolan, John M. 2006. Menjadi Guru Agama Kristen: Suatu Upaya Peningkatan Mutu Dan Kualitas Profesi Keguruan. Generasi Info media.

Nurdin, Syafruddin. 2005. Guru Profesional Dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Quantum Teaching.

Prasetyo, Muhammad Rizqi, and Amat Mukhadis. 2013. “Komitmen Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Pada Jurusan Otomotif SMK.” Teknologi Dan Kejuruan 36(2):173–86.

Semiawan, Conny R. 2009. Penerapan Pembelajaran Pada Anak. Jakarta: Indeks.

Sidjabat, B. S. 1993. Mengajar Secara Profesional Mewujudkan Visi Guru Profesional. Bandung: Yayasan Kalam Hidup.

Sudarwan. 2010. Profesionalisasi Dan Etika Profesi Guru. Jakarta: CV. Alfabeta.

Triposa, Reni, Yonatan Alex Arifianto, and Yudi Hendrilia. 2021. “Peran Guru PAK Sebagai Teladan Dalam Meningkatkan Kerohanian Dan Karakter Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 2(1):109–26.

Uzman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wardana. 2013. “Guru Profesional Dan Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.” DIDAKTIKA: Jurnal Kependidikan 8(1):117–32.

Yusuf, Munir. 2018. Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo: IAIN Palopo.

Zaluchu, Sonny Eli. 2020. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat 4(1):28–38. doi: 10.46445/ejti.v4i1.167.




DOI: https://doi.org/10.59177/veritas.v4i2.153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Supriani Supriani, Reni Triposa, Wardi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

     

 

Alamat: Jln. Kyai Sono, No. 2, Kelurahan Genuk-Ungaran - Kabupaten Semarang, Prov. Jawa tengah

Publisher: Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara

Website: https://sttkn.ac.id/