Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Pada Orang Dewasa
Abstract
Christian religious education is not education that only talks about children. Christian religious education in the aim of maturing faith is also needed in the world of adults who are faced with various decisions and problems of life and the demands of their lives. Therefore the strategy in learning Christian religious education for adults is important. There are many learning methods, but there are several learning methods for adults that can be used by educators and church administrators, namely the method Jesus also used in teaching. This study aims to describe the learning strategy of Christian religious education for adults with a qualitative approach. The data collection was carried out by conducting a study of library sources related to the discussion in this paper. The results of this study indicate that the learning strategies that Jesus previously used can also be used in teaching Christian religious education for adults.
Abstrak
Pendidikan Agama Kristen bukanlah pendidikan yang hanya berbicara mengenai anak-anak saja. pendidikan Agama Krsiten dalam tujuannya mendewasakan iman juga diperlukan dalam dunia orang dewasa yang diperhadapkan oleh berbagai keputusan dan permasalahan hidup serta tuntutan kehidupannya. Maka dari itu strategi dalam pembelajran pendidikan agama Krsiten bagi orang dewasa merupakan hal yang penting. Ada banyak metode pembelajaran namun ada beberapa metode pembelajaran bagi orang dewasa yang bisa dipakai oleh pendidik maupun pengurus gereja yaitu metode yang juga dipakai oleh Yesus dalam memberikan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai trategi pembelajaran pendidikan agama Krsiten bagi orang dewasa dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan kajian terhadap sumber-sumber pustaka yang berkaitan dengan pembahasan dalam tulisan ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang dilakukan Yesus sebelumnya juga dapat dipakai dalam pembelajaran pendidikan agaram Kristen bagi orang dewasa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agung, IManuel, and Made Astika. 2011. “Penerapan Metode Mengajar Yesus Menurut Injil SinoptikDalam Pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen Di SMA Gamaliel Makasar.” Jurnal Jaffaray 1(1).
Anjaya, Carolina Etnasari, and Yonatan Alex Arifianto. 2021. “Mengembangkan Misi Gereja Dalam Bingkai Moderasi Beragama.” THRONOS: Jurnal Teologi Kristen 3(1):1–10. doi: 10.55884/thron.v3i1.27.
Anon. n.d. “Pengertian Karakteristik.”
Arifianto, Yonatan Alex, and Carolina Etnasari Anjaya. 2022. “Menggereja Yang Ramah Dalam Ruang Virtual: Aktualisasi Iman Kristen Merawat Keragaman.” JURNAL TEOLOGI GRACIA DEO 4(2).
Atmadja, Nieke Kristiana. 2019. “PAK Dewasa Dalam Konteks Dua Dunia: Indonesia Dan Negeri Belanda.” Jurnal Suderman 1(1).
Budiyana, Hardi. 2011. “Dasar-Dasar Pendidikan Agama Kristen.” Yogyakarta: Andi Offset.
Dhieni, Nurbiana. 2008. Materi Pokok Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Djamarah, Syaiful Bahri, and Aswan Zain. 2006. “Strategi Belajar Mengajar.” Jakarta: Rineka Cipta 46.
Fernando, Andreas, and Carolina Etnasari Anjaya. 2022. “Pelayanan Dan Kehidupan Tuhan Yesus Sebagai Pola Dasar Bagi Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Kristen.” MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen 1(1):50–60. doi: 10.55967/manthano.v1i1.9.
Haditono, Siti Rahayu. 2006. Psikologi Perkembangan Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gajah Mada University Pers.
Handayama, Jumanta. 2015. Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hidayat, Otib Satibi. 2006. Materi Pokok Metode Pengembangan Moral Dan Nilai-Nilai Agama. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hurlock, Elizabeth B. 1980. Developmental Psychology A Life Span Approach. New York: book.
Jahja, Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Maslow, Abraham H. 2017. Motivation and Personality. Jakarta: Rajawali.
Mukrimaa, Syifa S. 2014. 53 Metode Belajar Dan Pembelajaran plus Aplikasinya. Bandung: Bumi Siliwangi.
Nizar, Samsul, and Zainal Efendi Hasibuan. 2011. Membangun Kerangka Pendidikan Ideal Perspektif Rasuullah. Jakarta: Kalam Mulia.
Nuh, Semion, I. Putu Ayub Darmawan, and Edi Sujoko. 2019. “IMPLEMENTASI PAK KONTEKS GEREJA DI GKII TANDANG, SEMARANG.” Pengarah: Jurnal Teologi Kristen. doi: 10.36270/pengarah.v1i1.7.
Putri, Alifia Fernanda. 2019. “Pentingnya Orang Dewasa Awal Menyelesaikan Tugas Perkembangannya.” Schoulid: Indonesian Journals Of School Counseling 3(2).
Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif: Qualitative Research Approach. Sleman: Deepublish.
Sadijan. 2008. “Forum Komunikasi Pengembangan Profesi Pendidikan Kota Surabaya.” Jurnal Pendidikan 9(38).
Sedjati, Retina Sri. 2019. Manajemen Strategis. Yogyakarta: Deepublish.
Zaluchu, Sonny Eli. 2021. “Metode Penelitian Di Dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan.” Jurnal Teologi Berita Hidup 3(2). doi: 10.38189/jtbh.v3i2.93.
DOI: https://doi.org/10.59177/veritas.v4i2.154
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ezra Yani Sibuea, Yonatan Alex Arifianto, Rusmiati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Kyai Sono, No. 2, Kelurahan Genuk-Ungaran - Kabupaten Semarang, Prov. Jawa tengah
Publisher: Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara
Website: https://sttkn.ac.id/