Peran Keluarga Kristen dalam Penanganan karakter Anak-anak di Era Digitalisasi
Abstract
Continuous use of gadgets will have a negative impact on children's behavior patterns in their daily lives so that children who tend to continuously use gadgets become an addiction that greatly affects their life and development. Using descriptive qualitative methods with a literature approach, it can be concluded that the role of Christian families in handling children's character in the digitalization era can be done by, firstly providing education on the impact of excessive use of gadgets, secondly the role of families and handling children's characters becomes a priority in dealing with it. Through the example of parents in educating their children, this is done by positioning the family in a biblical perspective and providing assistance to the dangers of the digital world.
Abstrak
Penggunaan gadget secara terus menerus akan berdampak buruk bagi pola perilaku anak dalam kesehariannya sehingga anak-anak yang cenderung terus menerus menggunakan gadget sehingga menjadi candu yang sangat memengaruhi kehidupan dan perkembangannya. Mengunakan metode kualitatif deskritif dengan pendekatan literatur maka dapat disimpulkan bahwa peran keluarga Kristen dalam penanganan karakter anak-anak di era digitalisasi dapat dilakukan dengan, Pertama memberikan edukasi adanya Dampak Pengunaan Gadget secara berlebihan, kedua peran Keluarga dan Penangan Karakter Anak menjadi prioritas dalam menanganinya. Melalui cara Keteladanan Orang Tua dalam mendidik Anak yang dikerjakan dengan Memposisikan Keluarga dalam Persepektif Alkitabiah dan Memberikan pendampingan terhadap bahaya dunia digital.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Nurul Mutmainnah, dan Nidaul Islam. 2019. “Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku dan Intensitas Komunikasi Keluarga (Studi Kasus Kecamatan Soreang Kota Parepare).” KOMUNIDA : Media Komunikasi dan Dakwah 9(2):143–60. doi: 10.35905/komunida.v9i02.1120.
Anjaya, Carolina Etnasari. 2021. “Pendidikan Kristen dalam Kearifan Lokal Falsafah Jawa Upaya Membangun Iman Keluarga.” Discreet: Journal Didache of Christian Education 1(2):99–107.
anthony Michael. 2012. Foundation Of Ministriy An Introduction To Christian Education For A New Generation. Malang: gandum mas.
Arifianto, Yonatan Alex. 2020. “Pentingnya Pendidikan Kristen dalam Membangun Kerohanian Keluarga di Masa Pandemi Covid-19.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5(2):94–106.
Boiliu, Fredik Melkias. 2020. “Peran Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital Sebagai Upaya Mengatasi Penggunaan Gadget Yang Berlebihan Pada Anak Dalam Keluarga Di Era Disrupsi 4.0.” REAL DIDACHE: Journal of Christian Education 1(1):25–38. doi: 10.53547/realdidache.v1i1.73.
Budiyana, Hardi. 2018. “Perspektif Alkitab Terhadap Keluarga Kristen.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3(2):137–45. doi: 10.46307/RFIDEI.V3I2.68.
Dwikoryanto, Matius I. Totok, Yudi Hendrilia, dan Carolina Etnasari Anjaya. 2021. “Sekolah Kristen dan Pendidikan Agama Kristen dalam Persiapan Menghadapi Era Society 5.0.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6(2). doi: 10.46307/RFIDEI.V6I2.102.
Hudaya, Adeng. 2018. “Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin Dan Minat Belajar Peserta Didik.” Research and Development Journal of Education 4(2):12–23. doi: 10.30998/rdje.v4i2.3380.
Ishaq. 2017. Metode Penelitian Hukum Dan Penulisan Skripsi, Tesis, Serta Disertasi.
Lestari, Inda, Agus Wahyudi Riana, dan Budi M. Taftazani. 2015. “Pengaruh Gadget Pada Interaksi Sosial Dalam Keluarga.” Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 2(2):23–34. doi: 10.24198/jppm.v2i2.13280.
Marpaung, Junierissa. 2018. “Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan.” KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling 5(2). doi: 10.33373/kop.v5i2.1521.
Ngesthi, Yonathan Salmon Efrayim, Carolina Etnasari Anjaya, dan Yonatan Alex Arifianto. 2022. “Merefleksikan Prinsip dan Tanggung JawabKepemimpinan Adam dalam Kepemimpinan Kristen: Kajian Biblis Kejadian 2-3.” JURNAL TERUNA BHAKTI 3(2):146–56.
Rahmat, Stephanus Turibius. 2019. “Peran keluarga sebagai basis pembentukan karakter anak dalam menyongsong era bonus demografi.” Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini 2(1):1–20.
Sudrajat, Ajat. 2011. “Mengapa Pendidikan Karakter.” Jurnal Pendidikan Karakter I(1):47–58. doi: 10.21831/jpk.v1i1.1316.
Suprihati, Deslana R. Hapsarini &. Wahyu. 2019. “Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Di Era Masa Kini.” Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen).
Wadi, Elsyana Nelce, dan Elisabet Selfina. 2016. “Peran Orang Tua Sebagai Keluarga Cyber Smart Dalam Mengajarkan Pendidikan Kristen Pada Remaja GKII Ebenhaezer Sentani Jayapura Papua.” Jurnal Jaffray 14(1):77–84. doi: 10.25278/jj71.v14i1.190.
Wuryaningsih, Wuryaningsih, dan Iis Prasetyo. 2022. “Hubungan Keteladanan Orang Tua dengan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(4):3180–92. doi: 10.31004/obsesi.v6i4.2330.
Zaluchu, Sonny Eli. 2020. “Strategi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat. doi: 10.46445/ejti.v4i1.167.
DOI: https://doi.org/10.59177/veritas.v4i2.155
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Albertus Kurniadi Saputro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Kyai Sono, No. 2, Kelurahan Genuk-Ungaran - Kabupaten Semarang, Prov. Jawa tengah
Publisher: Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara
Website: https://sttkn.ac.id/