Peran Gereja Membela Kemanusian Anak Marjinal: Upaya Teologi Transformasi Pelayanan Holistik

Gatsper A. Lado

Abstract


The marginal impact of poverty is an indicator of a beginning to lead to other social problems. One of the social problems caused by poverty is the rampant phenomenon of street children. This economic powerlessness causes children to be forced to join in looking for money by taking to the streets. From this, there are many incidents that make marginal children experience things that are not in accordance with values and laws. So the author describes the role of the church as a goal in strengthening believers in defending the humanity of marginalized children as an effort to transform Holistic ministry of theology. Using descriptive qualitative research methods, it can be concluded that the role starts with believers or churches practicing the values of humanity that must be humanized, because it is a principle of Humanism in biblical teaching that must be done sincerely for fellow humans. Furthermore, there are efforts by the Church and the Humanity of Marginal Children in Holistic service for Others to do good and be a light to the world.

Abstrak

Marginal akibat dari kemiskinan menjadi indikator dari sebuah awal untuk mengarahkan kepada permasalahan sosial lainnya. Salah satu masalah sosial akibat kemiskinan adalah maraknya fenomena anak jalanan. Ketidakberdayaan ekonomi tersebut menyebabkan anak terpaksa ikut mencari uang dengan cara turun ke jalan. Dari hal tersebut banyak kejaidan yang membuat anak marginal mengalami hal yang tidak sesuai dnegan nilai dan hukum. Maka penulis mendeskripsikan peran gereja sebagai tujuan dalam menguatkan orang percaya dalam membela Kemanusian anak marjinal sebagai upaya Teologi transformasi pelayanan holistik. Mengunakan metode penelitian kualitatif deskritif maka dapat disimpulkan bahwa peran tersebut dimulai dari orang percaya atau gereja mengamalkan nilai dari kemanusiaan yang harus dimanusiakan, sebab hal itu sebagai prinsip Humanisme dalam pengajaran Alkitabiah yang harus di kerjakan dengan tulus bagi sesama manusia. Selanjutnya adanya upaya Gereja dan kemanusiaan anak marginal dalam pelayanan Holistik bagi Sesama untuk mengerjakan kebaikan dan menjadi terang bagi dunia.


Keywords


Gereja, Kamanusian, Marginal, Teologi Transformasi, Holistik

Full Text:

PDF

References


Arifianto, Yonatan Alex. 2021. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Etis-Teologi Mengatasi Dekadensi Moral Di Tengah Era Disrupsi.” Regulafidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6(1):45–59. doi: 10.46307/RFIDEI.V6I1.84.

Donnelly, Jack. 2013. “Universal Human Rights in Theory and Practice.” in Universal Human Rights in Theory and Practice. Cornell University Press.

Fahrudin, I. S. P. 2018. “Kaum Marjinal Tanggungjawab Siapa?” Blok Tuban, Tuban.

Fernando, Andreas, Yonatan Alex Arifianto, and Sumiyati Sumiyati. 2021. “Peran Pendidikan Kristen Dalam Memerangi Kekerasan Pada Anak (Violance Against Child).” Jurnal Teologi Praktika 2(2):132–42.

Intan, Anggun Pesona, and Rike Penta Sitio. 2016. “Motivasi Volunteer Sebuah Studi Deskriptif Pada CSO Pendidikan Anak Marjinal Dan Jalanan.” Jurnal Manajemen 13(1):76–93.

Metzger, Will. 2005. “Tell the Truth: The Whole to the Whole Person by the Whole People.” Surabaya: Momentum.

Muttaqin, Dafiq Nur, Unik Hanifah Salsabila, and Alfathera Bima Praditya. 2022. “Pentingnya Pendidik Dalam Penerapan Teknologi Menghadapi Era Society 5.0 Yang Berimplementasi Akhlaq Pada Anak Marjinal.” ALSYS 2(2):351–67.

Octavianus, Petrus. 1985. “Identitas Kebudayaan Asia Dalam Terang Firman Allah.” Batu Malang: YPPII.

Pakpahan, Gernaida K. R. 2021. “Membangun Solidaritas Kemanusiaan: Kritik Nabi Amos Terhadap Praktik Pelanggaran Hak Asasi Manusia.” Manna Rafflesia 7(2):441–66.

Parhusip, Parsaoran. 2019. “Inkarnasi: Perwujudan Kasih Allah Yang Membela, Membebaskan, Dan Mengangkat Martabat Manusia.” MELINTAS 35(3):316–33.

Paul, Shalom M. 1991. Revised Modern Author Index to Accompany Amos: A Commentary on the Book of Amos. Fortress Press.

Rathbone, Mark. 2020. “Capitalism, the Book of Amos and Adam Smith: An Analysis of Corruption.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 76(4):1–9. doi: 10.4102/hts.v76i4.6194.

Saragih, Albet, and Johanes Waldes Hasugian. 2020. “Pendidikan Kristen Untuk Anak Jalanan.” Jurnal Shanan 4(2):194–207. doi: 10.33541/shanan.v4i2.2055.

Siburian, Togardo. 2020. “Ekklesiologi Profetik Pada Isu-Isu Etis Kerakyatan Kristen: Refleksi Injili.” Stulos 18(2):187–216.

Smith, Rhona K. M., Knut D. Asplund, and Suparman Marzuki. 2008. Hukum Hak Asasi Manusia. Pusat Studi Hak Asasi Manusia, Universitas Islam Indonesia (PUSHAM UII).

Stevanus, Kalis. 2018. “Mengimplementasikan Pelayanan Yesus Dalam Konteks Misi Masa Kini Menurut Injil Sinoptik.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika. doi: 10.34081/fidei.v1i2.21.

Stevanus, Kalis. 2019. Benarkah Injil Untuk Semua Orang. Yogyakarta: Diandra Kreatif.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: alfabeta cv.

Sujatmoko, S., Yehuda Indra Gunawan, and Andri Andri. 2021. “Spiritualitas Kristen Sebagai Dasar Implementasi HAM Bagi Kaum Marginal.” PROSIDING PELITA BANGSA 1(2):147–55.

Tjandraningsih, Indrasari, Wasis Sasmito, Rostymaline Munthe, Otoviana Sp, Anny Simandjuntak, Azas Tigor, Cecep Junaidi, Nusa Putra, Sarah Whitmore, Tata Sudrajat, and others. 1996. Dehumanisasi Anak Marjinal: Berbagai Pengalaman Pemberdayaan. AKATIGA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Gatsper A. Lado

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.