Analisis Pandangan Teologis Dalam Materi Ekologi Sekolah Menengah Atas

Andrias Pujiono

Abstract


One of the reasons for the destruction of the environment is related to the views held by humans. Right understanding also determines right behavior. In the Christian faith theocentric view is a biblical view that the church must teach the younger generation. In the school context, the ecological material taught to students should have a theocentric view. To find out what theological views are contained in the ecological content, the author conducts an analysis using the literature study method on textbooks for teachers and high school students of Class X. From the results of the analysis, the authors find that the theological views in the textbooks have a theocentric view, or centered on God. The material, if believed and lived, will be able to encourage students to love the environment.

Abstrak

Salah satu sebab rusaknya lingkungan hidup berhubungan dengan pandangan yang dipegang oleh manusia. Pemahaman yang benar turut menentukan perilaku yang benar pula. Dalam iman Kristen pandangan teosentris adalah pandangan alkitabiah yang harus diajarkan gereja kepada generasi muda. Di dalam konteks sekolah, materi ekologi yang diajarkan kepada peserta didik seharusnya berpandangan teosentris. Untuk mengetahui pandangan teologis apa yang terdapat dalam muatan ekologi itu, penulis melakukan analisis dengan metode studi kepustakaan terhadap buku teks guru dan siswa SMA Kelas X. Dari hasil analisis tersebut penulis mendapati bahwa pandangan teologis dalam buku teks tersebut berpandangan teosentris, atau berpusat pada Allah. Materi tersebut, jika diyakini dan dihidupi, akan mampu mendorong peserta didik mencintai lingkungan hidup.


Full Text:

PDF

References


A.Sunarko. (2013). Kristologi: Antroposentris. In P. C. Aman (Ed.), Iman yang Merangkul Bumi: Mempertanggungjawabkan Iman di Hadapan Persoalan Ekologi (p. 54). Obor.

Ahdiat, A. (2019). 10 Penyebab Deforestasi di Indonesia, Dari Sawit hingga Lapangan Golf,. Www.Kbr.Id. https://kbr.id/nasional/02/2019/10_penyebab_deforestasi_di_indonesia__dari_sawit_hingga_lapangan_golf/98797.html.

Alpusari, M. (2013). Analisis Kurikulum Pendidikan Lingkungan Hidup pada Sekolah Dasar Pekanbaru. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 2(2).

Arum, H. (2020). Daftar 5 Kasus Kekerasan Hewan yang Mendapat Hukuman di Indonesia. Bolububu.Com. https://bolububu.com/daftar-5-kasus-kekerasan-hewan-yang-mendapat-hukuman-di-indonesia

Arumingtyas, L. (2019). Catatan Akhir Tahun: Negeri Ini Makin Rawan Bencana. Www.Mongabay.Co.Id. https://www.mongabay.co.id/2019/12/27/catatan-akhir-tahun-negeri-ini-makin-rawan-bencana/.

Borrong, R. P. (2017). Etika Bumi Baru. BPK Gunung Mulia.

Chang, W. (2014). Metodologi Penulisan Ilmiah. Erlangga.

Gule, Y. (2020). Konsep Eduecologi dalam Pendidikan Agama Kristen Konteks Sekolah. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 3(2), 181–201. https://doi.org/10.34081/fidei.v3i2.183

Hermawan. (2019). Greta Thunberg, Inspirasi Jutaan Anak Muda di 150 Negara. Www.Tagar.Id. https://www.tagar.id/greta-thunberg-inspirasi-jutaan-anak-muda-di-150-negara

Hoffman, Andrew J. and Sandelands, L. E. (2005). “Getting Right with Nature: Anthropocentrism, Ecocentrism, and Theocentrism,.” Organization & Environment, 18(2), 150.

Keraf, A. S. (2002). Etika Lingkungan. Kompas.

Keraf, A. S. (2014). Filsafat Lingkungan Hidup: Alam sebagai Sebuah Sistem Kehidupan. Kanisius.

Kinanti, L. P. dan S. (2020). Pendukung Pembelajaran dalam Buku Teks Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI SMA Negeri Di Kota Bandung. SOSIETAS, 7(1), 342.

Mali, M. (2008). Ekologi dan Moral. In A. E. K. Sunarko. A. (Ed.), Menyapa Bumi Menyembah Hyang Ilahi: Tinjauan Teologis Atas Lingkungan Hidup. Kanisius.

Mardikarini, S. dan S. (2016). Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru dan Pegangan Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 263.

Nugraha, I. (2018). Catatan Akhir Tahun: Lingkungan Rusak, Bencana Makin Mengancam, Bagaimana Prediksi 2019? Www.Mongabay.Co.Id. https://www.mongabay.co.id/2018/12/25/catatan-akhir-tahun-lingkungan-rusak-bencana-makin-mengancam-bagaimana-prediksi-2019/.

Pasang, H. (2011). Mengasihi Lingkungan: bagaimana orang Kristen, Keluarga dan Gereja Mempraktikaan kebenaran Firman Tuhan untuk menjadi Jawaban atas krisis Ekologi dan Perubahan Iklim di Bumi Indonesia. Literatur Perkantas.

Prasetyo, K. & H. (2018). Pendidikan Lingkungan Indonesia: Dasar Pedagogi dan Metodologi. Rosdakarya.

Pujiono, A. (2021a). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z. Didache: Journal of Christian Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.46445/djce.v2i1.396

Pujiono, A. (2021b). Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen di Era Society 5.0. Skenoo : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 78–89. https://doi.org/10.55649/skenoo.v1i2.15

Rahamawati, G. (2015). Buku Teks Pelajaran Sebagai Sumber Belajar Siswa di Perpustakaan Sekolah di SMAN 3 Bandung. EduLib, 4(1), 104.

Redaksi, T. (2020). Remaja Inggris Mya-Rose Craig ke Kutub Utara untuk Protes Perubahan Iklim. Www.Voi.Id. https://www.voi.id/berita/15022/remaja-inggris-mya-rose-craig-ke-kutub-utara-untuk-protes-perubahan-iklim

Samosir, L. (2009). Agama dengan Dua Wajah: Refleksi Teologis Atas Tradisi dalam Konteks. Obor.

Sari, M. dan A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53.

Sutoyo. (2013). Paradigma Perlindungan Lingkungan Hidup. ADIL: Jurnal Hukum, 4(1), 195–196.

Woi, A. (2008). Manusia dan Lingkungan dalam Persekutuan Ciptaan. In A. S. dan A. E. Kristiyanto (Ed.), Menyapa Bumi Menyembah Hyang Ilahi: Tinjauan Teologis Atas Lingkungan Hidup. Kanisius.

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Andrias Pujiono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.