Menggabungkan nilai IQ, SQ, EQ, dan DQ dalam Pengajaran Kristen dengan Metode Story-telling

Tabita Leiwakabessy, Daniel Pesah Purwonugroho

Abstract


Kekurangan dan kesulitan di sekolah-sekolah Kristen selalu terjadi karena serta kurang memadainya penerapan ajaran Kristen. Permasalahan sering muncul akibat dari kurangnya fungsi keluarga menjadi tempat refleksi untuk membentuk kepribadian yang bercirikan nilai-nilai Kristiani yang dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan nilai intelektual anak. Tujuan dari penulian ini untuk menggabungkan nilai IQ, SQ, EQ dan DQ dalam norma dan pengajaran Kristen melalui metode story-telling. Tulisan ini dirancang dengan menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan pendekatan studi pustaka, Maka dapat disimpulkan bahwa metode story-telling dalam norma dan pengajaran Kristen dibutuhkan untuk mengembangkan nilai IQ, SQ, EQ dan DQ. Hubungan IQ, SQ, EQ dan DQ menjadi sangat penting dalam pengajaran Kristen.


Keywords


Pengajaran Kristen, Story-telling, Pendidikan Agama

Full Text:

PDF

References


Afrianti, Melly Nadya, and Marlina Marlina. 2020. “Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Probing-Prompting Bagi Anak Berkesulitan Belajar.” Jurnal Basicedu 5(1):272–79. doi: 10.31004/basicedu.v5i1.653.

Alfiyanto, Afif, Ibrahim Ibrahim, Ayu Mustika, and Leny Marlina. 2022. “Pelaksanaan Bimbingan Konseling Dalam Membentuk Kecerdasan Spiritual Siswa.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6(1):321–27. doi: 10.33487/edumaspul.v6i1.3072.

Anjaya, Carolina Etnasari, Yonatan Alex Arifianto, and Andreas Fernando. 2021. “Kecerdasan Spiritual Sebagai Dasar Terbentuknya Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen.” REDOMINATE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 3(1):59–70.

Arifianto, Yonatan Alex. 2020. “Pentingnya Pendidikan Kristen Dalam Membangun Kerohanian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5(2):94–106.

Badjuri, Badjuri, Aini Indriasih, and Sri Sumiyati. 2019. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman PKP Mahasiswa PGPAUD UPBJJ UT Semarang.” INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan 2(1):31–42. doi: 10.24176/jino.v2i1.3442.

Darmawan, I. Putu Ayub, and Kiki Priskila. 2020. “Penerapan Storytelling Dalam Menceritakan Kisah Alkitab Pada Anak Sekolah Minggu.” Kurios 6(1):35. doi: 10.30995/kur.v6i1.129.

Efendi, Anwar. 2006. “Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Melalui Kebiasaan Bercerita (Dongeng).” INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 11(3):328–36. doi: 10.24090/insania.v11i3.201.

Fitroh, Siti Fadjryana. 2015. “Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini.” Universitas Trunojoyo Madura 2:76–149.

Gani, A. 2020. “Pendidikan Tasawuf Dalam Pembentukan Kecerdasan Spiritual Dan Akhlakul Karimah.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 10(2):275–86. doi: 10.24042/atjpi.v10i2.5847.

Goleman, Daniel. 2009. Emotional Intelligence - Why It Can Matter than IQ. London: Bloomsbury Publishing Plc.

Harahap, Rani Astria Silvera. 2019. “Membangun Kecerdasan Anak Melalui Dongeng Rani Astria Silvera Harahap.” Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2(1):59.

Hidayat, David Budi, Abdul Muktadir, and I. Wayan Dharmayana. 2019. “Efektivitas Metode Mendongeng ( Storytelling ) Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dan Keterampilan Membaca Siswa ( Sebuah Studi Kasus Di SDN 55 Bengkulu Selatan ).” 2(2):120–28.

Joyce, Bruce, Marsha Weil, and Emily Calhoun. 2015. Models of Teaching 9th Edition. United States of America: Pearson Education, Inc.

Krobo, Andrianus. 2021. “Meningkatkan Pemahaman Nilai Agama Kristen Melalui Cerita Alkitab Dengan Media Gambar Pada Anak Kelompok B 2 Di Paud Pengharapan Kota Jayapura.” PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1):1–17. doi: 10.31851/pernik.v4i1.6793.

Moloeng, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Octavia, Nina, Keumala Hayati, and Mirwan Karim. 2020. “Pengaruh Kepribadian, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan.” Jurnal Bisnis Dan Manajemen 16(2):130–44. doi: 10.23960/jbm.v16i2.87.

Pakpahan, Dedek Pranto. 2021. Kecerdasan Spiritual (SQ) Dan Kecerdasan Intelektual (IQ) Dalam Moralitas Remaja Berpacaran. Malang: CV. Multimedia Edukasi.

Pasek, Nyoman Suadnyana. 2017. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual Pada Pemahaman Akuntansi Dengan Kecerdasan Emosi Dan Kecerdasan Spiritual Sebagai Variabel Pemoderasi.” Jurnal Ilmiah Akuntansi 1(1):62–76. doi: 10.23887/jia.v1i1.9983.

Prasetyo, Iswahyud, Sabam Danny Sulung, Dimas Haricahyo, and Handrio Endo Martono. 2021. “Pengaruh Intelegence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ) Dan Spiritual Quotient (SQ) Terhadap Prestasi Belajar Mata Kuliah Pendidikan Pancasila Pada Taruna Diploma III Penerbang Sayap Tetap Angkatan I Di Akademi Penerbang Banyuwangi.” SKYHAWK: Jurnal Aviasi Indonesia 1(1):7–13.

Purwonugroho, Daniel Pesah, and Hardi Budiyana. 2023. “Mengkombinasikan Model Pembelajaran Joyce – Weil & Model Pembelajaran Alkitabiah Yesus Dalam Kehidupan Rohani Jemaat.” Lentera Nusantara Vol. 3, No:1–13. doi: https://doi.org/10.59177/jls.v3i1.250.

Rahmasari, Lisda. 2012. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual , Kecerdasan Emosi Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan.” Majalah Ilmiah INFORMATIKA 3(1):1–20.

Ratnasari, Sri Langgeng, Supardi Supardi, and Herni Widiyah Nasrul. 2020. “Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Kecerdasan Linguistik Terhadap Kinerja Karyawan.” Journal of Applied Business Administration 4(2):98–107. doi: 10.30871/jaba.v4i2.1981.

Rianto, Puji. 2019. “Literasi Digital Dan Etika Media Sosial Di Era Post-Truth.” Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi 8(2):24–35.

Roesmijati, Roesmijati. 2023. “Penggunaan Metode Bercerita Dan Penafsiran Perumpamaan Anak Yang Hilang Dari Sudut Pandang Non-Soteriologis.” Kingdom 3(1):54–64.

Rosada, Ulfa Danni. 2016. “Memperkuat Karakter Anak Melalui Dongeng Berbasis Media Visual [Strengthening the Character of Children Through Visual Media Based Tales].” Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) 04(1):42–49.

Rozas, Indri Sudanawati, Khalid Khalid, Widya Veronica, Andhy Permadi, and Muhammad Andik Izzuddin. 2021. “Digital Quotient Tool: Alat Ukur Kecerdasan Digital.” Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Robotika 3(1):1–10. doi: 10.33005/jifti.v3i1.51.

Samosir, Lediman Br, and Julita Herawati P. 2023. “Pengaruh Metode Storytelling Terhadap Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Pembina HKBP Tarutung.” 1(6).

Sidjabat, Samuel B. 1996. Strategi Pendidikan Kristen : Suatu Tinjauan Teologis Filosofis. Yogyakarta: Penerbit ANDI Offset.

Soetantyo, Sylvia Primulawati. 2013. “Peranan Dongeng Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan 14(1):44–51. doi: 10.33830/jp.v14i1.355.2013.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan: Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 4th ed. Bandung: Alfabeta.

Tanaem, Delila, Adolfina Qualeng, and Christina A. Ouw. 2022. “Penerapan Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Daya Serap Anak Usia 9-11 Tahun Di Rayon II Gmit Ebenhaezer Hombol Klasis Teluk Kabola.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 14:500–516. doi: https://doi.org/10.5281/zenodo.7050795.

Tata, Vivi Restiana. 2022. “Perencanaan Pengajaran Dalam Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Berbasis Student Centered Learning Di Sekolah.” Inculco Journal of Christian Education 2(2):110–23. doi: 10.59404/ijce.v2i2.58.

Triratnawati, Atik, Sita Hidayah, and Elan Lazuardi. 2022. “'Menjadi Pelajar Cakap Digital’: Proyek Bersama Webinar Dan Sosialisasi Kecerdasan Digital Di Madrasah Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta.” Bakti Budaya 5(1):10–24. doi: 10.22146/bakti.4040.

Wardiah, Dessy. 2017. “Peran Storytelling Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis, Minat Membaca Dan Kecerdasan Emosional Siswa.” Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan 15(2):42–56.




DOI: https://doi.org/10.59177/veritas.v6i1.257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Tabita Leiwakabessy, Daniel Pesah Purwonugroho

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

     

 

Alamat: Jln. Kyai Sono, No. 2, Kelurahan Genuk-Ungaran - Kabupaten Semarang, Prov. Jawa tengah

Publisher: Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara

Website: https://sttkn.ac.id/