Implementasi Pengajaran Kristologi bagi Anak di Keluarga

Tri Untoro, Monaati Zebua

Abstract


The issue addressed in this study is the limited understanding of Christology among children due to the complexity of theological concepts, the lack of interactive teaching approaches, and insufficient support from the learning environment. This research aims to explore the role of families in teaching Christology to children and to formulate effective strategies to enhance their understanding of Christ's teachings. The study employs a qualitative method with structured interviews and participatory observation involving 20 children aged 6-12 years from Christian families. Data were analyzed using content analysis techniques to delve into the experiences and perspectives of children regarding Christology learning within the family environment. The results reveal that parents play a vital role in fostering children's understanding of Christology. Contextual approaches, such as simple analogies, Bible stories, and family worship, effectively simplify theological concepts. Active parental involvement and family discussions create a supportive environment for Christology teaching. Effective Christology teaching requires relevant, interactive, and practical approaches to enable children to internalize Christ's teachings. The family’s role is crucial, supported by the church in providing appropriate resources and approaches.

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman anak-anak tentang Kristologi akibat kompleksitas konsep teologi, kurangnya pendekatan pengajaran yang interaktif, dan minimnya dukungan lingkungan belajar yang mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran keluarga dalam pengajaran Kristologi anak-anak serta merumuskan strategi efektif yang dapat diterapkan untuk meningkatkan pemahaman mereka terhadap ajaran Kristus. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan wawancara terstruktur dan observasi partisipatif terhadap 20 anak berusia 6-12 tahun dari keluarga Kristen. Data dianalisis menggunakan teknik analisis isi untuk mendalami pengalaman dan pandangan anak-anak terkait pembelajaran Kristologi di lingkungan keluarga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orangtua berperan vital dalam membangun pemahaman Kristologi anak. Pendekatan kontekstual, seperti analogi sederhana, cerita Alkitab, dan ibadah bersama, efektif menyederhanakan konsep teologi. Keterlibatan aktif orangtua dan diskusi keluarga mendukung pengajaran Kristologi. Pengajaran Kristologi yang efektif membutuhkan pendekatan relevan, interaktif, dan aplikatif agar anak-anak dapat menginternalisasi ajaran Kristus. Peran keluarga sangat penting, didukung oleh gereja dalam menyediakan sumber daya dan pendekatan yang sesuai.


Keywords


Pengajaran Kristologi, keluarga Kristen, strategi pendidikan, interaktif.

Full Text:

PDF

References


Agustin, D. (N.D.). Strategi Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Perilaku Anak. 153–169.

Ansori, Manual, U., Brämswig, K., Ploner, F., Martel, A., Bauernhofer, T., Hilbe, W., Kühr, T., Leitgeb, C., Mlineritsch, B., Petzer, A., Seebacher, V., Stöger, H., Girschikofsky, M., Hochreiner, G., Ressler, S., Romeder, F., Wöll, E., Brodowicz, T., … Baker, D. (2022). Evaluasi Terhadap Konsep Allah Dalam Teologi Feminis Resemary Radford Reuther Berdasarkan Teologi Injili. Science, 7(1), 1–8.

Arianti. (2017). Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif Dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Didaktika Jurnal Pendidikan, 11(1), 41–62.

Basongan, C. (2022). Penggunaan Teknologi Menurut Iman Kristen Di Era Digital. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4279–4287. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i3.2883

Cahyaningsi, T., & Ujabi, H. R. (2024). Doktrin Kristus (Kristologi). Realisasi, 1(4), 197–204.

Darianto, Sukendar, Y. (N.D.). Gambaran Anak Sekolah Dasar Mengenai Yesus. 47–57.

Elly Heluka, N. M. (2025). Pendidikan Agama Kristen Di Era Society 5.0: Mengembangkan Literasi Digital Berbasis Nilai-Nilai Kristiani Bagi Peserta Didik. Imitatio Christo, 1.

Erniwati Gea, A. T. M. W., & Waruwu, Anwar Three Millenium, Martina Novalinamartina Novalina, A. R. W. R. (2023). Peran Gereja Dalam Membentuk Karakter Remaja Kristen Di Era Kontemporer. Sabda : Jurnal Teologi Kristen, 4(November), 133–148.

Fritsilia Yuni Ba’si, Mersiani Rerung Datte, Elis, Yasri Gonggang Lolok, A. P. D. (2023). Perspektif Alkitab Mengenai Peran Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Agama Kristen. Adiba: Journal Of Education, 3(4), 532–542.

Ginting, B., & Hutauruk, T. (2023). Revitalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Kristiani Dalam Gereja Pada Era Society 5 . 0. Magnum Opus, 5(1), 41–56.

Harefa, F. L. (2020). Menggunakan Konsep Inkarnasi Yesus Sebagai Model Penginjilan Multikultural. Pasca, 16, 50–61. Https://Doi.Org/10.46494/Psc.V16i1.75

Harun Puling, Noverlina Zendrato, S. R. T. (2024). Peran Orang Tua Dalam Membangun Fondasi Keagamaan Anak-Anak : Perspektif Teologi Pendidikan Agama Kristen Harun Puling. Jurnal Budi Pekerti Agama Kristen Dan Katolik, 2(1).

I Putu Ayub Darmawan, John Mardin, U. (2023). Pendidikan Dalam Gereja Sebagai Bentuk Partisipasi Kristen Dalam Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. NCCET, 1(1), 50–61.

Ibrahim. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

II, F. R. (2020). Karya Keselamatan Allah Dalam Yesus Kristus Sebagai Jaminan Manusia Bebas Dari Hukuman Kekal Allah. Logon Zoes, 35–62.

Kristi, S. K. (2023). Implementasi Doktrin Kristologi Dalam Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 3(3), 230–245.

Mangentang, M., & Salurante, T. (2021). Menggunakan Lensa Hermenutik Misional. Phronesis, 4(1), 1–13.

Naomi Anggriani Panjaitan, L. F. (2024). Peran Guru Sekolah Minggu Dalam Mendidik Perilaku Anak Di HKBP Sutoyo. Kadeshi, 6(2), 40–65.

Ndruru, Yurniman, Gina Glory Septiani Laia, S. R. T. (2024). Pembentukan Karakter Kristen : Implikasi Teologi Terhadap Praktik Pengajaran PAK Yurniman Ndruru. Tri Tunggal, 2(2).

Nuhamara, D. (2022). Peran Gereja Dalam Mendukung Pendidikan Agama Kristen Di Keluarga. BPK Gunung Mulia.

Paat, V. B. G. D., & Sinaga, M. (2023). Implementasi Pemahaman Kristologi Dalam Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah Pada Era Industri 4 . 0. Matetes, 4, 63–70.

Polii, M. F., & Mawikere, M. C. S. (2024). Studi Kristologi Komparatif Personalitas Yesus Kristus Dalam Perspektif Kristen Dan Islam Menuju Dialog Interagama Yang Konstruktif Michael Fabio Polii 1 , Marde Christian Stenly Mawikere 2 Institut Agama Kristen Negeri Manado. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(April), 38–58.

Prastawa, S., & Krisnawati, A. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Kerohanian Siswa Dipasca Pandemi Covid-19 The Role Of Christian Religious Education Teachers In Forming Students ’ Spiritual Character In The Post Covid-19. JICN, 1(2), 899–913.

Prof. Dr. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&Dmetode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Putu Ayub Dharmawan, K. P. (2020). Penerapan Storytelling Dalam Menceritakan Kisah Alkitab Pada Anak Sekolah Minggu. Kurios, 2019(2), 35–46.

Qrystl, X., Tumelap, J., & Lolowang, D. K. (2023). Kamu Harus Memberi Mereka Makan : Analisis Naratif Lukas 9 : 10-17 Dan Makna Diakonia Transformatif. Educatio Christi, 4(2), 215–234.

Ratte, S. (2019). Pengajaran Agama Kristen Dalam Keluarga. Yayasan Persekutuan Pembaca Alkitab Indonesia.

Roy, B., & Yosef, A. (2019). Pertumbuhan Rohani Anak Dalam Keluarga Kristen Menurut Efesus 6:4. Jurnal The Way, 5(April), 52–69.

Sababalat, T. D. L., Novalina, M., Waruwu, A. T. M., & Simanjuntak, E. (2024). Peran Teologi Sistematika Bagi Pertumbuhan Iman Umat Kristen. Nabisuk, 2(1), 1–17.

Santoso, M. P. (2020). Pembelajaran Mandiri Berbasis Alkitab Untuk Mengasihi Tuhan Yesus. Aletheia Christian Educators, 1(1), 48–57.

Setyawan, F. S. B., & Sutarman, M. (2021). Pendidikan Agama Katolik Dan Budi Pekerti. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.

Sinaga, S. M., Sitorus, L. D., Claudya, E., & Pasaribu, A. G. (2024). Pendidikan Agama Kristen Dalam Kaitannya Dengan Pelayanan Penyuluh Agama Kristen. Lettra, 2(2986), 8–20.

Solihin Bin Nidin, Y. (N.D.). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Iman Kristen Kepada Anak. Jiemar, 3(3).

Suhartono. (2022). Penerapan Strategi Dan Kebijakan Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Anak. Lumen, 1(1).

Susanto, B. N. (2021). Pengaruh Pendidikan Kursus Evangelisasi Pribadi Terhadap Perilaku Mengasihi Dalam Keluarga. Jurnal Filsafat Dan Teologi, 2(1), 87–120.

Ta’birampo, W., & Nengsi, Angraini Taburang, W. P. (2023). Teologi Kristen Dan Dinamika Hubungan Keluarga: Suatu Kajian Literatur Pembentukan Nilai-Nilai Keluarga. Humanitis, 1(4), 427–436.

Tong, S. (2018). Pendidikan Agama Kristen di Rumah. Yayasan Komunikasi Bina Kasih.

Tri Supratman Waruwu, Anwar Three Millenium Waruwu, Ruth Judica Siahaan, J., & Michael Najoan, H. P. (2024). Pandangan Kristologi Mengenai Ketuhanan Dan Kemanusiaan Yesus dalam Kaitan Pendidikan Agama Kristen. Khamisyim, 1(2).

Uruwaya, W. K. H. (2015). Peran Orangtua Dalam Mendidik Anak Di Gereja Baptis Menehi Sentani. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian Dan Inovasi, 2(1).

Webber, R. E. (1991). Teaching for Christian Belief. Baker Books.

Wenas, M. L. (2024). Gaya Belajar Generasi Z Dalam Pendidikan Kristen Di Gereja, Sekolah dan Keluarga: Sebuah Usulan dalam Pendidikan Nasional. NCCET, 2(1), 1–9.

Wendi, H. (2022). Menanamkan Sikap Militan Kepada Siswa-siswi Kelas 11 SMA Negeri 1 Nanga Pinoh dengan Bercermin pada Militansi Iman Surat Paulus yang Pertama kepada Jemaat di Korintus. Prosiding Seminar Nasional Moderasi Beragama, 173–187.




DOI: https://doi.org/10.59177/veritas.v7i2.358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Tri Untoro, Monaati Zebua

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

     

 

Alamat: Jln. Kyai Sono, No. 2, Kelurahan Genuk-Ungaran - Kabupaten Semarang, Prov. Jawa tengah

Publisher: Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara

Website: https://sttkn.ac.id/